Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

7 Jun 2010

Si Manis Tebu Bantu Menjaga Otak

Tebu memang manis, dan gula yang terbuat dari bahan tebu pun sangat banyak dan kita jumpai di sekitar kita. Bahkan mungkin tiap hari kita mengkonsumsi, entah dalam minuman ataupun makanan. Sekarang juga sudah mulai banyak penjual es tebu di beberapa tempat, selain memang asik klo di minum pas lagi tenggorokan terasa kering ternyata si manis tebu ini bisa bermanfaat buat tubuh kita. Cara menikmati tebu pun tidak susah, bisa langsung di makan atau di peras airnya.

Kandungan karbohidrat dalam tebu yang cukup banyak ternyata dapat bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan otak , jantung, ginjal dan mata. Tentunya jika di konsumsi dalam bentuk segar alias belum di olah menjadi gula. Karena gula walaupun berbahan tebu jika di konsumsi terlalu banyak akan menyebabkan diabetes
Biar tambah asik nih beberapa manfaat  si manis tebu ini :

  • Melawan Kanker Payudara
Tebu mempunyai sifat alkali yang bisa membantu melawan kanker payudara dan prostat.
Caranya : Konsumsi secara periodik air tebu murni.
  • Menguatkan Gigi dan gusi
Caranya : Minum air tebu murni yang telah di beri air jeruk nipis dan garam secukupnya. Hal ini dapat membantu menguatkan gigi dan gusi.
  • Mengobati Mimisan 
Caranya : Potong - potong bagian tebu yang paling ujung ( puncaknya ) secukupnya dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan gula jawa. Setelah dingin saring dan minum airnya.
  • Mengobati Masuk Angin
Caranya : Rebus 3 helai daun tebu dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya 3 kali sehari.
  • Mencegah Stroke
Dengan mengkonsumsi air tebu secara teratur dapat membantu menjaga metabolisme tubuh akibat kekurangan cairan karena kegiatan yang kita lakukan, sehingga bisa membantu menghindari stroke.
  • Meredakan jantung Berdebar
Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.
  • Meredakan Panas Tubuh
Caranya : Minum air perasan tebu hitam secukupnya, air tebu hitam dapat membantu menurunkan suhu badan kita.
  • Mengobati Batuk
Caranya :  Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.

** Ayo tambahin infonya lagi....
** Sumber gambar

52 comments:

inge / cyber dreamer said...

wah ternyata banyak bgt manfaatnya ^^

Imtikhan said...

berkunjung sob
cari-cari info bermanfaat
terima aksih

Imtikhan said...

sory profil ngak tampil
link http://www.imtikhan.co.cc

saidiblogger said...

wah,, sangat banyak manfaatnya.. terimakasih udah share..

Seiri Hanako said...

jadi ingat waktu kecil serimg ke perkebunan buat ngambil tebu gula untuk di makan beramai-ramai..

tfd said...

berkunjung...mw makan tebu dulu..

Ali Mas'adi said...

wuah... manis manis banyak khasiatnya..

senja said...

aku ingat,..dulu di jaman kecil,kakek ku punya kebun tebu yg lumayan luas di tanah kelahiran mamaku.

dan biasanya pekerja kakekku,memberi dan mengupaskan beberapa buku tebu untukku..manissss nya tertinggal dlm kennagan hingga kini.

Rock said...

Baru tau bung... ternyata tebu banyak manfaatnya...

Girant_31 said...

Wah ternyata sangat bermanfaat ya mas..
tp sayang sdh jarang liat kebon tebu skrng ni..

thanks 4 share mas..

Sang Cerpenis bercerita said...

enak air tebu. lama gak kemari nih

Blog Keluarga said...

Yang paling terasa adalah bisa menghilangkan dahaga di siang hari dengan tambahan es batu....

Salam sahabat dari Balikpapan.

Disimpan deh infonya... terimakasih sob...

DewiFatma said...

Dulu kakekku punya kebun tebu, tapi aku baru tau kalau manfaatnya ternyata banyak banget. Dulu taunya hanya untuk penurun panas tubuh..

Thank's infonya, Cho..

TUKANG CoLoNG said...

wuih bisa ngelawan kangker toh? mantap

mixedfresh said...

ternyata banyak banget manfaatnya ya..

aura pelupa said...

wao ditempatku banyak, maksudnya milik tetangga! Bisa minta atau beli dan berlimpah yang pasti dikasih he he he!

catatan kecilku said...

Yang banyak bermanfaat itu tebu hitam ya..?

the others.. said...

Sekarang banyak yg jual es tebu lho di tempatku. ^_^

exort said...

gw suka banget nih ama air tebu dan sekarang air tebu uda masuk mall jadinya kl tiap ke mall dan gw has, gw selalu beli segelas air tebu lemon...seger

mundo said...

He he ngebahas masalah tebu jadi Inget masa kecil dulu aku sering nyuri tebu , tetangga ^0^

Call me Batz said...

aq suka banget ama tebu..manis..ternyata banyak manfaatnya ..baguslah mainuman yang aq suka ternyata bermanfaat :)

joe said...

wah ternyata banyak manfaat ya.. nice info gan...

hellgalicious said...

tebu itu maan yang paling gue suka pas jaman sd smp
soalnya rumah gue deket banget ama pabrik gula

ternyata manfaatnya banyak banget euy
hihihi

kristiyana shinta said...

tapi yang di jual abang2 itu aga kotor ga sih menurut kamu,, hmm??

Ketawa Bersama Oby said...

enyak enyak enyak
jadi ngidam es tebu.....

Girant_31 said...

Kunjungan siang hari bolong..

firdaus said...

ternyata banyak banget ya manfaatnya... btw sekarang lagi musim panen tebu lho :)

Permen Karet said...

dulu waktu SD jajanan saya suka Tebu, kalo sekarang es tebu, makanya akyu manis....
coooooo

ini maiank loh wkwkwk pake account blog baru gituh hihihi

tugasnya blum ku kerjain neh...ntar ya...
maap baru berkunjung...kemaren2 wah lagi repot, maklum majikan saya galak...wkwkwk

gadgetboi said...

sekarang susah dan mahal harganya :( ... saya liatna cuman ada di Mall tuh ...
baru tahu kalau bisa menguatkan gigi dan gusi ...

Triunt said...

Waktu saya kecil sering nyuri tebu di samping lapangan bola.
manisnyaaaa....

FAISAL HILMI said...

Wah, pas banget di desaku lagi pada panen.

rosanakmami said...

dulu ntu, jaman masih kecil kalo ke rumah mbah di klaten aku sama adekku sering ngisepin tebu yang masih batangan itu loh.
enak sih, heheu..

Ello Aristhosiyoga said...

Kalo ingat tebu, jadi ingat masa kecil.

tomo said...

Aku ndak berani makan tebu banyak2 kawan.
Takut kena kencing manis

uswah said...

Kunjungan di malam hari

j4j said...

dah jarang makan tebu. mungkin dah hampir 5 tahun gak makan tebu langsung dari batangnya....!!!

TUKANG CoLoNG said...

berkunjung lagi..:)

ardee said...

inget dulu pas sekolahan, senang beli es tebu...

Ria Nugroho said...

minum es tebu uenak re hehe

deadyrizky said...

oalahhh
kirain sari tebu cuman bisa menghilangkan dahaga di kala terik aja
jiahhh bahasanya

rizan said...

ini tanaman buruan saya waktu masih kecil,kadang harus kucing2an dengan penjaga ladang tebu.bener2 mengasyikan sobat....

mas acrom said...

dulu pernah nyolongin ini di depan rumah bro ahaha...

Agung Pushandaka said...

Wah, yang untuk masuk angin kayanya perlu dicoba nih. Sebab masuk angin adalah penyakit yang paling sering terjadi sehari-hari.

tomo said...

Tebu juga baik untuk perawatan kulit katanya.
Benarkah demikian ya

Susan Noerina (Zulfadhli's Family) said...

Panas2 minum es tebu....mmmmm....yumyyy!!!

Btw ganti layout yah Mas? Keren boooo. Seneng gw dengan leot barunya

Kiss kiss dari Zahia. katanya minta dikirimin es tebu hehehehe

Jangkrik dan Babi Terbang said...

Kalau begitu, setiap mau pedekate sama cewek, aku harus sedia bawa tebu nih. hahahaha

krikkk!!!

mundo said...

he he template nya berubah ya..^0^

TUKANG CoLoNG said...

ganti template ya..? keren2

Herdoni Wahyono said...

Si manis Tebu ini mengingatkan kami saat masa kecil dulu. Kami suka sekali tanaman Tebu ini dan kembang Tebunya untuk dibuat mainan.
Ternyata Tebu banyak mengandung khasiat yang nyata. Seperti kemarin saudara kami sakit batuk yang tidak sembuh-sembuh dan sudah diobati dengan sirup, tablet dan permen namun ketika coba-coba dengan makan Tebu tak lama kemudian dapat sembuh (dengan pertolongan Tuhan). Trims infonya sobat.

vini vidi vucinic said...

Sob, cbox-nya kemana?
Visit balik & klik or follow iklan saya, ditunggu.
http://ifanqomarudin.blogspot.com/

lady said...

wahh infonya bagus bagus
trimakasih ya

Bocah Getas said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....
oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat... :)

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......