Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

23 May 2010

Tanaman Pacar Air yang Bermanfaat

Pacar air yang mempunyai nama ilmiah impatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untuk mempercantik kuku, dengan menempelkan daun pacar air yang telah di tumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuning tua alami pada kuku. Di beberapa daerah pula ada yang menggunakannya untuk melumuri jari, kaki dan tangan pengantin wanita sehari sebelum hari pernikahan agar kulit terlihat lebih indah. 
Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda di setiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di sulawesi di sebut gofu, di jawa di sebut pacar banyu, sementara di betawi di sebut dengan kimhong.

Dalam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Karena pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa ramuan berbahan pacar air :

  • Mengatasi Keputihan
Caranya : Rebus 30 g daun pacar air dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.
  • Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma)
Caranya : Giling sampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Ganti balutan 2-3 kali sehari.
  • Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan
Caranya : Potong akar pacar air yang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.
  • Mengobati Radang Usus buntu
Caranya : Rebus 30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.
  • Menyehatkan Kuku
Caranya : Haluskan seluruh bagian pacar air secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasa hinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.
  • Mengatasi Hipertensi
Caranya : Rebus 10 g bunga pacar air, 100 g seledri dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya.

** Silahkan di tambahin infonya
** Sumber gambar

27 comments:

Dimas said...

wah lama nggak kesini cara komentnya dah berubah nih..

Artikel Internet Online said...

hmm, khasiatnya beda2 ya tergantung prosesnya ...

inge / cyber dreamer said...

cuman pernah nyoba yg umum, yg buat kuku ntu he he..
Thx 4 share.. ^^

catatan kecilku said...

Emmmm..., kalau menurutku gambar itu bukan gambar tanaman pacar air lho tapi tanaman tapak dara. 'coz tanaman pacar air itu daunnya runcing panjang2.

the others.. said...

Nah.., penting tuh utk mengatasi hipertensi. Makasih banget ya infonya.. :D

aishi lely said...

hehe tauny buat ngecat kuku ja.. hehe

maiank said...

mmm ga cocok ya buat ibu hamil...

dulu waktu kecil aku suka maenan pacar air, tapi kayanya bukan yang kaya digambar itu, biasanya yang banyak bijinya co...jadi aku sering nyebar biji disamping rumah deket kamarku...jadi kan cepet tumbuh cepet berbunga seneng banget indah warna warni trus ditumbuktumbuk buat disosokin dikuku....

kok commentnya malah ndongeng ya....
hahahahaa

attayaya said...

yup
untuk mengurangi hipertensi dan gula darah juga katanya

Zulfadhli's Family said...

Dulu waktu masih kecil pernah nyoba buat warnain kuku. Hehehe, lumayan seh, tapi ga tahan lama

ducky said...

waa ibu hamil ga boleh karena menyebabkan keguguran.. ati2 kebaca ama yg niat a. b. o. r. s. i. wkwkwk...

aku suka pake pacar di kuku.. soalnya kuku jd lebih bagus setelah dipake.. NARSIS..!

Ariyanti said...

wah gimana ya rasanya pacar air, belum pernah mengkonsumsinya

Masdin said...

Saya belum pernah coba nih, makasih yah sob.

Girant_31 said...

OK mas..
makasih buat infonya..

Nu_Imuts said...

info baru neg mas..
thanks 4 share..

Serabi Machine said...

bermanfaat bngts neg mas..

reri saputra said...

saiia butuh nich kayaknya !!
kuku saya sakit !!

kekah said...

ternyata tanaman ini banyak mamfaatnya ya, mksh

bonk AVA said...

nama bunganya unik.... baru tahu aku... hehe pacar air....

elpa said...

yg lu tahu hanya untuk pewarna kuku aja ternyata bs buat pengobatan juga ...

Ketawa Bersama Oby said...

kayaknya pernah lihat
deket deket ruamh sini >,<

tp dimana yah......


salam hangat
dari blogger abnromal
maaf banget baru semept mampir
kemarin ada Arisan ibu PKK soalnya <== apa hub.nya coba?? XD

Awan said...

wah,, ternyata banyak gunanya yah..

kirain cuma buat nguatin kuku doang,
saya juga sering tuh yg bagian ke kukunya,,

tapi sembunyi2, malu, kan cowk haha..

Sang Cerpenis bercerita said...

yg aku tahuu sih pacar cina itu sejenis makanan. tapi ada juga toh tanaman pacar air.

Abdul Malyk said...

kalo waktu kecil malah sering buat kitiran..
hehe..
diputer2..

j4j said...

pacar air itu yg mana ya? baru denger...!!! tanya om google dulu ahhh...!!!

Elsa said...

waktu kecil, sukanya buat ngewarnain kuku
ternyata menyimpan banyak manfaat ya

subhanallah
ternyata Tuhan menciptakan semua hal di dunia ini dengan manfaat
tak ada yang sia sia

diana said...

makasih yaw infonya

Anonymous said...

untuk yang darah rendah boleh gk yaaa? bagi donk info nya

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......