Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

11 May 2010

Kucai Sayuran Anti Hipertensi

Kucai ,sayuran yang mempunyai bentuk hampir seperti daun bawang namun lebih langsing dari daun bawang, kucai sudah di kenal menjadi salah satu sayuran penyedap dalam masakan. Rasanya yang sedikit pedas bisa memberikan keragaman rasa dalam masakan, pastinya masakan tambah yummy :). Selain perannya dalam memberi rasa dalam masakan, secara klinis kucai telah teruji mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kucai bermanfaat mampu menurunkan tekanan darah sistolik ( angka fase darah saat di pompa jantung ) dan tekanan darah diastolik ( angka fase tekanan darah saat kembali ke jantung ). Dengan hasil tersebut membuat kucai bermanfaat menjadi sayuran anti hipertensi.


Selain itu kucai juga mengandung beberapa mineral yang baik untuk tubuh, seperti potasium, kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam kucai juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan karotin.
Berikut pemanfaatan dari kucai untuk kesehatan :
  • Sebagai Anti Hipertensi
Caranya : Rebus 200 g kucai segar dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas , kemudian minum air rebusan tersebut 3 kali sehari setelah makan.
  • Mengatasi Sakit Pinggang dan Melancarkan Peredaran Darah
Caranya :  Jus 100 g kucai dan 50 g jahe, kemudian peras dan ambil airnya.Selanjutnya air perasan di campur dengan 250 cc susu sapi segar dan madu secukupnya. Rebus campuran tersebut di atas api sedang hingga mendidih dan minum selagi hangat sebelum makan.
  • Mengobati Sering Buang Air Kecil
Caranya : Rebus buah delima dan kucai secukupnya dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa separuhnya, setelah dingin minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar 

32 comments:

firdaus said...

obat2an tradisional sangat bermanfaat dan yg penting efek sampingnya lebih kecil.. thx ya bro ^^

yanuar catur rastafara said...

kucai ni kalau di jawa apa yah namanya?

Call me Batz said...

ternyata banyak ya manfaat dari tanaman alam..

Psychosocial said...

emang enak nih, sayuran ini, apalagi di oseng...

Enutd said...

tul sob... sering mkn soalnya.

catatan kecilku said...

Ternyata kucai tak hanya utk dimasak ya..? hehehe

the others... said...

Thanks bgt utk infonya...

Rock said...

Kucai? Baru denger nich sob...

LL said...

Kalau di jawa kucai namanya apa sob?

Rahad 2 Six said...

manfaat nya banyak ya sob...tanaman alami emang oke!

skydrugz.blogspot.com said...

baru dengar ada sayur namanya kucai...

Aulawi Ahmad said...

kirain kucai kucai ho tae bro hehehe, btw aku baru tau ada tanaman namanya kucai hmmm, tq dah berbagi :)

maiank said...

pak kompresor saya suka loh kalo beli mie ayam kucainya banyak...hehehe
maklum saya mah apapun doyaaan hehehee

Sang Cerpenis bercerita said...

baunya gak enak tuh kucai

Kang Sugeng said...

Walah... saya malah ndak pernah makan sayuran itu sama sekali

attayaya said...

sering makan
cuma baru tau kasiatnya
kirain cuma karena seratnya doang

Rawins said...

aku kok kuper banget yah..? masa kucai baru denger sekarang...

Aby Umy said...

mantab ni infonya
makasih dah share

Dimas said...

kayaknya pernah denger tapi nggak pernah liat langsung ni tanaman...

Artikel Internet Online said...

jarang bgt ni aku denger tanaman ini, ternyata banyak manfaatnya...

English Department Student Association (EDSA) Andalas University said...

Greeting from EDSA ^^

nice to visit ur blog :)

Ello Aristhosiyoga said...

Kucai... Mirip nama salah satu tokoh dalam novel laskar pelangi!

Tapi kucai bisa juga mengobati!

Ariyanti said...

mirip banget ma daun bawang...

Ratasoe said...

Wah ane ga tw sob ma yg namax daun kucai. Gmn bntknya ya?

mundo said...

sobat daun cukai tu sama kaya daun bawang yang warna merah ya

Bunglon Blog said...

hmm saya baru denger nech sob namanya dan baru liat bentuknya...ternyata sesuatu yg berasl dari alam banyak mengandung khasiat yg luar biasa ya...

Sukses Slalu!

bluethunderheart said...

jadi kepengen oseng oseng ini ditambah tempe...hmm sedap
salam hangat dari blue

exort said...

jadi kebanyak enaknya tumis kucai buatan nyokap gw tp nyokap gw uda lama ga bikin, mau minta dibikinin ah
*mamaaaaa bikinin tumis kucai dong*

Abdul Malyk said...

Selalu ada aja neh bang richo infonya..

Maaf neh baru bisa berkunjung..

Zulfadhli's Family said...

Kucai emang enak banget tuh ditumis. Ih jadi pengen beli Kucai ah besok :-)

Anonymous said...

oh,itu toh kucai.sempet kesel ma suami yg di suruh beli daun bawang,malah beli daunnya bawang beneran yg ternyata kucai.thx,infonya.

saracensa said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......