Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

1 Jun 2010

Bukan Hantu Jeruk Purut

Jeruk purut yang merupakan salah satu jenis jeruk ini ternyata cukup terkenal di jadikan nama sama hantu, konon serem banget cerita tuh hantu jeruk purut. Tapi ini ga mau bahas hantu jeruk purut, soale yang nulis takut di datengin tar hiiiii.... Balik deh ke seputar jeruk purut, jeruk purut mempunyai bentuk yang kecil dan kulitnya ga rata plus juga baunya beda ama jeruk lainnya, alias mempunyai keunikan aroma tersendiri. Ada yang menarik dari jeruk purut ini, menurut adat jawa katanya si jeruk purut ini punya 2 jenis kelamin yaitu laki - laki dan perempuan, wah kaya manusia aja dan tandanya pun mudah di lihat. Katanya liat pada bagian ujungnya, klo ada tonjolan berarti laki - laki sedang klo tidak ada berarti perempuan :).

Selanjutnya jeruk purut ini selain menjadi bumbu penyedap masakan, juga bermanfaat untuk tubuh kita. Bukan cuma buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun juga bisa kita manfaatkan.
Nah berikut beberapa manfaat dari jeruk purut :

  • Mengobati Influenza
Caranya : Potong sebuah jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, kemudian peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Selagi hangat minum air jeruk purut tersebut.
Bisa juga dengan menyantap lalapan daun dan buah jeruk purut yang sudah di potong - potong ( bisa di campur dengan sambal ), kandungan minyak atsiri dalam daun jeruk purut dapat membantu memeperbaiku metabolisme tubuh.
  • Anti Ketombe
Caranya : Belah dua buah jeruk purut masing - masing menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya saat melakukan, kondisi kepala dalam keadaan bersih atau habis keramas.
  • Mengatasi Kulit Bersisik
Caranya : Belah jeruk purut yang sudah tua menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Sebaiknya lakukan sebelum tidur,cukup sekali sehari.
  • Mengatasi Kelelahan
Caranya : Rebus 2 genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih, kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakan untuk mandi.

** Monggo di tambahin infonya
** Sumber gambar

23 comments:

Ali Mas'adi said...

wah banyak juga manfaat buah yg rasanya asem tuh ya..

attayaya said...

yuuup
bener untuk ketombe
tem,enku dah coba

secangkir teh dan sekerat roti said...

kok masih tanggal 31 nih postnya...?

kristiyana shinta said...

iyah iyah iyah,
aq mau coba untuk menghilangkan rasa lelah ahh,, hahahha

Nurudin said...

mandi dengan rebusan jeruk purut? mm........jangan-jangan nanti badannya jadi bau asem. hehehe, tentunya tidak kan ya?

Ari said...

jadi penampakannya seperti itu ya

♥ria♥ said...

oh ini toh makanannya hantu jeruk purut hehehe

rosanakmami said...

wakz
baru tau juga kalo tu jeruk ada kelaminnya, heheu..
yang buat mengatasi kelelahan keknya boleh dicoba tuh...

exort said...

ooo itu toh bentuk jeruk purut, baru ngeh gw

angger said...

banyak banget manfaat yang didapat,makasih sob infonya^_^

Delia said...

Jeruk purut emang banyak manfaatnya..
tapi emang ada unsur2 mitos gitu ya..

lama tidak berkunjung kemari :)

Bunglon Blog said...

semakin banyak buah2an dan tumbuh2an yang bisa dimanfaatkan di sekitar kita ya sob, jeruk purut salah satunya...
Sukses Slalu!

attayaya said...

hantu jeruk purut???
wadooooow kabooorr

reri saputra said...

ternyata hantu jeruk purut banyak gunanya !!
huaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Girant_31 said...

Ada satu lagi mas..

Buat nemenin low kesepian.. jiaaaaaaah.. hantu jeruk purut itu mah.. wkwkwkk..

ToPu said...

Nanti rambutnya baunya campur dong sampo ama jeruk purut... Hehehehe...

Zulfadhli's Family said...

Hihihi, gw mah palingan jeruknya dibikin buat campuran sambal ajah biar uasem2 gimana gituh rasanya :-)

BaS said...

Jeruk purut ada jenis kelaminnya? Serius??? Kocak bgt identifikasinya.......

odonk's said...

selalu dapat info yang nice sangad dsni...
n br tw klo jruk nipis bisa ngatasin kelelahan...

j4j said...

minum air jeruk purut hangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan bagi aku juga untuk mengurangi kelelahan habis beraktifitas.

Mhya said...

nyambel pake jeruk purut mantaaaaaaaabbbbbbbbbbssssssss.............

Skydrugz said...

Kirain judul film...ternyata...memang bukan hantu...

lbh suka kalau jeruk puruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuut jadi bumbu masakan:D

-Gek- said...

Jeruk purut hampir sama dengan jeruk nipis?
Kok di Bali jarang ngeliat yak?

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......