Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

16 May 2010

Lamtoro alias Petai Cina Biar Kecil Tapi Bermanfaat

Lamtoro alias petai cina kalau di daerah jawa tengah sering di olah menjadi makanan yang namanya botok, botok merupakan salah satu masakan tradisional favorit termasuknya. Tiap ada kondangan biasanya selalu di hidangkan. Tapi bukan mau bahas si botok nih, walaupun menjadi salah satu bahan pokok masakan tradisional, ternyata lamtoro bukan berasal dari indonesia melainkan dari daerah tropis amerika.Tanaman lamtoro bisa berfungsi sebagai tanaman pengikat nitrogen, selain itu dalam buah lamtoro juga terkandung beberapa zat penting di antaranya protein, kalori, hidrat arang, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 , C dan zat besi.

Lamtoro juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita, dan berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari lamtoro atau petai cina

  • Mengobati Disentri
Caranya : Rebus 15 g biji lamtoro, 30 g krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya.
  • Mengobati Diabetes
Caranya : Sangrai biji lamtoro yang sudah tua dan kering secukupnya, kemudian ambil satu sendok makan dan campur dengan satu gelas air panas. Kemudian minum airnya satu gelas setiap hari.
  • Mengobati Cacingan
Caranya : Tumbuk biji lamtoro yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.
  • Meningkatkan Gairah Seksualitas
Caranya :  Rebus 5 g bubuk lamtoro ( caranya bikin bubuknya seperti mengobati cacingan ), 5 g merica bubuk dengan 200 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum.
  • Mengobati Luka akibat tertusuk bambu dll
Caranya : Haluskan daun lamtoro secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang luka. Diamkan dan ganti dengan yang baru setelah beberapa saat.

** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar 

    35 comments:

    Abdul Hafizh said...

    Mengobati cacingan .. Wah,, siip nih buat dicoba .. !!
    Bertukar link yuk .. ?? Link sobat suda terpasang cantik di link sobatku ..
    Visit me back yah .. ^^

    inge / cyber dreamer said...

    wah baru tau nie manfaatnya...
    biasanya cuman dibuat botok doank ^^

    deena said...

    ow dari amerika ya..baru tau...
    thanks ya sharenya, baru tau juga kalo itu bisa buat obat disentri :)

    Hdsence said...

    wah lamtoro, kalo ne aku kenal ne, petai china..
    ya thu memang banyak khasiatnya...

    nice info sobat...

    salam& met akhir pekan..

    reymondprasetyo said...

    lamtoro sodaranya arcis, ya??
    kok mirip?

    salam kenal. jgn lupa mampir, ya?!

    attayaya said...

    yg kutau utk obat cacing
    dimakan langsung
    ntar cacingnya puyeng
    karena bau petai

    indotop said...

    Sebenarnya banyak obat tersedia di alam ini.. kita hanya belum tahu saja

    Ariyanti said...

    namanya petai cina ternyata dari amerika buat makanan khas indonesia... tanamanya bisa multikultural, mantap

    "om_rame" said...

    memiLiki bau yang khas, ternayata juga memiLiki kahasiat yang juga. informasi yang bermanfaat agar kita semua dapat seLaLu menjaga kesehatan

    Skydrugz said...

    jadi lamtoro itu petai cina ya...

    (baru tau aku)

    (dan baru tau juga) ternyata petai cina bisa meningkatkan gairah "itu"

    ismail said...

    bagus juga ne mas artikel anda. akan saya coba deh.

    salam kenal

    TUKANG COLONG said...

    lamtoro? hmm..nyami!

    Sang Cerpenis bercerita said...

    wah, dari amrik toh.

    aulawi ahmad said...

    dulu sering makan itu, ampe bebusa wkwkwkw

    PRof said...

    d tempatku namanya manding :D

    Gudang Ilmu said...

    kalau di saya namanya peuteui,
    apakah petai yang banyak di pasaran indonesia bisa di jadikan obat juga

    tetenw(blog sehat) said...

    Kalau dikampung saya suka dimakan langsung sebagai temen nasi mas

    KucingTengil said...

    wah... daku ga suka petai atau jengkol tuh....

    Girant_31 said...

    Oh no...
    No petai mas.. walaupun itu dr cina sekalipun..

    Nu_Imuts said...

    Ada yg lain mas selain pete..??

    Serabi Machine said...

    Wanginya itu loh mas..
    Muanthab......... hahaha..

    Abdul Malyk said...

    kalo waktu kecil dulu suka buat masak2an,,
    hahaha,,

    ternyata manfaatnya banyak juga yaa,,

    mas acrom said...

    belom pernah coba nie sob,tar nyoba deh...

    maiank said...

    kalo yang ini nggak masalah asal nggak banyak-banyak. kalo pete beneran. saya ampun deh....

    nih tak bayar 5 juta LUNAS!!!

    exort said...

    meningkatkan gairah seksual? ga makan aja uda tinggi gimana kalau makannya ya,.....hehehehe

    catatan kecilku said...

    Untuk mengobati cacingan... ada tulisan spt ini : ... dan telah di keringkan secukupnya hingga halus...
    Maksudnya dikeringkan atau ditumbuk...?

    the others said...

    Padahal kalau makan nasi pecel, dan ada lamtoronya... aku tak suka. :((

    Kang Sugeng said...

    Lamtoro itu juga enak kalo dibuat botok, hehee...

    kesehaRian Ra-Kun said...

    aya sih gak doyan :)

    richoyul said...

    @ catatan kecil : maap maksutnya di keringkan dan di tumbuk hingga halus. lagi ngantuk heheh

    ketawa bersama oby said...

    olalal
    ada bos komengnya sekarang :D

    ahhahaha
    oby suka kak makan petai cina

    Indahnya Berbagi said...

    Setiap kali lihat petai sll ingat paman yg keturunan cina yg doyan banget ama petai. Walau istri dan ank-ankx g' suka tapi sll setia menyediakan kegemaran sang suami dan ayah dimeja makan.

    Baru tau dari postingan ini klu manfaatx bnyk bgt, masyaAllah mngkn krn Allah kmudian ini paman bertubuh sehat selain satu hal sebab yg sy tahu, pribadix sbg mualaf yg kuat dan taat.

    pakde sulas said...

    lamtoro merupakan favorit pakde waktu masih kecil, kalau makan selalu pake lauk lamtoro dan kecap he he he... maklum hidup di dusun

    tas wanita said...

    makasih infonya...ternyata banyak sekali manfaat lamtoro,sangat menambah pengetahuan tentang obat alami..

    disha elf said...

    nih......... q gi makan bothok lamtoro.. hehehe..
    enak bgt bikinan mami

    Post a Comment

    Torehkan jejakmu di sini......