Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

14 Jun 2010

Biji Selasih Yang Yummy......

Salah satu makanan yang berasal dari biji - bijian ini ternyata enak juga, walopun bentuknya kaya telur kodok klo di makan rasanya kletus - kletus gimana gitu. Biji selasih merupakan biji dari tanaman selasih atau solasih, cara buatnya biar enak di makanpun tidak susah cukup mengambil biji keringnya dan di siram dengan air panas jadi deh selasihnya. Abis itu tinggal di campur sama es buah atau dawet hmmm yummy. Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Dalam dunia kesehatan, biji selasih pun mempunyai banyak manfaat. Menurut Prof. hembing ahli tanaman obat, biji selasih mempunyai khasiat menenangkan ( sedative ) sehingga dapat bermanfaat untuk mengurangi keadaan gelisah, susah tidur ataupun sering gugup. Selain itu juga dapat bermanfaat membantu mengatasi masalah gangguan pencernaan seperti sembelit maupun panas dalam. Masih ada lagi, selasih juga mempunyai efek
farmakologis merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan kejang ( antispasmodic ), peluruh keringat ( diaforetic ), menghilangkan rasa sakit ( analgetic ), peluruh kemih ( diuretic ), menurunkan demam ( antipirotic ), membersihkan racun dan meningkatkan sistem imun

Eitss masih ada lagi manfaatnya, berikut beberapa manfaat biji selasih yang lain :
  • Mengatasi Radang Lambung
Caranya : Rebus 5 gram biji selasih dengan 200cc air, tambahkan 1 sendok makan madu. Selagi hangat minum 2 kali sehari. Masing - masing 100cc.
  • Menghaluskan Kulit Wajah
Caranya : Haluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya, tambahkan air dingin secukupnya dan balurkan ke kulit wajah diamkan beberapa saat. lkukan 1 kali sehari untuk hasil maksimal.
  • Mengobati Sakit Gigi
Caranya : Rebus 10 g biji selasih, 4 butir cengkeh dengan air secukupnya. Selagi hangat minum air rebusan tersebut.
  • Mengobati sakit Kepala
Caranya : Rebus 5 g biji selasih, 15 g jahe dan 15 buah angco ( bisa di beli di toko makanan cina ) dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya, dan makan biji selasih bersama angconya.
  • Mengatasi Sering Gugup
Caranya : Seduh 5 g biji selasih dengan 200 cc air panas, kemudian minum airnya setiap hari. Sekali minum 2 sendok teh.


** Punya info lain, ayo di tambahin lagi
** Sumber gambar

36 comments:

Lilah said...

Pernah denger juga, biji kemangi jg bisa dibikin seperti biji selasih, bener ga ?

Irawan said...

saya suka, kalau dibikin es....

inge / cyber dreamer said...

biasanya dicampurin di es buah yah...
thx 4 share ^^

Rock said...

Wooo... iku namane biji selasih to??? Baru tau aku...

Etc News said...

Enak untuk campuran es buah...

ayel bertuah said...

wow... how..how... enak neh... jadi kepengen ui...

secangkir teh dan sekerat roti said...

biji apa ya..?

catatan kecilku said...

Jadi pengen makan es nih lihat biji selasih itu hehehe

the others.. said...

Hehehe, iya nih... bentuknya spt telur kodok.

bintangair said...

suka banget ama selasih
beneran menangkan yah
emang kalo pas lagi maemnya brasa tenang gitu

mixedfresh said...

aku kok belum tau ya biji selasih, ato mungkin namanya laen di daerahku..

Girant_31 said...

selasih atau solasih?!!
Ane baru denger dsni tuh mas..
Apalagi Bijinya..

n bentuknya az ane baru liat dsni..

jarang2 gitu ya mas tanaman nya??
Rasanya kya gmn ya???

mundo_idiot said...

selasih ini mungkin sama dengan wijen ya sob , soalnya kuliat biji2nya mirip gitu

exort said...

wuiiihhh gw ngeliat fotonya

munir ardi said...

hampir 2 bulan tidak kesini , kemana aja ya, hmm jadi lapar lihat kue diatas kayaknya segar sekali

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, aku gak begitu suka dg selasih. pernah sih makan dg cincau hitam.

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

enak nih dimakan sama cincau buat buka puasa yummy hehehe

Call me Batz said...

enak tuh biji selasih.. apalagi liat fotonya.. he he jadi tambah pingin

attayaya said...

mendinginkan badan
enak dan cocok pas buka puasa

rosanakmami said...

aku suka selasih, enaknya tu dibikin sop buah, barengan sama bebuahan yang gak kalah enak...
jadi kepengen sop buah euy....

fb said...

Bikin adem perut nih enak..

reri saputra said...

wuaaaaaaaaaaahhhh
biji selasih pastinya seger !!
jadi haus euyyyy

odonk's said...

keknya mangstabh tuh klo nyampe di tnggrkn...
thanks brad buat infonya...
bermanfaat sangad... :)

anyindia said...

kayak apa ya rasanya

Zulfadhli's Family said...

Gw paling hobi kalo bikin minuman ato es buah pake biji selasih. uenak soalnya krenyes krenyes :-)

BaS said...

beneran kayak telor kodok emang! Dan ga bisa dikunyah saking lembut2 krikilnya...........tapi begitu di campur di minuman......asyik rasanya!

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

eh mampir masih disuguhin selasih hehehe

BaS said...

beneran kayak telor kodok emang! Dan ga bisa dikunyah saking lembut2 krikilnya...........tapi begitu di campur di minuman......asyik rasanya!

firdaus said...

klw di tempat saya biji selasih diartikan sama dengan biji kemangi ? apa betul ya ... ??

Girant_31 said...

Kunjungan siang-siang mas..
mencari sesuap nasi.. :D

-Gek- said...

bahasa daerah bali selasih itu apa ya..
*mikir

hellgalicious said...

gue demen banget makan buah ini make es campur atau es cendol

hihihi

attayaya said...

pengen minum yang seger2 jadinya neh

bintang air said...

weeehh itu sapa yang komen diatasku..
pengen yang seger-seger yah
hmm rendeman di aer keknya seger deh. wehhehehehhe

aishi lely said...

waaaaahhhhhhh..mau nih buat es.. hehehe tp baru tau manfaatny yg ngatasin sering gugup hehehe

shinta said...

saya suka selasiihhh :)

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......