Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

11 Jun 2010

Manfaat Kencur

Sering denger dunk jamu beras kencur, atau malah jadi penggemarnya ? Yap kencur memang menjadi bahan pokok dari jamu beras kencur, biasanya banyak yang suka jamu ini karena rasanya yang tidak pahit. Dan tidak salah kalau rutin mengkonsumsi kencur, karena kencur mempunyai banyak manfaat buat kesehatan kita. Berdasar analisis , di sebutkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa yang bisa bermanfaat bagi tubuh. Kencur bisa membantu menjaga kebugaran tubuh kita dan juga masih ada beberapa manfaat lain lagi.

Beberapa manfaat dari kencur berikut di antaranya :

  • Pelangsing Tubuh
Caranya : Seduh 1 rimpang kencur, 1 sendok teh tepung beras dan 1 potong gula kelapa dengan segelas air panas. Diamkan beberapa saat , setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari.
  • Mengobati Migrain
Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, 3 cm jahe, 3 cm lempuyang, 1/2 sendok teh adas dan 5 cm pulasari sambil di tambahkan 6 sendok makan air. Peras dan tambahkan sedikit madu, minum 3 kali sehari masing - masing 2 sendok makan.
  • Mengobati Asma
Caranya : Parut rimpang kencur secukupnya dan peras airnya, kemudian campur air kencur dengan 2 sendok makan madu dan satu kuning telur ayam kampung. Campur hingga rata, diamkan beberapa saat kemudian minum.
  • Mengobati rematik
Caranya : Potong - potong 1 ons kencur, 1/2 ons jahe dan campur dengan 1 ons beras yang sudah di gerus beserta 1 ons biji kedawung. Kemudian rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin tambahkan air perasan jeruk nipis ( 1/2 buah saja ) dan 2 sendok teh madu. Selanjutnya minum 2 kali sehari masing - masing setengah gelas.
  • Mengobati Tetanus
Caranya : Rebus 3 jari rimpang kencur dan setengah genggam daun jinten dengan 3 gelas air, tambahkan 3 jari gula enau. Rebus hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah dingin minum 2 kali sehari.
  • Mengobati Muntah masuk Angin
Caranya : Kunyah 1,5 jari rimpang kencur bersama sedikit garam, setelah halus telan kunyahan kencur tersebut bersama air hangat. lakukan 2 kali sehari.
  • Mengobati Batuk
Caranya : Parut 3 potong kencur sebesar jari dan masukkan ke dalam setengah gelas air yang sudah di beri garam secukupnya, aduk dan peras dengan kain. Selanjutnya minum setiap pagi dan sore masing - masing satu resep.
  • Mengobati Jerawat
Caranya : Lumatkan sepotong kencur sebesar jari, sepotong temulawak sebesar jari, 5 butir jinten, bersama sejumput asam kawak dan gula aren. Kemudian seduh dengan segelas air panas, selagi hangat saring dan beri sedikit air jeruk nipis. Minum pada pagi hari.


** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar

52 comments:

catatan kecilku said...

Aku dulu suka migrain.. Alhamdulillah sekarang udah gak lagi.

the others.. said...

Aku ingat pernah diobatin pakai kencur waktu aku kecil dulu saat batuk...

Zulfadhli's Family said...

jamu beras kencur uenak tenan :-)

Sang Cerpenis bercerita said...

biasanya utk jamu ya.

Seiri Hanako said...

eh baru berkunjung lagi ternyata templatenya baru..

ada yg bisa bikin kuat tahan mata mpe pagi nggak

mo jaga malam di UGD lagi niy

(bukan nonton bola lho)
hehehehe

Agung Pushandaka said...

Batuknya itu segala macem batuk ya mas? Atau cuma beberapa jenis batuk saja?

anonym said...

nice blog..

salam kenal ya..

bonk AVA said...

template baru cho.....hehehehe.....rapi ko templatenya.... bagus,....

Tour, Food, and Health said...

thanks infonya..buatku kencur wajibbuat tambahan pecel, seger, nasi kencur buat nambahin nafsu makan...

odonk's said...

wah nice nih tanaman kencur...
buat ane yg suka migrain,,
thanks brad infonya... :)

-Gek- said...

Pake buat nasi kuning! :-)

Call me Batz said...

wah mau donk langsing..haha..
new template ya.. kerennn

mundo said...

aku kalau mules perutku minum kencur jadi hilang ,emang bermanfa'at banget tuh kencur , ,

BloG @rfian said...

wah... banyak manfaatnya...thanks infonya...
salam kenal sob!!..

maiank said...

dasar anak bau kencuur hhahhaaa


co co co
ekee udah ngerjaen pe ernya sekarang gantiaan ada yang buat ente tuh ambil bawa pulang dan jangan dimakan okeeeh!!!

aishi lely said...

aku suka jamu beras kencur...hehehe

j4j said...

met sore bro...!!! kirain kencurnya ditempel di jerawat, ternyata diminum ya...!!!

iLLa said...

belum pernah nyobain, tapi kalo ada yg bisa meyakinkan sayah, palagi untuk yg poin pertama itu, keknya wajib dicoba deh :D
bisa dapet di mana yak? musti meracik sendiri gituh?

iLLa said...

belum pernah nyobain, tapi kalo ada yg bisa meyakinkan sayah, palagi untuk yg poin pertama itu, keknya wajib dicoba deh :D
bisa dapet di mana yak? musti meracik sendiri gituh?

Herdoni Wahyono said...

Kencur ternyata banyak khasiatnya. Kami biasanya membeli jamu beras kencur ini dari mbakyu bakul jamu gendong. Jamu beras kencur dalam botol aqua ini kemudian kami masukkan dalam kulkas. Rasanya segar sekali ketika di siang yang terik kami konsumsi. Trims infonya sobat. Salam sukses.

Girant_31 said...

Ane ga doyan kencur mas.. hehe..
Makasih mas bt info yg bermanfaat ini..

Oy wajah baru ya mas..
Makin keren uy blog'e...
Sukses sllu mas..

Ria Nugroho said...

aku ska minum beras kencur
ademin peyutttt :D

saidiblogger said...

wah ternyata banyak banget yak manfaatnya.. :D

mundo said...

datang malaem juga ney mau minta benih kencur ^0^

blogger admin said...

benar sob kalau buat masuk angin ampuh..aku pernah coba itu

BaS said...

wah kencur! Modal karaoke gw tuh....! Hahaha....

TUKANG CoLoNG said...

wah kebetulan aku sering migraen

FAISAL HILMI said...

Kalau kencur suh.. mang benar-benar terbukti khasiatnya. Itu dari dulu.

Indonesia Blogger Teens said...

Wah, sekarang blog simple life ngebahasnya mengenai tumbuh-tumbuhan melulu ya.. sah ada spesialisasi blog nih, saya dukung ya...

firdaus said...

temen saya ada yg lagi diet.... ijin copas ya, semoga artikel ini bermanfaat bagi dia ^^

Rawins said...

ga pait sih. tapi tau tuh, kenapa aku ga suka rasanya yah..?

FB said...

Aku tanam pohonnya di depan rumah tapi enggak gede-gede. Apa emang kencur ukurannya kecil gitu ya?..

Ketawa Bersama Oby said...

wow
tempaltenya baruu nih mas richo
hahahahaha
kerren
lebih alaami...

attayaya said...

hmmmm bisa ngobatin migren
asiiiiik

ekopras said...

ada istilah anak bau kencur ya

Girant_31 said...

Kunjungan malam mas..
siap memasak kencur.. hehe..

bintangair said...

oo bisa ngobatin migrain ya
wah cocok nih buat saya yang sering banget kena mirgain

anyindia said...

emang kencur sangat bermanfaat kok :)

wong sikampuh said...

aq juga sama suka minum jamu beras kencur,bisa nyegerin badan

ayel bertuah said...

kunjungan persahabatan....

rizan said...

dulu waktu lomba mencari jejak,kesalahan saya dan kelompok saya adalah tidak ngerti bau kencur.
jadinya kalah :)
haha

joe said...

pelangsing tubuh? wah, aku perlu coba nih...

Tour, Food, and Health said...

berkunjung lagi...

shinta said...

jamu beras kencur maksutnya???

Diana said...

wah, bisa dicoba nih ramuan pelangsing tradisional... pake obat2 kimia takut bikin jantungku deg2an.. hihihi..
-- visit http://m.rujakasik.com --

Anonymous said...

faizun :
Mau tanya,yg untuk plangsing tbuh,sduh 1 rimpang kencur itu,mksudnya kencurnya itu diparut apa hanya dimemarkan saja?
Dan yg kedua,diminum stlah makan atau sblum makan? Trimakasi.

dave said...

saya lagi mencoba untuk mengaplikasikan kencur untuk kesehatan ternak kelinci saya, terutama untuk kembung dan keseleo..

Fikky Frediandika said...

informasinya sangat bermanfaat, sukses selalu..

habibi said...

Saya sangat suka sekali sama jamu beras kencur :D. apalagi kalau di kasih es batu. segeeer bener gan. hehehe

asuhan keperawatan NANDA said...

kencur memang banyak manfaatnya...
thx artikelnya gan...
semoga obat tradisional Indonesia semakin maju...

Obat Pelangsing said...

info yang bagus dan bermanfaat......

Toko Online Kalistajaya said...

mksih ilmunya..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......