Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

12 Dec 2009

Obat Tradisional Hanya Anti Oksidan, Tidak Mengobati

Peneliti dari ikatan ahli farmakologi Indonesia (IKAFI) Sumsel, Prof Kamaluddin mengatakan, obat-obat tradisional yang berasal dari tumbuhan dan buah-buahan hanya mengandung anti oksidan tetapi tidak bersifat mengobati.

Sehingga kalau ingin menyembuhkan penyakit penderita mesti mengonsumsi obat-obatan yang telah diproduksi pabrikan, katanya.

Menurut dia, sejumlah buah dan tumbuhan yang sering dijadikan obat masyarakat, seperti buah mengkudu dan jenis tanaman perdu yang sering dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit telah mereka teliti.

Hasil penelitian membuktikan kalau obat tradisional tersebut yang diolah dengan cara merebus hanya bersifat anti oksidan, tetapi jika diproses dengan cara diekstrak akan menghasilkan zat kimia.

Dan zat tersebut yang diolah menjadi obat-obat kimia hanya bisa diproduksi secara pabrikan, katanya.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya obat produksi pabrikan pun berasal atau meniru zat kimia yang dihasilkan tumbuhan setelah melalui proses ekstrak dan menghasilkan khasiat yang dapat menyembuhkan, ujarnya.

Namun Kamaluddin menambahkan, sebelum diekstrak buah-buahan tersebut tidak mengandung obat, hanya bersifat anti oksidan. Karena hanya proses ekstrak itu yang menghasilkan zat kimia yang berkhasiat sebagai obat penyembuh penyakit, tambah dia.

0 comments:

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......