Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

12 May 2010

Makan Ketumbar Bau Mulut Bubar

Setelah sebelumnya udah di bahas rempah - rempah yang bermanfaat yaitu kemiri, pala dan cengkeh, ini ada lagi salah satu rempah - rempah yang juga punya manfaat buat kita. Ketumbar, ketumbar sering kali di pakai sebagai bumbu untuk masakan. Bukan cuma masakan indonesia saja yang menggunakan ketumbar sebagai bumbu, bahkan konon bangsa cina sudah menggunakan ketumbar sebagai bumbu masakan sejak ratusan tahun yang lalu. 

Dalam perkembangannya ketumbar juga di olah dalam minuman, parfum bahkan juga permen.Yang juga cukup menarik, menurut bangsa arab dan yunani meyakini bahwa ketumbar mengandung zat perangsang seksual. Dan ternyata memang tidak salah, berdasarkan penelitian di temukan bahwa ketumbar mengandung phyto estrogen yang berfungsi untuk meningkatkan gairah. Tapi bukan hanya itu saja manfaat yang menarik pada ketumbar, masih ada lagi loh .
Nah pengen tau apa saja manfaatnya ayo langsung di simak manfaat dari tanaman ketumbar :
  • Menghilangkan Bau Mulut
Caranya : Makanlah beberapa butir ketumbar yang sudah di sangrai setiap hari, hal ini dapat membantu menghilangkan bau pada mulut. Tapi tetep harus jaga kebersihan mulut :)
  • Meredakan Masuk Angin
Caranya : Seduh 3 g bubuk ketumbar dengan 1/2 gelas air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu dan minum selagi hangat. Ulangi hingga sembuh.
  • Melegakan Tenggorokan
Caranya : Seduh beberapa daun ketumbar dengan air panas, kemudian minum selagi hangat.
  • Mengobati Wasir
Caranya : Sangrai beberapa biji ketumbar, kemudian di tumbuk halus dan seduh dengan air panas. Kemudian minum selagi hangat.
  • Mengobati Perut Kembung
Caranya : Giling beberapa biji ketumbar, daun katuk, bawang merah dan buah pinang. Kemudian tempelkan pada perut yang kembung. 

** Ayo tambahin infonya lagi
** Sumber gambar

36 comments:

Ariyanti said...

tapi biasanya saya cuma pake sedikit ketumbar kalau buat masakan... ngefek ga tuh...

rizal said...

makasih tipnya, saya sering masuk angin nih

maiank said...

gak semua yang lu denger itu bener
#richo langsung ngasah golok
wkwkwkwkw

peace....
aku sering salah bedain ketumpar, ama merica. dong dong
dudul banget

gile ajib banget buat ngilangin bau mulut langsung dimakan...gimana rasanya yaa...
Richo duluan deh. wkwkwkw
kabuuuuur
eh sini balikin sendalku
:p

Duit Online said...

bubar mas.. sisanya bau ketumbar

skydrugz said...

makan ketumbar mentah2 wow...

pedas sekali kyknya :D

Psychosocial said...

mo nambahin apa lagi ya? kayaknya dah lengkap semua...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, masa iya? hi hi hi..bubar kemana tuh baunya?

firdaus said...

banyak juga ya manfaatnya.... btw udah ada yg pernah belum ngunyah ketumbar... gimana rasanya ? :D

♥ria♥ said...

aduh rasanya kaya apa makan ketumbar >,<

Rock said...

Ternyata ketumbar banyak manfaatnya juga ya...

catatan kecilku said...

rasanya minum ketumbar spt apa ya..?
Pengen coba ah utk resep masuk angin..

the others... said...

Thanks bgt infonya ya..

Lilah said...

Boleh nih dicobain..bau ketumbar ini juga sedep kok..

Ceritaeka said...

Astaga... ketumbar bisa diminum juga toh?
and berkhasiat???
weleeeh
baru tau

attayaya said...

yuuup ngilangin bau mulut
tapi harus tetep gosok gigi

Aulawi Ahmad said...

setuju dgn bang atta, tetep gosok gigi jgn ketumbar tok wkwkwkwwk, btw tq infona :)

Meutia Halida Khairani said...

baru tau kalo ada parfum dari ketumbar.. gimana tuh baunya?? >_<

ketawa bersama oby said...

masak sih mas richoyul
ehehhe
kerren donk kalau gitu

berpikir positif said...

ternyata ketumbar banyak sekali ya fungsinya

Danil Edan said...

Zipp Da ntar di coba

Insan said...

Indonesia emang kaya akan rempah2 y mas..sesuatu yang bahkan menarik bangsa asing utk menjamah kawasan negeri kita...
Salam kenal

Bahauddin said...

Wah, ternyata aku baru tahu nih..
Salam kenal dulu, sob...
Thanks atas kunjungan dan koemennya...

RF4BI said...

Nice post....baru tahu juga neh...hihihihihi


http://myblog-blogpemula.blogspot.com/

Girant_31 said...

Lah... trus bau ketumbarnya gmn dunk???

Nu_Imuts said...

Sayang ane ga doyan ketumbar.. pa lg low digado.. hehe..

Serabi Machine said...

Infonya baru ane tw neg..
makasih ya sdh di share..

Serabi Machine said...

Infonya baru ane tw neg..
makasih ya sdh di share..

exort said...

rasanya ketumbar kaya apa ya?

Hari said...

nambah lagi nie wawasan, terima kasih infonya mas, kapan-kapan nyoba ketumbarnya...

KucingTengil said...

wadohh ga kebayang gmn rasa ketumbar dimakan mentah2 gt. hiiiiiiiii

j4j said...

klo dicampur makanan lain gmn tu?
btw, thanks y dah mau kunjung k blogku...!!!
namanya lucu, "richo yul dan mbak yul", hahahaa!!!

senja said...

baru tahu ternyata ketumbar memiliki banyak sekali khasiat dan kegunaan ^^

mksh infonya sobat...^^

Zulfadhli's Family said...

Hiiihhhh, ogah ah makan ketumbar. ga kebayang rasanya gimana. Gw memilih sikat gigi 3x sehari dan membersihkan plak ato karang gigi ke Drg setiap 6 bulan sekali :-)

h'san unique said...

Hiii, ngeri dh kalo makan ketumbar mentah2.... baunya emang sedap, tp kalo lgsung dmakan, gmana gtuuu . . .

Jiox said...

mantaf tipsnya.. saya suka yang serba alami, makasih dah mampir, jagung bakarnya dah mateng belon.. xexexe

evansfuad said...

enak po mkn ketumbar? kl jd resep soup mah br sedap

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......