Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

18 May 2010

Manfaat Tanaman Beluntas

Beluntas mempunyai nama lain di beberapa daerah, untuk di sunda di kenal dengan nama baruntas atau baluntas, kalau di jawa sering di sebut dengan luntas sedang di makasar di kenal dengan lamutasa. Daun beluntas untuk masayarakat jawa di kenal sebagai sayuran yang bisa mengurangi bau badan sama seperti kemangi, namun daun yang mempunyai rasa getir dan aroma yang khas ini ternyata mempunyai manfaat yang lain selain bisa mengurangi bau badan.
Dalam daun beluntas terkandung alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, kalsium, asam chlorogenik, natrium , magnesium dan fosfor

Karena khasiatnya, tanaman beluntas sudah sejak lama di jadikan sebagai bahan pengobatan tradisional, untuk memperoleh manfaatnya, berikut resep - resep tradisional dari tanaman beluntas yang bisa kita coba :

  • Mengobati Demam
Caranya : Seduh 15 g daun beluntas segar dengan air panas, diamkan sejenak kemudian minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 g daun beluntas segar hingga matang yang kemudian di makan bersama nasi pagi dan sore.
Caranya : Rebus 15 g daun beluntas, 5 g buah pinang dan garam dapur seujung sendok teh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing - masing 1 gelas.
  • Mengatasi Rematik
Caranya : Rebus 15 g akar beluntas yang sudah di cuci bersih dengan 3 gelas air sampai lunak. Selagi hangat makan akar tersebut, lakukan tiap hari untuk hasil maksimal.
  • Mengobati Keputihan
Caranya : Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan malam hari masing - masing 1/2 gelas.
  • Mengobati Hipertensi
Caranya : Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.
  • Mengatasi Haid Tidak Teratur
Caranya :  Tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, kemudian tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saring lalu di minum 3 kali sehari masing - masing 1 gelas.


** Silahkan di tambahin infonya
** Sumber gambar

39 comments:

darahbiroe said...

ijin mengamankan pertamax bulehkan heheh
wah banyak banget manfaatnya yaw
makasih reviewna
:D

antokcupu said...

hehe
jujur baru denger nama beluntas
makasih yaw
:D

inge / cyber dreamer said...

dimodel jamu yah...
g doyan hihi...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, penyakit tuntas karena bluntas.

rizan said...

ngapunten mas richo,ada kesalahan.sekarang link sudah terpasang mas,cekiduwot........

♥ria♥ said...

tp rasanya enak ga ya *muka ragu*

Ariyanti said...

wah tanaman apa tuh.... banyak manfaatnya tapi saya baru denger...

Aulawi Ahmad said...

ternyata ada tanaman bluntas ya, kirian cuma istilah bluntas korupsi doang hehehe

pakde sulas said...

dulu waktu masih di dusun, krawu daun beluntas adalah favorit pakde, sekarang sudah tidak pernah lagi menemui daun beluntas hik hik hik..

Ketawa Bersama Oby said...

:D
waaaah,,,,
tanaaman beluntas ini tumbuh liar apa harus beli yah mas richoyul??

rosanakmami said...

aku ndak tau tanaman beluntas yang kayak apa yak?
lihat gambarnya tetep aja ndak tau. :s payah deh aku..

Ferdinand said...

Wah aku baru denger sob nama daun Beluntas ini, klo daun kemangi sih aku udah sering liat haha.....

Kayanya perlu dicari nie lumayan buat dikoleksi hhe....makasih atas review'y Sob....

Call me Batz said...

aq baru tau ada beluntas..di sumatra kira-2 namanya apa ya?

kesehaRian Ra-Kun said...

wo...
baru tau saya :)

Rock said...

Luntas??? Koq kayaknya aku belum pernah lihat tanaman ini ya sob...

Seiri Hanako said...

beluntas itu kalo di daerahku di sebut apa ya?

Zippy said...

Yang saya tau cuma untuk mengurangi bau badan.
Yang lain2'nya mah saya baru tau, hehehe...
Infonya sangat berguna nih :)

Dunia Hape said...

Dulu waktu di rumah lama, tanaman ini banyak banget.
Sempat nyobain juga ni taneman.
Direbut dan dibuat lalapan.
Tapi rasanya aneh, kurang suka, hihihi :D

Awan said...

wahh.. mengatasi haid tidak teratur juga yah..??

bagus tuh buat saya..

uppsss... saya cowok..

hehe,, tetap bermanfaat yah post2nya..

PRofijo said...

Meng ngumahku akeh...

j4j said...

dulu sama nenekku sering dibuatin jamu dari daun bluntas. daun bluntasnya di rendam air hangat, terus diperas, baru di saring untuk diambil airnya. enak...!!!
tapi klo dimakan baru tau sekarang... thanks infonya...!!!

Ladyulia said...

hwaaaaa
apa itu???
pahit enggak?

Iyut Acn said...

kunjungan perdana kawan,,salam blogger,,postingannya bgs,bermanfaat,,
ditunggu kunjungan baliknys

syafwan said...

mas, tau yang buat ngatasin alergi kulit nga. saya phobia udang

TUKANG COLONG said...

oh jadi daun ini namayan beluntas? saya sering makek tapi gag tau namanya.hhehehe

bukan detikcom said...

walah...baru denger nih ada pohon bluntas...ato mungkin ada nama lainnya yah..

daniel wahyu perbawa said...

malah baru tau tu bro tanaman itu...

attayaya said...

ada sesuatu di

http://www.attayaya.net/2010/05/roses-are-red-james-patterson-plus-inge.html

rakhmad said...

Beluntas mah, buat obat macem macem yak,
Makasih sharenya :D

atha andriana said...

oh ,ternyata tanaman yang banyak di kebun rumah tuch itu toh khasiatnya . .
tapi itu kalo di minum gmn rasanya ya , pahit gk ya ?

Elsa said...

beluntas nih kesukaan Ibuku
kalo makan nih suka dijadiin lalapan.
pake sambal.. enak banget!

ella said...

klo tnaman yg se famili beluntas pa ya????
^_^

Anonymous said...

jelasnya di http://evialfadhl.wordpress.com/2010/04/26/manfaat-daun-beluntas/

ella said...

klo untuk nilai RF minyak atsiri beluntas brpa ya????
thx.....
^_^

ri@l.net said...

apa bedanya dengan daun sambung nyawa dan juga daun dewa??????

Anonymous said...

Daun beluntas itu sama nda yaa dengan daun samber nyawa hehehe

baju bali said...

Daun beluntas

minyak bulus said...

bagus u menghilangkan bau mulut :-)

Anonymous said...

awak juga ada PR gk bisa dikerjakan, kurang ajar gurunya

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......