Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

24 May 2010

Manfaat Bunga Bakung

Bunga bakung sering kali menjadi tanaman penghias halaman,ada beberapa warna dari bunga bakung, mulai dari kuning, merah dan putih, namun yang di indonesia lebih banyak di jumpai yang warna putih. Menurut kepercayaan cina, mesir dan arab bunga bakung dapat melindungi dari penyakit atau wabah yang menular jika di tanam di pekarangan rumah, cuma ga tau bener apa ga. Tapi yang pasti tanaman ini bisa memperindah tampilan pekarangan rumah, biar tampak menarik.

Selain sebagai penghias, dalam beberapa penelitian mengungkapkan bahwa bunga bakung mempunyai manfaat sebagai analgesic, antibengkak dan ekspetoran bagi tubuh. Oleh karena itu, dalam pengobatan tradisional bunga bakung juga di gunakan sebagai bahan untuk membantu mengobati beberapa permasalahan. Apa saja ? berikut beberapa manfaatnya :

  • Mengobati Sakit Pinggang
Caranya : Haluskan 10 g daun bunga bakung dan 10 g jahe merah, kemudian balurkan ke bagian pinggang yang sakit.
  • Mengobati Luka Memar
Caranya : Ambil daun bunga bakung lalu olesi dengan minyak kelapa, kemudian layukan di atas api selanjutnya di tempelkan ke bagian yang sakit.
  • Mengobati sakit gigi
Caranya : Tumbuk halus akar bunga bakung yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.
  • Mengobati Keseleo
Caranya : Layukan daun bunga bakung di atas api kemudian tempelkan pada bagian yang keseleo.
  • Mengobati Borok ( Ulkustripikum )
Caranya : Tumbuk halus daun bunga bakung segar secukupnya, kemudian peras dan ambil airnya. Airnya di balurkan merata ke bagian borok. 
  • Melancarkan Buang Air Kecil
Caranya : Daun bunga bakung di olesi dengan minyak kelapa, kemudian di tempelkan pada daerah kandung kencing.


** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar

28 comments:

joe said...

wah,kalau mampir sini jadi tambah ilmu deh. nice post bro...

Gudang Ilmu said...

wedew
nie blog kesukaan saya emang ane koleksi semua postingannya berguna banget aslinya sob nie gak rekayasa
ane paling seneng nie artikel yang kayak ginie

infophone-kdr said...

Makasih infonya sobat very2 nice article nich,seneng bs main disini dan saya selalu mendapatkan ilmu baru dari hal2 yang sederhana slm...:D

catatan kecilku said...

Aku tertarik krn bisa utk mengobati sakit gigi.. sptnya patut dicoba suatu saat nanti.

the others... said...

Ternyata bunga bakung ada juga ya manfaatnya..m :D

inge / cyber dreamer said...

tau bunga bakung dr lagu
tp liat, kaya'nya blm pernah liat
ato pernah liat tp g tau namanya
he he..

thx 4 share ^^

attayaya said...

beda ma kumis kucing ya?

j4j said...

ternyata bunga bakung bisa ngobatin sakit gigi juga ya...!! tapi, klo sakitnya g juga hilang lebih baik langsung ke dokter gigi...!!! btw, aku juga datang lo kang...!!! thanks pagi2 dah nyempetin berkunjung k tempatku,.

pakde sulas said...

wow rupanya tanaman ini banyak manfaatnya, mungkin karena kurang soialiasasi manfaatnya sehingga kita banyak yang tidak tahu

♥ria♥ said...

bisa buat encok ya
kebetulan aku suka encok pinggang :P hehehe

Nurudin said...

barangkali maksud dari kepercayaan bahwa dengan menanam bunga ini di halaman bisa melindungi dari penyakit ya karena manfaat bunga itu sendiri, sehingga apabila ada keluarga yang menderita sakit dengan mudah mendapatkan obatnya ( cukup memetik di halaman rumah ), semoga bukan karena hal-hal mistis

Sang Cerpenis bercerita said...

byk juga manfaatnya ya

sehat-mu said...

keren bro infonya...
jadi tambah ilmu lagi tentang herbal yang ada di indonesia khususnya..
kebetulan saya juga sangat menyukai ulasan akan hal tersebut...
terimaksih banyak sahabat (◦^▽^◦)/

Rock said...

Banyak juga ya manfaatnya...

Elsa said...

waaaaaaaah
aku punya bunga itu di taman rumahku
tak kusangka ada manfaatnya.
jaid pingin coba aaah

aku print ya postingannya

tetenw(blog sehat) said...

Wah luar biasa manfaatnya ya mas richo

tetenw(blog sehat) said...

Wah luar biasa manfaatnya ya mas richo

Girant_31 said...

Mas.. low obt pegel2 pd betis pke apa ci mas??

WONG SIKAMPUH said...

info nya bermanfaat,kebetulan aq jg suka bunga,tapi bunga bank,hi...hi...hi

yudha said...

* Mengobati sakit gigi

Caranya : Tumbuk halus akar bunga bakung yang sudah di cuci bersih secukupnya, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

kayaknya penting ni hehe

mas acrom said...

ohh ternyata manfaatnya begitu ya bro,baru tau nie ,mntabs...

mundo_idiot said...

Berguna sekali ternyata " o iya untuk "Melancarkan Buang Air Kecil" itu perlu ditumbuk dilu/ dihaluskan dulu apa tidak Sob?

Zulfadhli's Family said...

Serius loh Mas gw neh belum pernah liat bunga bakung (ato dah liat tapi ga 'ngeh' yah????)

munjilah adinnida said...

subhanalloh semua jenis tanaman adalah obat, bungapun bisa jd obat. tinggal bgaimana kita memanfaatkannya dgan baik. disini byak skali hal tentang manfaat tanaman obat yg blum pernah sy tahu. tanks

Anonymous said...

wah..bs jd tmbahan toga dpekarangan ni :Dwah..bs jd tmbahan toga dpekarangan ni :D

Anonymous said...

awalnya gue kira bunga bakung itu beracun... wakakak

Anonymous said...

yg buat obat itu daunnya yang hijau apa bunganya yg putih???tlg dijawab beserta penjelasannya..thank

Anonymous said...

Bunga ini juga tumbuh di pantai barat Pulau Kabaena,Sulawesi Tenggara.Beberapa umbi pohon saya tanam di halaman rumah di Bandung.Sudah lama kepingin tahu namanya : ternyata bunga bakung yg daunnya sdh lama sy dengar dpt digunakan mengobati terkilir, memar dsb. Kayaknya bunga ini juga dijadikan tanaman hias di Ciwalk Bandung.

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......