Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

26 May 2010

Resep Atasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

Yang namanya sakit gigi, buat yang sudah mengalami pasti setuju klo rasane sakit minta ampun. Giginya aja yang sakit tapi efeknya bisa - bisa semua ikut sakit plus jadi emosian klo di ledekin :), katane penyanyi dangdut malah lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi ( eh kebalik ga yah hehe ). Ada beberapa penyebab sakit gigi, salah satunya adalah gigi berlubang. Dengan gigi kita berlubang akan membuat sisa - sisa makanan ataupun minuman masuk ke sela - sela gigi berlubang dan ujung - ujungnya bakalan berakibat gigi menjadi sakit.

Sebaiknya lebih baik untuk menambal gigi yang berlubang tersebut agar tidak banyak kotoran yang masuk ke sela - sela gigi yang dapat memicu kebusukan. Tapi kadang masih juga masih muncul rasa sakit dari gigi yang berlubang tersebut.
Berikut ada beberapa resep tradisional untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang :

Caranya : Rebus 10 g kunyit, 50 g daun serai, 25 g serai yang sudah di potong - potong dan garam dapur secukupnya dengan 500 ml air hingga tersisa sekitar 1 gelas saja. Kemudian saring dan minum 3 kali sehari.
Caranya : Giling sampai halus 10 butir cengkeh yang telah di sangrai terlebih dahulu, kemudian masukkan ke lubang gigi yang sakit secukupnya lalu tutup dengan kapas beberapa saat. Lakukan 2 kali sehari.
  • Sirih 
Caranya : Rebus 5 lembar daun sirih yang sudah tua, satu potong gambir dan sedikit garam dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Selagi hangat saring dan gunakan untuk berkumur 3 kali sehari.
Caranya : Iris satu buah bawang putih sebesar lubang pada gigi, kemudian letakkan pada gigi yang berlubang. Diamkan untuk beberapa saat agar efek penyembuhannya bekerja.
Caranya : Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu, kemudian oleskan pada permukaan gigi yang sakit. Sebaiknya di lakukan 3 kali sehari hingga sembuh.
  • Minyak Kelapa
Caranya : Rendam sejumput kapas kedalam 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian panaskan di atas api sekitar 2 menit. Selagi masih hangat tempelkan kapas tersebut ke bagian gigi yang berlubang.
  • Akar Kecubung
Caranya : Tumbuk akar kecubung hingga halus, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.


** Silahkan di tambahin infonya
** Sumber gambar

43 comments:

Rock said...

Dulu waktu masih di kost aku juga sering sakit gigi sob...
Aku biasa mengatasinya dengan alkohol... (Sekalian di minum... wkwkwk...)

Catatan Cahaya said...

Ih wow besar manfatya

mundo said...

sob kayu Manis itu seperti Apa ya dan mudah didapat atau tidak ya , aku sering banget sakit gusi bengkak , lorone ora jamak sobat yut yut yut ampun

kristiyana shinta said...

aduuhh makasih banget nih,, mama ku lagi sakit gigi,
kasian ngeliatnya kalo lagi meringis meringis gt,,
hhuuuhhhuuu

attayaya said...

daun sirih juga untuk sari rapet

daniel wahyu perbawa said...

keren bener bang obat tradisional like this dah...

inge / cyber dreamer said...

semua berbau2 jamu yah...
tp yg pasti, moga g sakit gigi hehe...

abdul malyk said...

gigiku malah udah ditambal neh..
hehe..

eh mas..kalo untuk mengatasi sakit perut tiap bangun tidur ada gak mas??
soalnya tiap bangun tidur perutku sering sakit mas..
request neh mas..
hehe

firdaus said...

thx ya buat infonya... soalnya agak grogi juga pergi ke dokter gigi :D

j4j said...

menurut kang suparyanto...getah daun japlak bisa buat ngilangin sakit gigi. namun sayang, giginya jadi mati...!!!

hellgalicious said...

info yang bermanfaat buat yang sakit gigi nih
hihii

Darin said...

sepertinya sirih yang umum ya, karena itu yg dianjurkan para orang tua. yang lainnya saya baru tau.. ckckck mantaaap :)

Ariyanti said...

kalau saya langsung ke dokter gigi...

BaS said...

wah bro.....terus terang aku ga pernah menggunakan obat2an dari alam begitu. Karena dulu pas sekalinya sakit gigi, langsung aku cabut di dokter. Tuntas sampe ke akar sakitnya dan ga mau sakit lagi........

mas acrom said...

thanx atas resepnya bro,ke tkp ...

aishi lely said...

yang sering dipake daun sirih yah...^^

Ketawa Bersama Oby said...

daun serih mang banyak gunanya yah mas...
ibu ku juga ngomong gitu
pas oby sakit gigi

catatan kecilku said...

Waduh.., gambir itu apa ya..? Pengen tahu nih spt apa wujudnya.

the others.. said...

Untung banget, tanaman sirih banyak nih. Jadi bisa dipakai sewaktu2 diperlukan.

exort said...

wah penting nih infonya...tx bgt bro

anyindia said...

garam juga bisa lohh

http://popyALY.blogspot.com. said...

kunjungan lg....ssllu bermanfaat ya....cip....tingkatkan sahabad

kesehaRian Ra-Kun said...

kunjungan dini hari..

Teten W said...

Salam sehat mas

Ello Aristhosiyoga said...

Bahan2 alami yang tak pernah terpikirkan sebelumnya untuk mengobati sakit gigi.

Girant_31 said...

Wah ini co2k bngts neg mas, bnyk bngt yg mengeluh gi2 berlubang..
udh brobat ke dokter, tp ttp az gi2 berlubangny ga sembuh2..

Nu_Imuts said...

kaya jalan az ya mas berlubang hehe..

Serabi Machine said...

JJP mas..

attayaya said...

aku suka pke cengkeh kalo sakit gigi

♥ria♥ said...

pake sirih kaya mbah buyut aku dunk make itu mah hehe

Skydrugz said...

lgsng cabut.... :D

Blog Keluarga said...

Boleh deh disimpen nie resepnya... sapa tau ntar juga mengalami... tapi kalo bisa ya jangan... hehehe... Salam sahabat dari Balikpapan.

Blog Keluarga said...

Ijin tukeran link... boleh ya???

Girant_31 said...

Ijinkan daku memFollow mu..

Terimakasih atas apresiasinya selama ini ke blog ane..
Salam Silaturrahmi..

Irfan said...

wahhh. bahan obatnya sulit carinya mas,,,
padahal pgn coba.. hihi

richoyul said...

@ All : tarengkiyu udah hadir n koment.... semoga dan semoga :)

Bunglon Blog said...

wah ini penting banget buat saya yang sering kali bergulat dengan derita yang tiada tara hehe..saya coba sob, thanks sharingnya
Sukses Slalu!

Girant_31 said...

Selamat pagi mas..
Selamat beraktifitas..

Nu_Imuts said...

Kunjungan pagi..

Serabi Machine said...

gipagi..

Nur said...

bermanfaat banget buat saya.. thanks ya.

saracensa said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii :)

obat-sakit-gigi said...

Terimakasih Infonya Gan.
Ane langsung sembuh setelah nyoba 3 hari..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......