Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

30 Jun 2010

Manfaat daun Simbukan

Daun simbukan atau Paederia tomentosa sangat di kenal dengan aromanya yang cukup tidak sedap dan merupakan daun yang di gunakan untuk membantu bagi mereka yang kembung atau susah kentut. Dalam pengobatan di sebutkan bahwa daun simbukan mempunyai sifat mendinginkan dan membersihkan darah, selain itu juga dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, penambah nafsu makan, antibiotik, antiradang dan juga obat batuk.
Dalam pemanfaatannya terdapat beberapa kashiat yang bisa kita dapat dari daun simbukan ini, berikut beberapa resep dan manfaat dari daun simbukan untuk kesehatan :
  • Mengobati Kejang
Caranya : Tumbuk 15 - 60 gr daun simbukan segar hingga menjadi seperti bubur, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. Aduk sampai rata kemudian peras dan minum sebelum makan.

  • Mengatasi Nyeri Pada Luka
Caranya : Giling hingga halus batang dan daun segar secukupnya dan tempelkan pada tempat yang terasa nyeri. 
  • Mengobati Rematik
Caranya : Ambil seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g, kemudian rebus dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.
  • Melancarkan Kencing
Caranya : Rebus seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.
  • Mengobati Masuk Angin
Caranya : Kukus 25 lembar daun simbukan dan gunakan sebagai lalapan, untuk obat luarnya layukan daun simbukan di atas api dan tempelkan pada perut.
  • Mengobati Maag
Caranya : Tumbuk 1 genggam daun simbukan, kemudian peras airnya dan minum 1 kali sehari sebanyak 1/4 cangkir.
  • Mengobati Disentri
Caranya : Tumbuk sampai halus 15 - 60 g daun simbukan, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. saring dan minum airnya sebelum makan.
  • Mengobati Cacar
Caranya : tumbuk daun simbukan secukupnya hingga halus, tambahkan sedikit air dan garam, kemudian balutkan pada bagian cacar.




** Silahkan di tambahin infonya...
** Sumber gambar

36 comments:

maiank said...

aku blm pernah tau tuh... T.T

maiank said...

yeeeeeeeeeeeeeeeey pertamax mana hadiaaaahnya

???????????

maiank said...

ketigax deh

bikin rusuh emang :p
sekali kali nggak papa kan co hehehe

richoyul said...

sekali lagi dapet gelas sama sendok loh.... ambil di minimarket terdekat yah ahaha

Noor's blog (inside of me ) said...

Nama lain dari simbukan ada ga mas ? kayaknya saya juga baru denger nih...

Salam hangat & sukses selalu...

richoyul said...

setauku simbukan atau sembukan, cuma mungkin tiap daerah nyebutnya laen2..... belom punya datanya heheh

nuansa pena said...

Didaerahku banyak yang jualan botok simbukan, rasanya enak, tapi yaitu efeknya jadi sering kentut!

richoyul said...

nah brarti bener buat atasi masuk angin, biar anginnya pada keluar :)

inge / cyber dreamer said...

enak dibuat botooooook ^^
jadi pengen >.<

mixedfresh said...

wah kalo di daerahku apa namanya ya? boleh juga nih kalo bisa bikin kentut

aishi lely said...

buat botok hehe^^

Zulfadhli's Family said...

Perasaan pernah liat daun yang kaya ginih deh, tapi baru tau kalo itu namanya daun simbukan :-)

senja said...

ternyata daun yg beraroma tdk sedap ini memiliki banyak manfaat jg ya ^^

vamos angie said...

cocok banget tuh.. baunya gak sedap...buat ngobatin yg susah kentut...
hahahaahahahahaa....

exort said...

gw baru tau nih daun ini

FB said...

Wah daun apa lagi nih.. belum pernah lihat.. Jago nih mas richoyul ilmu biologinya.

rosanakmami said...

daun simbukan itu yang mana yaaa...?
belom pernah denger, heu...
lihat pictnya juga masih ndak tau,

attayaya said...

yang ini aku gatau
asal bukan daun pintu aja?
daun pintu bisa ngeobatin masuk angin
tutuplah daun pintu
agar angin tidak masuk

attayaya said...

tes

rizan said...

kalo andalan mbah saya,sembukan buat digembrot mas.nanti kalo kentut bau sangad \m/

Seiri Hanako said...

itu bahasa Menado-nya apa ya?

WONG SIKAMPUH said...

Kebetulan aq kurang nafsu makan..Bisa di coba ramuan nya

catatan kecilku said...

Daun simbukan... kalau dimasak jadi 'lintingan simbukan' pasti suamiku seneng banget.

the others.. said...

Lho... ternyata bisa juga to utk mengobati cacar ?

Call me Batz said...

emang ada ya daun ini? baru tau lo gua

ToPu said...

Wah kalau aQ kentut udah lancar sob....

Hehehehehehe.............

Blogger Pinrang said...

mantap bro. ahli farmasi tradisional

Ferdinand said...

Wah ternyata biarpun bau/aromanya ga enak manfaatnya banyak ya Sob....sampe dikasih cara mengobatinya nie hhe,,,mantabz Sob.....maaf aku baru bisa mampir Sob.....Semangat N happy blogging

joe said...

tapi baunya gak enak ya?

attayaya said...

ayo semangaatttttttt bro

bonk AVA said...

baru tahu aku bunga sinbukan, kayak angrek...

BloG @rfian said...

baru tahu... sehat...

catatan kecilku said...

Mampir lagi... Kok belum update ?

Elsa said...

simbukan...
sering dengar tapi belom pernah makan...
hehehe

Resep said...

Tanaman yg sekarang sudah semakin langka

Yono said...

Wah yang ini enak banget lho ...
apalagi dicampur teri, tempe bosok and kelapa muda bisa-bisa habisin nasi se rice cooker

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......