Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

23 Jun 2010

Senam Kesegaran Mata

Buat para penggila komputer maupun televisi, pasti sering mengalami mata lelah akibat terlalu sering di depan komputer maupun di depan televisi. Hal ini wajar terjadi karena mata kita di paksa untuk terus menerima cahaya yang sering berubah - ubah tingkat terang dan gelapnya, sehingga mata kita di paksa untuk bekerja ekstra. Belum lagi radiasi yang di timbulkan dari layar monitor komputer maupun televisi. Namun tidak perlu khawatir, karena kita bisa sejenak mengistirahatkan mata agar tidak berakibat ketidak nyamanan yang nantinya mengganggu aktifitas kita.

Bukan asal beristirahat, namun kita harus melakukan sedikit senam kesegaran mata agar mata kita fresh kembali. Senamnya pun tak terlalu sulit kok, mau langsung praktek ? ayo di simak :

  • Langkah 1
Duduklah di atas kursi dengan nyaman dengan posisi kedua kaki di silangkan dan tangan berada di pangkuan kaki. Posisikan dagu tegak lurus sejajar dengan bahu, tidak mendongak ataupun tidak menunduk. Bernafaslah dengan teratur dan perlahan sepanjang latihan. Selain menggerakkan mata jangan melakukan gerakan apapun selama latihan. Akhiri setiap langkah latihan dengan menutup mata sejenak untuk merilekskannya. Lakukan selama 5 - 10 menit.
  • Langkah 2
Gerakkan bola mata ke arah atas, lihatlah sejauh mungkin yang bisa di lihat. Tahan selama 3 detik lalu lepaskan. Lakukan hal yang sama pada arah sebaliknya, yaitu melihat kebawah dan tahan selama 3 detik lalu lepaskan. Ulangi sebanyak 3 kali.
  • Langkah 3
Arahkan pandangan mata ke samping kanan sejauh mungkin dan tahan selama 3 detik lalu lepaskan, lanjutkan dengan mengarahkan pandangan ke kiri sejauh mungkin bisa memandang , tahan selama 3 detik dan lepaskan. ulangi hingga 3 kali.
  • Langkah 4
Gerakkan mata secara memutar dari kanan, bawah, kiri , atas dan kembali ke arah semula. Lakukan 3 kali.
  • Langkah 5
Fokuskan ke dua mata pada ujung hidung selama beberapa saat dan lakukan 3 kali.
Selamat mencoba......


** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar

49 comments:

inge / cyber dreamer said...

ayooooo senam mata duluuuuu ^^

thx 4 share ^^

catatan kecilku said...

Sptnya aku harus sering2 melakukan senam kesegaran mata nih.. :D

the others.. said...

Thanks bgt utk infonya ya....
Apa kabar..?

rosanakmami said...

wahh apalagi yang sekarang lagi giat2nya begadang nonton bola noh...
kudu senam mata mulu dah...

Masdin said...

Nah... ini dia nih... mata saya udah gak bisa lama2 di depan komputer... mungkin karena sudah cepat lelah... makasih mas tipsnya.

nYach's and Company said...

cocok nih untuk mata ngantuk dan capek

Ra'want said...

Relaksasi mata ternyata ada, ayo praktik

exort said...

senam mata yang terbaik adalah dengan merebahkan diri, rilex, tenangkan pikiran, pejamkan mata dan tidur

aishi lely said...

yup sinar lepi bikin lelah mata.. hayuk senam mata...^^

Vicky Laurentina said...

Kalo saya melakukan senam kesegaran mata dengan jalan-jalan ke mal. Hasilnya, mata jadi sehat, tapi dompet jadi loyo.. :-D

Jazz Muhammad said...

wowowowowow

heheh mantab ini kang..

oya ada ngga cara buat bola mata biar lebih bersih (putih)?

Call me Batz said...

mantap nih tips.. cocok buat aq...haha

Fajar said...

wah sekarang kayaknya udah pada senam mata tu....he...he....

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

wah cocok nih buat aku
karena aku selalu bermasalah ma mata gampang cape matanya :D

Nurudin said...

Saya perlu banget yang ini, segera dipraktekan. Tapi, sebelumnya mau ngasih tahu teman kanan kiri dulu, bukan apa-apa takutnya mereka merasa aneh melihat saya lirak lirik gitu.

Skydrugz said...

simple sekali ya... :D

nagagembel said...

Mulai berhitung..
Satu..dua..tiga..
...
Delapan.

aura pelupa said...

Tips yang bermanfaat sekali bagi kita yang kecanduan ngeNet!

ToPu said...

Wah ternyata ada juga senam mata..

Barusan aQ melakukan yang gerakan ke atas...

Pegel...

Heheheheheheheheehhe./.............

Ali Mas'adi said...

waha.. ada juga senam mata ya..

mixedfresh said...

cocok sekali buat aku yang sering di depan komputer, ijin save ya biar gampang praktek SKM (Senam Kesegaran Mata)
thanks ya

Ghustie Samosir said...

Mungkin bisa juga ditambah dengan pejamkan mata trus bayangkan sesuatu yang sejuk dan hijau, misalnya hamparan pohon teh di puncak bogor atau semacamnya, saya pernah baca kayak gitu hehhe

Regards,

Ghustie Samosir
www.hanyainfo.blogspot.com

Khusus Dewasa Klik Disini dan Disini

maiank said...

hooi ricooo

wink wink wink

senam mata koook hehehehe

reni said...

Mampir lagi... :D

Zulfadhli's Family said...

Ini temannya senam kesegaran jasmani yah?? :-)

castello said...

ada ada aja

attayaya said...

huaaaaaaaaa.... pas banget neh
cuma ada ga cara memperbaiki mata
.
.
.
.
.
.
.
mata pencaharian maksute
abisan review lagi sepi neh

Seiri Hanako said...

pake LAGU apa?


(^__*)

Agung Pushandaka said...

Kok jadi pusing ya.. :)

hellgalicious said...

makasih tipsnya

langsung dicoba nih

rosanakmami said...

wah belum ada postingan baru nih...

happy weekend yaaa... ^^

Ra'want said...

makasih atas kunjungan balasannya
Tipsnya membuat gak ngantuk, tapi masih perlukah vitamin mata ?

nYach's and Company said...

di dunia bloggsphere banyak tips, beruntung saya berkunjung kemari, tank's sharenya

doni said...

wew..thanks infonnya kawan.. harus senam mata neh aku.. :D

fb said...

Thanks tipsnya.. aku butuh coz di depan kompi mulu nih... Jaga mata tetap sehat..

bonk AVA said...

aku tambahin lagi. jalan jalan ke mall, curi curi pandang kalo ada cewek cakep disekitar kita hehe. kan sehat toh...

joe said...

kalau aku sih biasanya lihat yang indah indah he he...

attayaya said...

capek ngeblog, ngeplurk, ngebrowse
ayo senam mata

aura keyboard said...

Benar juga setelah saya praktekkan, jadi enak! Mungkin selama ini saya terlalu banyak didepan monetor!

nuansa pena said...

1 2 3 ayo mainkan bola mata untuk kesegaran mata kita!

BaS said...

senam mata? Asyik bener!

Skydrugz said...

ndak psoting lagi inh?

deq said...

Makin beragam aja nih senam. Mulai dari SKJ, senam ibu hamil, senam kakek-nenek, senam artikulas sampe senam mata. Kali ini baru tau senam mata ;D

Rubiyanto said...

Boleh juga nih tipsnya .....!

attayaya said...

richoyul wordpress tuh punya siapa?

ada temen negh dr semarang
http://planetdemam.blogspot.com/

saka said...

Weits makasih sarannya bang atta :D
berkunjung perdana mas, salam kenal cah pedurungan :D
Ijin follow ya..

interisty said...

wah..thanks atas infonnya. siipp bgt nih buat aku yg kebanyakan didepan komputer belakangan ini.. :)

kristiyana shinta said...

wahhh beneran nih bisa me lenturkan otot mata yang tegang,,
nice info :)

nadiafriza said...

apalagi kalo pake softlens.. bakal lebih cepet lelah tuh dibanding pake kacamata..
thanx infonya :)

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......