Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

7 Jul 2010

Sehatnya Buah Sawo

Buah sawo mungkin sudah di patenkan menjadi wakil untuk warna kulit, sering kita mendengar istilah warna kulit sawo matang bukan? katanya kulit untuk orang indonesia sebagian berwarna sawo matang, walopun ada juga yang berwarna sawo terlalu matang mungkin :) tapi ga mau bahas warna kulit loh, kita bahas manfaat dari buah sawo saja yang tentunya lebih asik buat di simak. Buah sawo sendiri merupakan buah yang berasal dari amerika tengah dan meksiko, namun buah sawo telah menyebar ke berbagai negara dan salah satunya indonesia. Ada beberapa jenis buah sawo, mulai dari sawo betawi, sawo kulon , sawo maja dan kawan - kawannya.

Buah sawo mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, mulai dari energi, protein, karbohidrat,
mineral, kalsium, fosfor, zat besi, retinol dan asam askorbat. buah sawo juga mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga masalah diare ataupun sembelit bisa di atasi dengan buah sawo ini.
Buah sawo juga mampu membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah, karena dalam buah sawo terkandung asam folat yang juga dapat mencegah terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut beberapa resep tradisional untuk mendapatkan manfaat dari buah sawo :
  • Mengatasi Radang Mulut
Caranya : Cincang satu mangkok daun sawo, kemudian rebus dengan 2 gelas air selama sekitar 10 menit. Selagi hangat saring dan gunakan untuk berkumur.
  • Mengobati Disentri
Caranya : Kunyah halus dengan garam secukupnya 8 buah sawo muda, telan sedikit demi sedikit sambil minum air hangat. Lakukan 2 kali sehari.
  • Mengatasi Diare
Caranya : Parut 1 buah sawo muda, kemudian peras dan ambil airnya. Selanjutnya minum air perasan tersebut 2 kali sehari.


** Silahkan di tambahin infonya
** Sumber gambar

33 comments:

inge / cyber dreamer said...

wah... jadi pengen mam sawo, udah lama g mam... >.<

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, aku gak gitu suka sawo

Aby Umy said...

aku suka tuh buah sawo

FAISAL HILMI said...

Wah.. ternyata pohon yang ditanam kakek ku banyak manfaatnya.

oding said...

naice ipoh...jadi tak ada alasan untuk tidak makan buah sawo selain enak

exort said...

uda lama ga makan sawo, ini buah yg enak kl dimakan dingin2

mixedfresh said...

aku suka makan sawo enak n manis, manfaatnya juga banyak ternyata

Zulfadhli's Family said...

I like sawo! Tapi perasaan semenjak stay disini kaga penah makan sawo lagi. Hiks!

Call me Batz said...

lo ternyata sawo punya manfaat juga ya? ntar malam beli sawo akh..haha

BaS said...

sawo matang banget? Wah nyebut warna kulit gw tuh?? *kesindir!

attayaya said...

hmmm sawo muda kelat sepet abisssssssss

ocy said...

wah,,ternyata buah yang belum pernah aku makan ne ada manfaatnya,,
hehehe,,
nice post sob..

rosanakmami said...

aku baru tau kalo sawo asalnya dari meksiko :O
wah wah wah..
sawo enaknya dimakan langsung euy, heheu ;)

selamat hari kamis :D
semoga hari ini menyenangkan :D

Agung Pushandaka said...

Ah, jadi pengen ke toko buah. Beli sawo..

Aby Umy said...

malam sahabat
mampir lagi
absen
gak bosan kan aku mampir terus?
hehe

reri saputra said...

wuizzzzzzzzzzzzz
buah favouriteku itu !!
enak bgt !!

Gaphe said...

sawo... ada banyak macemnya tuh.. sawo kecik (sawo seukuran jempol tangan), sawo beluru (yang warnanya ijo, dalemnya kayak ingus), sawo biasa.. itu gimana khasiatnya yaa??

joe said...

rasanya juga manis, cocok untuk kudapan ...

attayaya said...

minta sawonya dooong
lagi pengen neeeeh

anyindia said...

jadi inget lama ngga makan sawo

hellgalicious said...

mengatasi diare? waah baru tau gue

ini buah kesukaan gue aktu kecil
hmmm

Aby Umy said...

masih tentang sawo yah..
emm,, mampir aja ne sobat
absen harian :)

o0z said...

::salam kenal::
Halow sobat blogger :) ini kali pertama saya torehkan jejak di blog manis ini, blog ini sangat informatif :D
Sekalian kenalan saya minta Izin Follow yah... , kalau sempet, mampir juga di blog saya
Semoga kita jadi sodara
::Salam Hangat::

vini vidi vucinic said...

Wanginya khas........
Apa khabar sob, jangan lupa visit balik?
http://ifanqomarudin.blogspot.com/2010/05/artisteer.html

rizan said...

selain buahnya yang manis,sawo juga dapat dimanfaatkan untuk diambil keciknya (untuk dolanan dakon)

kunjungan pagi dengan blog baru :)

bonk AVA said...

jadi kangen makan sawo!

yusrond said...

wuaha ! hampir stiap hari ngliad sawo..
malah gak tau kalo kasiatnya banyak . TT

Ketawa Bersama Oby said...

sawo mang enyak.........
:P
klao lagi musim, emak oby selalu beli

WONG SIKAMPUH said...

wah resep yang sngat bagus sob,aku mau nyoba yg buat diare...

BloG @rfian said...

ternyata sawo super bermanfaat....

Elsa said...

aku gak suka sawo...
waktu kemaren dapat kirman sawo, langsung aku kasih ke pegaweku.

eeeh sekarag nyesel
ternyata banyak manfaatnya yaaa

Baby Dija said...

Dija suka sawo gak ya???

DeeA Spa said...

suka sawo yang udah agak tua. Manis banget. Apa lagi kalau ditaro di kulkas dulu. he3. Dingin, seger.

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......