Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

9 Sep 2010

Selamat Hari Raya Idul Fitri

Dah lama ga menyapa para sahabat nih, ni di sempet - sempetin buat minta maaf sama sahabat semua soale banyak banget salah ama sahabat semua. Mumpung bisa mengudara lagi :)
 
Buat sahabat semua aku dan keluarga mengucapkan

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1431 H 
MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN
MOHON MAAF LAHIR & BATIN 


* Buat yang mo ngirimi THR boleh lho....... hahhahahah
Selamat mudik buat yang mudik, semoga selamat sampai tujuan.

16 Jul 2010

Bagai Pinang di......

Sering denger dong pepatah bagai pinang di belah 2, pepatah yang terkenal banget tuh... pepatah yang di identikkan sesuatu yang mirip atau hampir sama. Bukan lagi pelajaran mengenai pepatah , cuma manfaat pinang sama hebatnya dengan terkenalnya pinang dalam statusnya sebagai pepatah. Bingung ? ya wes ga usah di pikirin, yang penting di baca aja sampe habis oh ke...

Tanaman pinang sudah sejak lama di kenal sebagai obat tradisional yang cukup mumpuni, berbagai daerah di indonesia telah sejak lama memanfaatkan tanaman pinang ini. Mulai dari untuk menguatkan gigi, mengobati sakit pinggang  maupun konon bisa di gunakan untuk meningkatkan gairah.... hmmm.
Dalam pinang terdapat kandungan senyawa arekolin yang bersifat kholinergik, dimana dapat

7 Jul 2010

Sehatnya Buah Sawo

Buah sawo mungkin sudah di patenkan menjadi wakil untuk warna kulit, sering kita mendengar istilah warna kulit sawo matang bukan? katanya kulit untuk orang indonesia sebagian berwarna sawo matang, walopun ada juga yang berwarna sawo terlalu matang mungkin :) tapi ga mau bahas warna kulit loh, kita bahas manfaat dari buah sawo saja yang tentunya lebih asik buat di simak. Buah sawo sendiri merupakan buah yang berasal dari amerika tengah dan meksiko, namun buah sawo telah menyebar ke berbagai negara dan salah satunya indonesia. Ada beberapa jenis buah sawo, mulai dari sawo betawi, sawo kulon , sawo maja dan kawan - kawannya.

Buah sawo mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari energi, protein, karbohidrat,

3 Jul 2010

Resep Alami Atasi Stroke

Penyakit stroke secara umum di sebabkan oleh karena adanya penyumbatan pada saluran darah, sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Seperti kita tahu bahwa darah merupakan penyalur nutrisi yang penting bagi tubuh kita, bagian yang tidak di aliri darah akan mengering dan berakibat kehilangan fungsinya dalam menjaga keseimbangan tubuh. Dalam mencegah dan mengatasi stroke salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman herbal, dimana tanaman herbal pastinya lebih sehat di banding obat - obatan kimia. Dalam tanaman herbal terdapat unsur anticoagulant yang dapat berfungsi mencegah penggumpalan darah.

Ada beberapa resep herbal yang dapat kita gunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke, tanaman herbalnyapun tidak sulit kita dapatkan. Tanaman herbal tersebut banyak terdapat di sekitar kita. Mau tau apa saja tanaman herbalnya dan bagaimana resepnya ? berikut resep - resep alami untuk mencegah dan mengatasi stroke :

30 Jun 2010

Manfaat daun Simbukan

Daun simbukan atau Paederia tomentosa sangat di kenal dengan aromanya yang cukup tidak sedap dan merupakan daun yang di gunakan untuk membantu bagi mereka yang kembung atau susah kentut. Dalam pengobatan di sebutkan bahwa daun simbukan mempunyai sifat mendinginkan dan membersihkan darah, selain itu juga dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, penambah nafsu makan, antibiotik, antiradang dan juga obat batuk.
Dalam pemanfaatannya terdapat beberapa kashiat yang bisa kita dapat dari daun simbukan ini, berikut beberapa resep dan manfaat dari daun simbukan untuk kesehatan :
  • Mengobati Kejang
Caranya : Tumbuk 15 - 60 gr daun simbukan segar hingga menjadi seperti bubur, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. Aduk sampai rata kemudian peras dan minum sebelum makan.

23 Jun 2010

Senam Kesegaran Mata

Buat para penggila komputer maupun televisi, pasti sering mengalami mata lelah akibat terlalu sering di depan komputer maupun di depan televisi. Hal ini wajar terjadi karena mata kita di paksa untuk terus menerima cahaya yang sering berubah - ubah tingkat terang dan gelapnya, sehingga mata kita di paksa untuk bekerja ekstra. Belum lagi radiasi yang di timbulkan dari layar monitor komputer maupun televisi. Namun tidak perlu khawatir, karena kita bisa sejenak mengistirahatkan mata agar tidak berakibat ketidak nyamanan yang nantinya mengganggu aktifitas kita.

Bukan asal beristirahat, namun kita harus melakukan sedikit senam kesegaran mata agar mata kita fresh kembali. Senamnya pun tak terlalu sulit kok, mau langsung praktek ? ayo di simak :

20 Jun 2010

Cegah Kerutan di Wajah Yuk

Punya wajah yang berkerut, wah siapa yang mau yah.... klo ada yang mau aku ga ngikut de :). Wajah berkerut memang mau ga mau bakal menghampiri karena usia bertambah, namun klo masih muda trus wajah berkerut ga asik bukan. Jadi kurang menarik tar penampilan, masak di wajah ada reliefnya heheh. Kadang secara ga sengaja kebiasaan kita sendiri dapat memicu timbulnya kerutan di wajah kita. Nah untuk itu kita sebaiknya mulai menghindari kebiasaan - kebiasaan yang dapat menimbulkan kerutan di wajah kita.

Ayo coba di simak beberapa hal di bawah ini untuk mencegah kerutan muncul lebih awal di wajah kita :

16 Jun 2010

Atasi Stress dengan Rumput

Jangan di kira rumput cuma buat makan sapi atau tenak lainnya, dan jangan di kira rumput cuma jadi hiasan aja. Ternyata rumput bisa loh bermanfaat untuk mengatasi stres, kok bisa ? ya bisa aja. Dimakan gitu? trus klo iya di kira saingan ama sapi donk...... heheh ga perlu segitunya kali, kasian sapinya tar jatah makannya berkurang. Trus gimana klo gitu caranya, sabar tar pasti di kasih tau. Mungkin terdengar aneh ya rumput kok bisa ngatasi stres, yang ada jalan - jalan , shoping dan kawan - kawan yang bisa ngatasi stres. Percaya ga percaya menurut para peneliti dari inggris dan australia, obat yang paling mujarab untuk mengatasi stres adalah dengan menghirup dan memandang rumput hijau. Tentunya yang ga ada kotoran sapinya lo yah.

Zat yang keluar sebagai aroma rumput segar merupakan rahasia penghilang stres, aroma rumput yang tercium oleh hidung akan membuat kelenjar hippocampus dan amygdala aktif. Hal ini akan membuat bagian otak yang dapat mengendalikan stres akan menjadi aktif pula. Menurut peneliti dari University of United Kingdom, bahwa zat yang terkandung dalam rumput segar membuat orang merasa tenang dan bahagia.
Bahkan para peneliti australia

14 Jun 2010

Biji Selasih Yang Yummy......

Salah satu makanan yang berasal dari biji - bijian ini ternyata enak juga, walopun bentuknya kaya telur kodok klo di makan rasanya kletus - kletus gimana gitu. Biji selasih merupakan biji dari tanaman selasih atau solasih, cara buatnya biar enak di makanpun tidak susah cukup mengambil biji keringnya dan di siram dengan air panas jadi deh selasihnya. Abis itu tinggal di campur sama es buah atau dawet hmmm yummy. Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Dalam dunia kesehatan, biji selasih pun mempunyai banyak manfaat. Menurut Prof. hembing ahli tanaman obat, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan ( sedative ) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupun panas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek

11 Jun 2010

Manfaat Kencur

Sering denger dunk jamu beras kencur, atau malah jadi penggemarnya ? Yap kencur memang menjadi bahan pokok dari jamu beras kencur, biasanya banyak yang suka jamu ini karena rasanya yang tidak pahit. Dan tidak salah kalau rutin mengkonsumsi kencur, karena kencur mempunyai banyak manfaat buat kesehatan kita. Berdasar analisis , di sebutkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Kencur bisa membantu menjaga kebugaran tubuh kita dan juga masih ada beberapa manfaat lain lagi.

Beberapa manfaat dari kencur berikut di antaranya :

9 Jun 2010

Sirsak Juga Berguna

Rasanya yang asem - asem seger menjadikan sirsak menjadi buah yang menyegarkan dan bikin merem melek, di jus ataupun di jadikan es buah tetep aja menarik untuk di nikmati.Buah Sirsak  masih satu keluarga dengan buah srikaya.  Kandungan nutrisi pada buah sirsak ternyata sangat baik untuk kesehatan, berdasar beberapa riset buah sirsak merupakan pembunuh alami sel kanker. Bahkan di katakan buah sirsak lebih kuat membunuh sel kanker 10.000 kali dari pada terapi kemo. Cukup hebat tentunya, mengingat buah ini sangat mudah di jumpai dan tentunya harganya cukup murah.

Selain sebagai pembunuh sel kanker, sirsak juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri, anti jamur, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga efektif melawan berbagai jenis

7 Jun 2010

Si Manis Tebu Bantu Menjaga Otak

Tebu memang manis, dan gula yang terbuat dari bahan tebu pun sangat banyak dan kita jumpai di sekitar kita. Bahkan mungkin tiap hari kita mengkonsumsi, entah dalam minuman ataupun makanan. Sekarang juga sudah mulai banyak penjual es tebu di beberapa tempat, selain memang asik klo di minum pas lagi tenggorokan terasa kering ternyata si manis tebu ini bisa bermanfaat buat tubuh kita. Cara menikmati tebu pun tidak susah, bisa langsung di makan atau di peras airnya.

Kandungan karbohidrat dalam tebu yang cukup banyak ternyata dapat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan otak , jantung, ginjal dan mata. Tentunya jika di konsumsi dalam bentuk segar alias belum di olah menjadi gula. Karena gula walaupun berbahan tebu jika di konsumsi terlalu banyak akan menyebabkan diabetes
Biar tambah asik nih beberapa manfaat  si manis tebu ini :

5 Jun 2010

Coklat Hitam Sahabat Para Perokok

Cokelat pastinya sungguh menggoda lidah buat cepet - cepet melahap, susah nahan klo di suguhin..Selain nikmat dan bisa bikin pinter, jenisnya pun ada beberapa baik cokelat putih, cokelat biasa dan cokelat hitam.  Nah khusus cokelat hitam, ini merupakan kabar baik untuk para perokok alias smoker. Ternyata cokelat hitam membawa manfaat baik untuk membantu menghindari dari penyakit jantung. Cokelat hitam memang merupakan cokelat yang rasanya paling pahit di banding cokelat yang lain karena kandungan kokoanya lumayan tinggi sekitar 75 %, namun biarpun pahit tapi cokelat ini cukup hebat.

Berdasar penelitian yang di lakukan di swiss, cokelat hitam dengan kandungan kokoa yang relatif tinggi mampu membantu melancarkan peredaran darah secara signifikan. Efek melancarkan peredaran darahnya di sebutkan mampu berlangsung selama 8 jam, bersamaan dengan itu juga cokelat hitam akan memicu peningkatan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat mengurangi zat berbahaya penyebab penggumpalan darah.
Para perokok mempunyai resiko yang lebih besar

3 Jun 2010

Atasi batu Ginjal dengan Asparagus

Mungkin kita tidak begitu mudah menemukan asparagus di pasar - pasar tradisional, karena mungkin budidayanya belum begitu banyak di indonesia. Biasanya kita bisa jumpai di supermarket - supermarket, bentuk sayuran ini cukup aneh juga panjang - panjang dan ujungnya lebih membesar kaya stick drum :). Dalam masakan cina banyak yang menggunakan sayuran ini, karena sejak dahulu asparagus sudah di kenal oleh bangsa cina sebagai sayuran yang berkhasiat baik untuk tubuh dan di percaya dapat meningkatkan keperkasaan pria ^_^. Mantepppp

Asparagus mengandung senyawa alakali yang di sebut asparagin, dimana asparagin merupakan asam amino nonesensial yang bereaksi menjadi asam aspartat dan amoniak. Asam aspartat dan amoniak bermanfaat untuk melawan tumbuhnya sel tumor ataupun kanker dalam tubuh . Asparagus mempunyai sifat diuretic yang bisa memperlancar keluarnya air seni, sehingga zat - zat yang tidak berguna dalam tubuh dapat di keluarkan bersama air seni. Kandungan asam folik dalam asparagus bermanfaat untuk membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi, mencegah penyakit jantung, kanker panggul, kanker usus dan kanker dubur.

Dalam asparagus juga terdapat

1 Jun 2010

Bukan Hantu Jeruk Purut

Jeruk purut yang merupakan salah satu jenis jeruk ini ternyata cukup terkenal di jadikan nama sama hantu, konon serem banget cerita tuh hantu jeruk purut. Tapi ini ga mau bahas hantu jeruk purut, soale yang nulis takut di datengin tar hiiiii.... Balik deh ke seputar jeruk purut, jeruk purut mempunyai bentuk yang kecil dan kulitnya ga rata plus juga baunya beda ama jeruk lainnya, alias mempunyai keunikan aroma tersendiri. Ada yang menarik dari jeruk purut ini, menurut adat jawa katanya si jeruk purut ini punya 2 jenis kelamin yaitu laki - laki dan perempuan, wah kaya manusia aja dan tandanya pun mudah di lihat. Katanya liat pada bagian ujungnya, klo ada tonjolan berarti laki - laki sedang klo tidak ada berarti perempuan :).

Selanjutnya jeruk purut ini selain menjadi bumbu penyedap masakan, juga bermanfaat untuk tubuh kita. Bukan cuma buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun juga bisa kita manfaatkan.
Nah berikut beberapa manfaat dari jeruk purut :

30 May 2010

Leci Manis dan Tentunya Bermanfaat

Di makan langsung enak, di buat es atau apapun tetep aja enak, itulah buah leci. Buahnya tidak begitu besar, tapi rasanya yang manis dan unik menciptakan kenikmatan di lidah yang beuhhh mantap. Buah leci kaya akan vitamin C dan kalium yang dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti batuk, luka lambung dan hipertensi. Kandungan sukrosa dan glukosanya yang cukup banyak bisa memberikan tambahan energi dalam tubuh untuk tetap fit dalam menjalani aktifitas kita sehari - hari.Leci juga merupakan sumber serat pangan yang baik, yang dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh kita. 

Dengan mengkonsumsi leci secara rutin, di percaya juga dapat menghaluskan kulit. Asik bukan, sudah buahnya enak kulit kita jadi halus pula :). Baik anak - anak maupun orang dewasa sekalipun dapat mengkonsumsi buah ini, tanpa ada efek yang

28 May 2010

Melinjo Bisa Jadi Teman

Melinjo merupakan bahan pembuatan emping yang menjadi cemilan ringan dan cukup enak , sementara daunnya yang masih muda bisa diolah juga menjadi sayuran yang cukup nikmat pula. Namun bagi para penderita penyakit asam urat, melinjo bisa menjadi musuh yang harus di hindari biar tidak menimbulkan efek yang bener - bener ga baik buat tubuh. Karena melinjo ini dapat memicu penyakit asam urat menjadi lebih parah. Namun bagi non penderita asam urat, melinjo bisa menjadi  teman yang cukup bermanfaat. 

Berdasar dari penelitian di temukan bahwa melinjo merupakan sumber dari antioksidan yang baik, bahkan aktifitas antioksidannya setara dengan vitamin C. Antioksidannya bersumber dari konsentrasi protein yang cukup tinggi pada melinjo. Di temukan juga bahwa melinjo dapat berfungsi sebagai antimikroba alami yang nantinya bisa di manfaatkan sebagai pengawet makanan alami dan sebagai komponen obat untuk menyembuhkan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri.

26 May 2010

Resep Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Yang namanya sakit gigi, buat yang sudah mengalami pasti setuju klo rasane sakit minta ampun. Giginya aja yang sakit tapi efeknya bisa - bisa semua ikut sakit plus jadi emosian klo di ledekin :), katane penyanyi dangdut malah lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi ( eh kebalik ga yah hehe ). Ada beberapa penyebab sakit gigi, salah satunya adalah gigi berlubang. Dengan gigi kita berlubang akan membuat sisa - sisa makanan ataupun minuman masuk ke sela - sela gigi berlubang dan ujung - ujungnya bakalan berakibat gigi menjadi sakit.

Sebaiknya lebih baik untuk menambal gigi yang berlubang tersebut agar tidak banyak kotoran yang masuk ke sela - sela gigi yang dapat memicu kebusukan. Tapi kadang masih juga masih muncul rasa sakit dari gigi yang berlubang tersebut.
Berikut ada beberapa resep tradisional untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang :

25 May 2010

Manfaat Lain Dari Urang Aring

Mungkin banyak yang mengenal tanaman urang aring sebagai tanaman yang hanya bermanfaat sebagai penyehat rambut, tidak salah memang, karena urang aring memang banyak di manfaatkan menjadi salah satu suplemen penyehat dan penghitam rambut. Di pasaran dapat kita jumpai urang aring dalam bentuk minyak ataupun sudah di ambil ekstraknya menjadi bahan dalam shampo dan juga gel penata rambut.  


Namun dalam dunia pengobatan , tanaman yang mempunyai nama latin Eclipta alba ini ternyata juga mempunyai khasiat yang bermanfaat buat kesehatan kita.  Apa saja manfaat lain dari urang aring? ayo langsung kita simak :

23 May 2010

Tanaman Pacar Air yang Bermanfaat

Pacar air yang mempunyai nama ilmiah impatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untuk mempercantik kuku, dengan menempelkan daun pacar air yang telah di tumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuning tua alami pada kuku. Di beberapa daerah pula ada yang menggunakannya untuk melumuri jari, kaki dan tangan pengantin wanita sehari sebelum hari pernikahan agar kulit terlihat lebih indah. 
Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda di setiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di sulawesi di sebut gofu, di jawa di sebut pacar banyu, sementara di betawi di sebut dengan kimhong.

Dalam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Karena pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa ramuan berbahan pacar air :

22 May 2010

Nih Cara Alami Atasi Keriput di Wajah

Kulit wajah yang kencang dan ga ada keriputnya pasti semua pada suka dunk, klo ga ada keriput kan wajah jadi tampak segar dan nampak lebih muda. Namun seiring bertambahnya umur biasanya keriput memang pasti menghampiri, tapi masih bisa kita cegah biar keriput tidak cepet datang. Di pending dulu datangnya, tentu saja dengan cara yang aman, alami dan murah. Bisa saja kita operasi atau pakai obat - obatan kimia tapi kan mahal plus beresiko pula. Ada beberapa cara alami untuk mencegah keriput, di postingan sebelumnya ada beberapa cara mulai dari pakai beras, kentang. Nah sekarang ada tambahan lagi kalau tidak suka dengan cara - cara kemaren.

Bahan yang di gunakan merupakan bahan - bahan yang mudah kita dapat di sekitar kita, jadi tidak perlu ribet - ribet kita buat nyarinya. Nah apa saja itu, ayo langsung aja di simak :

21 May 2010

Sehatkan Diri Dengan Jus Buah dan Sayuran

Jus , siapa yang ga suka? pasti hampir semua suka, selain segar dan nikmat pastinya menyehatkan. Jus merupakan salah satu cara untuk menikmati buah dan sayuran agar terasa lebih asik dan menyenangkan tanpa kehilangan manfaat dari vitamin - vitamin yang terkandung. Terkadang kita malas makan buah ataupun sayuran , tapi klo sudah dalam bentuk jus laen deh ceritanya. Ok langsung ke pembahasan sehatkan diri dengan jus, dalam tubuh kita pasti terdapat racun - racun yang terbawa entah dari makanan, minuman ataupun udara yang kurang sehat. Dewasa ini terdapat satu cara untuk membuang racun - racun dalam tubuh yaitu dengan cara detoksifikasi.
Dalam detoksifikasi terdapat beberapa tahap yang secara spesifik saya tidak begitu memahami :) namun kita juga bisa melakukan detoks dengan memanfaatkan buah - buahan dan sayuran di sekitar kita dengan cara di jus, dan pastinya ga terlalu ribet. Kita pun bisa melakukan detoks dengan cara yang menyenangkan.

Berikut beberapa contoh resep detoks dengan

20 May 2010

Nusa Indah Putih Cantik Plus Plus

Bagi pecinta bunga pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga nusa indah, ada dua jenis bunga nusa indah yaitu merah jambu dan putih. Untuk nusa indah putih selain cantik di lihat juga mempunyai manfaat plus plus, yang bisa kita manfaatkan. Menurut pakar tanaman obat Hembing Wijayakusuma, tanaman bunga nusa indah putih bisa di manfaatkan sebagai obat, baik obat luar ataupun dalam. Bagian yang sering di manfaatkan adalah akar dan batangnya, batangnya yang berasa agak manis dan sedikit pahit dapat bermanfaat sebagai penurun panas, menetralisasi racun, anti radang ( anti inflamasi ) dan melancarkan peredaran darah.
Sementara akarnya dapat di gunakan untuk mengobati cacingan pada anak, mata merah dan yang cukup menarik sebagai pencegah kanker payudara.

Untuk lebih jelasnya, berikut resep - resep tradisional bunga nusa indah putih untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan :

19 May 2010

Atasi Flek Hitam di Wajah

Wajah dengan hiasan flek hitam tentu ga asik dunk, kalo bisa kulit wajah kan bersih dari hiasan - hiasan yang bisa merusak pemandangan bukan. Mungkin banyak sekali yang mengalami masalah ini, flek - flek hitam seakan betah banget nempel dan ga mau pergi - pergi juga. Cukup menyebalkan memang, khususnya buat para wanita bisa - bisa buete minta ampun and boros bedak buat nutupin tuh flek hehehe........ di pasaran pasti banyak produk yang di khususkan untuk membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Namun buat yang lebih suka pakai bahan alami, tenang saja ada kok caranya.

Flek hitam dapat di sebabkan dari bermacam - macam hal, mulai dari sinar matahari, bekas jerawat, pemakaian obat antibiotik yang berlebihan dan juga pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat. Memang bukan perkara mudah untuk

17 May 2010

Apa Hebatnya Sarang Burung Walet

Semua pasti sudah tahu sarang burung walet, kenapa ya sarang burung walet kok bisa mahal. Padahal di sarang itu kan tempatnya burung walet berliur, air liur aja kok muahal. Klo air liur manusia kok ga laku yah hehe. Sebenere apa toh hebatnya sarang burung walet ?, sampai - sampai menu berbahan sarang burung walet menjadi menu yang cukup spesial dan mahal tentunya. Nah sekarang coba kita telusuri kenapa bisa jadi mahal dan apa hebatnya sarang ini.

Dalam membuat sarang, burung walet memang ga bisa di sembarang tempat. Biasanya dia mencari tempat yang minim cahaya, sekarang sudah banyak kita jumpai beberapa orang yang bikin bangunan besar dan tertutup semua, cuma hanya ada lubang - lubang kotak yang ga gitu besar. Ternyata untuk

16 May 2010

Lamtoro alias Petai Cina Biar Kecil Tapi Bermanfaat

Lamtoro alias petai cina kalau di daerah jawa tengah sering di olah menjadi makanan yang namanya botok, botok merupakan salah satu masakan tradisional favorit termasuknya. Tiap ada kondangan biasanya selalu di hidangkan. Tapi bukan mau bahas si botok nih, walaupun menjadi salah satu bahan pokok masakan tradisional, ternyata lamtoro bukan berasal dari indonesia melainkan dari daerah tropis amerika.Tanaman lamtoro bisa berfungsi sebagai tanaman pengikat nitrogen, selain itu dalam buah lamtoro juga terkandung beberapa zat penting di antaranya protein, kalori, hidrat arang, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 , C dan zat besi.

Lamtoro juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, dan berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari lamtoro atau petai cina

14 May 2010

Pegal Linu, Rematik Jinakkan dengan Belimbing Wuluh

Sudah tau donk dengan belimbing wuluh, salah satu jenis belimbing yang bentuknya laen dari pada sodara- sodaranya ini sangat dahsyat rasa masammya hmmmm. Walopun masam tapi banyak juga yang suka, bisa di rujak ataupun di jadiin sebagai bumbu masakan juga. Selain itu ternyata di balik rasa asamnya, belimbing wuluh juga mempunyai banyak manfaat juga untuk tubuh kita. Beberapa masalah yang sering timbul dan mengganggu kesehatan kita bisa di atasi dengan belimbing yang satu ini.

Belimbing wuluh mengandung zat - zat yang bermanfaat di antaranya tanin, saponin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, peroksida dan kalsium sitrat. Nah berikut manfaat yang bisa kita dapet dari belimbing wuluh :

13 May 2010

Sambiloto Pahitnya Bikin Manis

Buat para penggemar jamu gendong pasti sudah sangat kenal dengan tanaman satu ini, sambiloto merupakan salah satu bahan wajib dalam jamu gendong. Sambiloto sangat terkenal dengan rasanya yang hmmmm pahit banget, saking pahitnya mungkin ga banyak yang suka minum jamu dari sambiloto. Weits tapi jangan salah, pahitnya sambiloto bikin manis loh. Maksutnya? gini, biarpun rasanya pahit di lidah namun bisa bermanfaat manis buat kesehatan tubuh. Sambiloto sudah terkenal ampuh, hal ini sudah di buktikan sejak dulu. Sudah sejak abad 18 sambiloto di gunakan sebagai tanaman obat, coba deh di hitung sudah berapa lama sambiloto di percaya menjadi obat. Bahkan sudah sejak lama sambiloto di gunakan sebagai obat di negara india 


12 May 2010

Makan Ketumbar Bau Mulut Bubar

Setelah sebelumnya udah di bahas rempah - rempah yang bermanfaat yaitu kemiri, pala dan cengkeh, ini ada lagi salah satu rempah - rempah yang juga punya manfaat buat kita. Ketumbar, ketumbar sering kali di pakai sebagai bumbu untuk masakan. Bukan cuma masakan indonesia saja yang menggunakan ketumbar sebagai bumbu, bahkan konon bangsa cina sudah menggunakan ketumbar sebagai bumbu masakan sejak ratusan tahun yang lalu. 

Dalam perkembangannya ketumbar juga di olah dalam minuman, parfum bahkan juga permen.Yang juga cukup menarik, menurut bangsa arab dan yunani meyakini bahwa ketumbar mengandung zat perangsang seksual. Dan ternyata memang tidak salah, berdasarkan penelitian di temukan bahwa ketumbar mengandung phyto estrogen yang berfungsi untuk meningkatkan gairah.

11 May 2010

Kucai Sayuran Anti Hipertensi

Kucai ,sayuran yang mempunyai bentuk hampir seperti daun bawang namun lebih langsing dari daun bawang, kucai sudah di kenal menjadi salah satu sayuran penyedap dalam masakan. Rasanya yang sedikit pedas bisa memberikan keragaman rasa dalam masakan, pastinya masakan tambah yummy :). Selain perannya dalam memberi rasa dalam masakan, secara klinis kucai telah teruji mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kucai bermanfaat mampu menurunkan tekanan darah sistolik ( angka fase darah saat di pompa jantung ) dan tekanan darah diastolik ( angka fase tekanan darah saat kembali ke jantung ). Dengan hasil tersebut membuat kucai bermanfaat menjadi sayuran anti hipertensi.

10 May 2010

Cara Alami Atasi Rambut Rontok

Rambut rontok bagi sebagian orang menjadi masalah yang serius, kerontokan yang berlebihan akan berakibat pada kebotakan dan tentunya sangat menggangu penampilan. Lebih - lebih untuk para wanita, bisa bikin stres nih secara rambut kan mahkota wanita. Rambut rontok di sebabkan oleh banyak faktor, diantaranya stres, karena penyakit, luka di kepala, pemakaian shampo yang tidak cocok, dll. Menjaga kesehatan rambut sudah jadi hal mutlak agar kita bisa terhindar dari kerontokan, setidaknya meminimalisir kemungkinan rontok. Asupan vitamin seperti vitamin A, B, C dan E sangat penting untuk membantu kesehatan pertumbuhan rambut.

Hal - hal yang perlu di hindari untuk mencegah rambut rontok diantaranya, hindari kontak langsung dengan sinar matahari, berdasar penelitian sinar UV dapat merusak kulit kepala dan mencegah tumbuhnya rambut yang sehat. Selanjutnya hindari mencuci rambut dengan air panas

9 May 2010

Kurangi Kolesterol dengan Jeruk Bali

Jeruk bali mempunyai ukuran yang paling besar di antara sodara - sodaranya sesama jeruk, mungkin karena dia yang paling banyak makannya di banding sodara - sodara sesama jeruk lainnya lainnya :). Dengan kulitnya yang tebal bahkan selain buahnya enak di makan, kulitnya pun bisa di jadikan mainan ataupun karya yang unik. Bukan cuma menang bentuknya saja yang besar, tapi jeruk bali juga tak kalah manfaatnya di banding jeruk lainnya. Jeruk bali mempunyai kandungan air yang cukup banyak pada daging buahnya, sehingga rasanya cukup menyegarkan.

Seperti jeruk pada umumnya, jeruk bali juga kaya akan kandungan vitamin C, namun kandungan pektinnya lebih tinggi

8 May 2010

Punya Masalah Kulit Siku Hitam ???

Masalah kulit memang bukan melulu cuma jerawat aja, banyak juga yang bikin beberapa orang jadi ga pede alias ganggu penampilan. Salah satunya adalah kulit siku hitam, apalagi untuk orang yang berkulit putih pasti bakalan nampak jelas banget. Kalau aku ga putih - putih banget jadi ga keliatan ( g ada yang nanya ). Namun jangan khawatir, masih ada cara kok buat ngatasin masalah ini. So pasti dengan cara alami biar lebih sehat.

Kita bisa menggunakan jasa dari jeruk lemon, jeruk lemon mempunyai tingkat keasaman yang sangat tinggi dan juga dapat berfungsi sebagai exfoliant yang dapat membantu mengelupaskan dan menghilangkan kulit kasar pada siku

7 May 2010

Khasiat - khasiat Bawang Putih

Salah satu jenis bawang selain bawang merah, bawang bombai, adalah bawang putih. Bawang putih sudah menjadi bumbu dalam setiap masakan, dan katanya bawang putih ini merupakan kunci masakan biar jadi tambah mantap. Tapi ga salah kliatane, klo ga pake bawang putih masakan jadi kurang mantap. Balik lagi ke khasiat bawang putih, selain dalam dunia kuliner dalam dunia pengobatan bawang putih juga mempunyai peranan penting. Bawang putih mengandung senyawa alicin, senyawa alicin berkhasiat menghancurkan pembekuan darah dalam ateri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alicin, bawang putih juga mengandung alil yang berkhasiat memerangi penyakit - penyakit degeneratif dan mengaktifkan sel - sel baru.
Berikut khasiat - khasiat bawang putih untuk kesehatan :

6 May 2010

Kulit Halus dengan Kurma

Buah manis yang berasal dari arab ini pasti sudah sangat terkenal di seantero negri, apalagi pas musim haji atau bulan puasa pasti dengan mudahnya kita jumpai kurma. Ga perlu ke arab lagi kalau pengen makan kurma. Ada beberapa jenis kurma, namun secara keseluruhan rasa dominannya tetep manis karena ini sudah menjadi ciri khas dari buah  kurma. Namun bukan cuma manis di lidah saja, kurma juga berdampak manis loh buat kulit kita.

Selain kurma mampu membantu metabolisme dalam tubuh karena kandungan nutrisinya, dalam buah kurma terdapat vitamin B6 dan protein yang bermanfaat mampu mencegah dermatitis atau

5 May 2010

Cegah Kanker Payudara Dengan Kubis

Kubis sangat mudah sekali kita jumpai di keseharian kita dan pastinya harganya pun murah, karena kubis bukan tergolong dalam sayuran dengan harga mahal. Walaupun ga mahal bukan berarti si kubis tak punya manfaat, kubis kaya akan kandungan vitamin C dan E yang mempunyai peran sebagai antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan dan juga dapat membuang racun dalam tubuh.

Kubis juga mengandung senyawa fitokimia yang di sebut indol, menurut Fr Hj Isnaeni, Ms, Apt dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya bahwa senyawa indol dapat membantu mencegah kanker payudara dengan cara

4 May 2010

Pala Si Rempah Berkhasiat

Pala kita kenal sebagai rempah - rempah yang sering di gunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun ternyata pala ini merupakan tanaman yang serba guna dimana setiap bagiannya dapat di manfaatkan menjadi olahan yang bermanfaat. Dagin buah pala dapat di olah menjadi manisan ataupun sirup yang enak untuk di nikmati, selanjutnya fulinya yaitu bagian yang menyelimuti biji buah pala yang berbentuk seperti anyaman sering juga di sebut bunga pala dapat di gunakan menjadi bahan baku kosmetik dan parfum. Terakhir biji pala sering kali di gunakan untuk bumbu masakan, bisa juga di gunakan sebagai bahan kosmetik, minyak atsiri dan juga bahan pengawet.

3 May 2010

Air Kelapa Menggairahkan

Panas - panas ato pas haus minum es air kelapa hmmmm maknyus pasti rasane, wah yang nulis jadi pengen nih... Air kelapa memang jadi minuman yang segar dan alami pula. Kelapa merupakan tanaman yang sangat berguna di kehidupan kita sehari - hari, daging kelapanya yang masih muda di makan enak, klo yang sudah tua bisa di buat menjadi santan ataupun bisa juga di ambil minyaknya. Batang daunnya pun bisa jadi sapu lidi, memang tanaman yang keren.

2 May 2010

Smart Toilet

In the near day i will renovate my house, because the condition was not comfortable anymore. A lot of thing i want to fix to make my house more comfortable to stay and the facilities are also nice to use. One very problematic thing in my house is the toilet, because it waste a lot of water. I want to fix my toilet in order can save more water. As global issues we knew, we should be able to save the water to save the earth green.

I am looking for information about my toilet problem, and finnaly i found very interesting product. The product is Dual Flush Toilet, with this product we can save a lot of water without we have to replace our old toilet . Because Dual Flush Toilet can be combine with our old toilet and which is very easy to install. With Dual Flush Toilet  we can use rinse flush to save the water,it's not like the conventional toilet where use full flush only .

With save the water we could play a part to keep the earth green and also we can save our money to because we do not need to spend more money for water. Dual Flush Toilet give the solution of my problem, i do not have to worry again with toilet problem. Just visit dualflushkit.com for the more information.

Daun Mint Dingin dan Bermanfaat

Daun mint sering kali di gunakan dalam berbagai jenis produk mulai dari makanan, minuman, rokok ataupun produk kecantikan. Rasa dingin yang di berikan daun mint memberikan efek nyaman buat tubuh. Menurut sebuah study di Wheeling Jesuit University di west virginia menemukan bahwa aroma daun mint bisa menurunkan keinginan untuk makan, jadi cocok banget buat mereka yang ingin ber diet ria. Daun mint mengandung minyak atsiri dan mentol yang memberi sensasi rasa dingin pada daun mint.

Selain sensasi dingin ternyata daun mint memberikan manfaat lain buat kita, berikut di antaranya :

1 May 2010

Kemiri Berseri

Kemiri merupakan salah satu rempah - rempah yang sering di jadikan sebagai bumbu dalam masakan, kemiri memberikan keragaman rasa tersendiri dalam masakan yang menggunakannya sebagai bumbu. Namun ternyata banyak juga manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan selain tentunya bisa membuat lidah kita terpesona dengan rasanya dalam masakan. Kemiri mengandung vitamin B1, protein, asam linoleat, gliserida dan asam minyak. Bagian yang bisa di manfaatkan untuk kesehatan yaitu biji , kulit dan daunnya.
Berikut pemanfaatannya untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan :

30 Apr 2010

Resep Alami Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan pastinya bikin kita jadi ga nyaman banget, gimana tidak pas nelen makanan ga enak pas minum rasanya juga jadi ga enak. Serba ga enak pokoknya, ada beberapa penyebab dari radang tenggorokan mulai dari terinfeksi bakteri, karena menghirup bahan - bahan kimia atau bisa juga karena alergi makanan. Biasanya gejala tenggorokan di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan, namun jangan khawatir berikut ada beberapa resep alami yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan :
  • Resep 1
Resep ini cocok untuk gejala awal radang tenggorokan yang biasanya di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan.
Caranya : Peras 3 buah jeruk nipis yang telah masak dan seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Selagi hangat gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

29 Apr 2010

Yang Tersembunyi dalam Terong Ungu

Warnanya yang menarik bisa menambah selera buat memakan si terong ungu ini, terong ungu sering kali di olah dalam bentuk sayuran matang namun ga jarang juga di gunakan sebagai lalapan dalam bentuk segar alias ga di masak tinggal selera lidah saja. Namun sebenarnya apa manfaat tersembunyi di balik warna ungunya yang menarik? mari di bahas. Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong.

Zat antosianin buat tubuh mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari toksin dan juga mampu menghambat sel tumor. Bahkan dalam zat antosianin terdapat 2 komponen yaitu

28 Apr 2010

Wajah Mulus dengan Kentang

Kentang bukan cuma enak di makan, tapi bisa membuat wajah kita tampil mulus. Mungkin si kentang sering kali cuma di goreng , di rebus ato di bikin keripik dan mungkin juga ada beberapa yang belum tahu kalo kentang bermanfaat juga buat kulit wajah. Walaupun pastinya ada yang sudah tau, terlepas dari sudah pada tahu atau belum sekedar memberi informasi dan mengingatkan, berikut beberapa manfaat dari kentang untuk membuat wajah kita lebih mulus. Walaupun rada ribet dikit tapi kan natural, lebih sehat dong........
  • Menghapus Noda Hitam pada Wajah
Caranya : Hanya dengan mencuci wajah setiap hari dengan kentang yang telah di jus atau jus kentang tanpa campuran bahan lain ( cukup air ). Hal ini dapat membantu mengurangi noda hitam yang membandel.

27 Apr 2010

Bau Badan??? Lewat deh......

Kalo ada yang ngadain survey , aku yakin mayoritas penduduk bumi ini pasti ga mau yang namanya bau badan. Selain bikin ga pede juga bisa menyengsarakan orang lain di dekatnya, soale dapet kiriman aromaterapi yang memabukkan :). Banyak sekali faktor penyebab bau badan, mulai dari pola makan yang sembarangan alias apa aja masuk perut tidak seimbang antara daging dan sayuran ( terlalu banyak daging yang berlemak ), pola hidup yang jorok ( jarang mandi dkk ), atau memang faktor bawaan.

Bau badan bukan berarti ga bisa di siasati, kita bisa pake parfum atau wangi - wangian yang lain. Namun akan lebih baik lagi kalau badan kita sendiri tidak mengeluarkan bau yang ga sedap, ga perlu pake wangi - wangian yang banyak badan tetep bau seger. Salah satu sayuran yang cukup ampuh mengurangi bau badan adalah kemangi,

26 Apr 2010

Bermanfaatkah Ceremai itu ?

Buah ceremai atau cerme atau cermen biasanya di olah menjadi manisan, karena rasa aslinya cukup asam hampir mirip belimbing wuluh. Sebenarnya apa punya manfaat yah buah kecil ini? Pastinya punya manfaat, bukan cuma buahnya saja yang bisa di makan, namun daun dan biji ceremai bisa di manfaatkan sebagai obat. Dalam buah terkandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tubuh, sementara daunnya mengandung saponin, flavanoida, tanin dan polifenol. Daunnya bermanfaat baik untuk mengobati batuk berdahak, mengobati mual, kanker, sariawan dan juga bisa untuk menguruskan badan.

25 Apr 2010

Hebatnya Kacang Hijau

Kacang hijau kalau sudah di buat bubur hmmmm siapa yang bisa menolak, ga nahan de.. Selain memang enak kacang yang satu ini, tak di sangka ternyata banyak juga manfaat kacang hijau untuk menjaga kesehatan kita dan juga membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Kacang hijau mempunyai beberapa kandungan gizi, diantaranya kalori, protein, lemak, Vitamin A, B1, fosfor dan zat besi.

Salah satu keistimewaan dari kacang hijau adalah walaupun di rebus dalam waktu yang lama, manfaat dari kacang hijau tidak hilang. Di banding jenis tanaman lain yang akan
berkurang manfaatnya bila di masak terlalu lama. Nah langsung saja berikut manfaat - manfaat dai kacang hijau :

24 Apr 2010

Fakta Menarik dari Air Ludah

Apa yang kita pikirkan saat mendengar kata air ludah ? pasti dalam benak kita air ludah merupakan hal yang menjijikkan, tapi setelah baca artikel ini mungkin anggapan kita bisa lebih baik lagi dengan air ludah. Dalam The journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi ( FASEB ) mengungkapkan bahwa, dalam air ludah terkandung histatin yaitu protein kecil yang ternyata mampu membunuh bakteri dalam luka sehingga mampu membantu mempercepat penyembuhan luka.

Sebuah hasil temuan yang cukup menarik, dimana air ludah ternyata mampu membantu menyembuhkan luka, sehingga bisa jadi air ludah menjadi sumber obat baru yang murah dan kita bisa memproduksinya sendiri :). Penemuan tersebut juga memberikan jawaban atas

23 Apr 2010

Manfaat Delima Putih

Delima di kenal dalam 3 jenis yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu, secara fisik hampir sama hanya saja warna buah bagian dalamnya yang berbeda. Mungkin sudah lumayan sulit menemukan pohon delima sekarang ini, entah karena apa tapi memang pohon - pohon delima sudah jarang di temui walaupun tetap masih ada. Buah delima secara keseluruhan jenisnya merupakan buah yang mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi di banding buah lainnya, antioksidan tersebut mampu membantu tubuh menangkis radikal - radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Secara khusus buah delima putih telah di manfaatkan dalam beberapa resep tradisional, buah delima putih bukan hanya buahnya saja yang

22 Apr 2010

Manfaat Si Melon

Buah bulat dan manis ini selain segar juga menyehatkan, kandungan air yang cukup banyak pada melon selain mampu memberikan rasa segar,  juga dapat meredakan rasa panas dalam perut saat di konsumsi. Melon mengandung beberapa vitamin diantaranya vitamin A, B dan C, dan selain itu juga mengandung protein, kalsium dan fosfor yang tentunya baik buat tubuh kita. Kandungan mineral dalam melon bahkan mampu menghilangkan keasaman tubuh, dimana keasaman tubuh ini dapat mengganggu pencernaan, khususnya organ lambung. Menarik yah kandungan vitaminnya, weit masih ada lagi.

Dalam melon juga terdapat antikoagulan yang di sebut juga dengan adenosine, zat tersebut mapu membantu menghentikan penggumpalan sel darah dalam tubuh yang bisa berakibat memicu timbulnya penyakit jantung atau stroke. Di samping itu melon juga mempunyai

21 Apr 2010

Kemangi Sungguh Berarti

Tanaman satu ini telah di kenal luas disetiap wilayah, bahkan kemangi menjadi salah satu lalapan yang sangat sering kita jumpai . Aroma yang khas dari kemangi memberikan keunikan tersendiri saat di santap. Menurut John Henry M dalam bukunya " A Dictionary of Practical Material Medical "di sebutkan bahwa kemangi mempunyai manfaat menyembuhkan nyeri payu dara, batu ginjal dan gangguan pencernaan. Selain itu juga kemangi mampu membantu mengatasi sakit kepala/migrain, sakit telinga, influenza dan gangguan menstruasi.

Seperti dalam postingan sebelumnya Tanaman Pembangkit Kesuburan dan Gairah , kemangi juga mampu membantu menjaga kesuburan