Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

13 May 2010

Sambiloto Pahitnya Bikin Manis

Buat para penggemar jamu gendong pasti sudah sangat kenal dengan tanaman satu ini, sambiloto merupakan salah satu bahan wajib dalam jamu gendong. Sambiloto sangat terkenal dengan rasanya yang hmmmm pahit banget, saking pahitnya mungkin ga banyak yang suka minum jamu dari sambiloto. Weits tapi jangan salah, pahitnya sambiloto bikin manis loh. Maksutnya? gini, biarpun rasanya pahit di lidah namun bisa bermanfaat manis buat kesehatan tubuh. Sambiloto sudah terkenal ampuh, hal ini sudah di buktikan sejak dulu. Sudah sejak abad 18 sambiloto di gunakan sebagai tanaman obat, coba deh di hitung sudah berapa lama sambiloto di percaya menjadi obat. Bahkan sudah sejak lama sambiloto di gunakan sebagai obat di negara india 


Dalam sebuah penelitian di cina, sambiloto terbukti berkhasiat sebagai anti penyakit hati. Masih ada banyak manfaat dari sambiloto , biar ga lama - lama mari di simak beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari sambiloto :
  • Mengobati Malaria
Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Pagi dan sore minum 1/2 gelas, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.
  • Mengobati Beri - beri
Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Tiap Pagi dan sore minum 1sloki, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.
  • Penawar Racun Serangga
Caranya : Tumbuk halus segenggam daun sambiloto, kemudian tempelkan pada bekas gigitan serangga/ binatang berbisa dan balut dengan perban. Sering ganti dengan tumbukan daun sambiloto segar untuk hasil maksimal.
  • Mengobati demam
Caranya : Tumbuk satu genggam daun sambiloto segar kemudian tambahkan 1/2 cangkir air bersih, kemudian saring dan minum langsung.
  • Mengobati Influenza
Caranya : Seduh 1 g bubuk kering sambiloto ( bisa di beli di toko obat ) dengan secangkir air hangat. Setelah dingin minum sekaligus dan lakukan 3 - 4 kali sehari.
  • Penambah Nafsu Makan
Caranya : Rebus satu genggam akar, batang dan daun sambiloto dengan 7 gelas air sampai mendidih. Pagi dan sore minum 1 sloki, untuk penggunaan berikutnya cukup tiap hari tambahkan daun yang segar dan tambahkan satu gelas air lalu di rebus kembali.

** Silahkan tambahin lagi infonya
** Sumber gambar

43 comments:

richoyul said...

Ngantri dulu ahhhhh

Rock said...

Sambiloto??? Aku koq belum pernah denger ya sob...

nuansa pena said...

Kalau ini memang rajanya pahit!

aura pelupa said...

Pahitnya membuat multi khasiat untuk penyembuhan!

firdaus said...

pengen nanem yg seperti ini juga, klw di Malang cari bibtinya di mana ya ?

GADO GADO said...

wah.. Ternyata banyak manfaatnya.. Thx ya udah share..

Call me Batz said...

gak pernah tau n dengar jenis tanaman ini lo..

Adit's Blog said...

memang byk manfaatnya y tumbuh2an d sekitar kita...

Blogger puisi said...

Jamu tradisional justru memang lebih manjur dan alami buat kesehatan kita,..

Dimas said...

kok pahitnya bikin manis sih, klo ini pahit banget menurutku..

Artikel Internet Online said...

pahit2 banyak manfaatnya, pengobatan tradisional nih..

KucingTengil said...

wah..baru tau manfaat dr sambiloto ini

Sriayu said...

Hmmm... d rumah Q byk tu sambiroto. Multi manfaat sih.
Trims ya sdh mampir k rmh maya Q 'n send comment. Eh ad tu trik memadukan kecerdasan ganda...

Keep intouch

senja said...

mksh infonya ya sobat.....

Skydrugz said...

Pahit2 gitu memang banyak manfaatnya...

(sampai sekarang masih teringat rasanya...)

sekali minum seumur hidup tak bisa dilupakan

Danil Edan said...

obat supaya jadi waras apa sob

attayaya said...

kalo yang ini keknya belom pernah nemu deh tanamannya

Bujen said...

Info apik kwi boz.. Aku durung pernah njajal :-D

Ariyanti said...

Dari jaman dulu yang pahit-pahit biasanya berkhasiat....

Awan said...

Setelah jalan2 diblog ini, ternyata banyak informasi kebaikan dari tumbuhan,,

atas nama kesehatan, gw dukung!!!

inge / cyber dreamer said...

selalu dapet pengetahuan baru kalo bw ke sini
thx for share yah
maap baru sempet mampir disini ^^

FB said...

Sambiloto.. pahit-pahit bermanfaat.. Pahitnya minta ampun

Girant_31 said...

Ini neg yg disebut Sehat tu mahal..
Ga ada yg lebih pahit gt mas?? gkgkgk..

Nu_Imuts said...

Mending minum obt ah mas.. jamu, pahitnya kagak nahan..

Serabi Machine said...

Ada jamu yg manis ga ci mas.. tp khasiatnya sama gtu..

Jaddid said...

halo fren...ada pendatang baru nih...!! lam kenal yah. nice info bro..

Masdin said...

Banyak juga yah manfaatnya. Kalau yang biasa aku dengar, daun tanaman ini dipakai ibu-ibu sebagai cara agar anak mereka yagn sudah gede tidak menete lagi :)

exort said...

kl yg dijamu gending yg warnanya item itu ya?

mascayo said...

kayanya boleh juga di bikin blog .. sambilotodotcom :)
siapa tahu ada orderan sekontener sambiloto

sekolah internet marketing said...

postingan yang sangat menarik, mantaps!! salam kenal

Darin said...

Wah ini sih paitnya minta ampun sob hehehe.. ampun dah :D

Rahad 2 Six said...

belum pernah denger nih sob..hehehe....

Bunglon Blog said...

pahit2 tapi khasiatnya banyak banget ua sob, luar biasa...
Sukses Slalu!

TUKANG COLONG said...

juga bisa dipakai untuk agar bayi berhenti menyusui. Cukup diuleg terus poles di dada ibuk, udah deh...:)

Rubiyanto said...

sambiloto....jadi inget waktu kecil dulu, dibelakang rumah ku banyak banget...

yangputri said...

Daun ini paling banyak di cari sama tukang jamu

Gudang Ilmu said...

thanks nie infonya bagus banget

♥ria♥ said...

eh bahaya ah nambah nafsu makan
nt aku tmbah endut hehehe

catatan kecilku said...

Nah.., kalau sambiloto di tempatku masih banyak.. ^_^

the others... said...

Thanks for sharing...

mas acrom said...

ternyata banyak manfaatnya yah...
mantabs bro

kesehaRian Ra-Kun said...

have a nice weekend :)

Re's Japan said...

aku belum pernah nyoba... mmmmmh.. gimana sih pahitnya? jdi penasaran..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......