Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

25 May 2010

Manfaat Lain Dari Urang Aring

Mungkin banyak yang mengenal tanaman urang aring sebagai tanaman yang hanya bermanfaat sebagai penyehat rambut, tidak salah memang, karena urang aring memang banyak di manfaatkan menjadi salah satu suplemen penyehat dan penghitam rambut. Di pasaran dapat kita jumpai urang aring dalam bentuk minyak ataupun sudah di ambil ekstraknya menjadi bahan dalam shampo dan juga gel penata rambut.  


Namun dalam dunia pengobatan , tanaman yang mempunyai nama latin Eclipta alba ini ternyata juga mempunyai khasiat yang bermanfaat buat kesehatan kita.  Apa saja manfaat lain dari urang aring? ayo langsung kita simak :

  • Mengobati Gusi bengkak
Caranya : Panggang daun urang aring secukupnya sampai kering, kemudian tumbuk hingga menjadi bubuk. Selanjutnya oleskan bubuk tersebut ke bagian gusi yang sedang sakit.
  • Mengobati diare
Caranya : Rebus 30 g daun urang aring dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah dingin saring dan minum airnya.
  • Mengobati Batuk darah
Caranya : Lumatkan 60 g daun urang aring segar dan peras airnya, kemudian seduh air perasan dengan air hangat secukupnya dan minum selagi hangat.
  • Menyuburkan rambut
Caranya : Lumatkan segenggam daun urang aring dengan 2 gelas air, kemudian saring dan diamkan satu malam. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat - pijat secara merata.


** Punya info lagi , silahkan di tambahkan ya
** Sumber gambar

42 comments:

ayel bertuah said...

wah,,, kalau saya ga baca postingan mas ini saya ga' akan tau kalau tanaman urang aring bisa menyembuhkan banyak penyakit. Blogwalking ketempat sahabat baru...

Rock said...

Wahhh... aku kira urang aring cuma untuk menyehatkan rambut sob... ternyata banyak juga ya manfaatnya... Baru tau aku...

odonk's said...

bner dah brad yang satu nie, slalu posting yang sangat bermanfaat..
keep posting brad...

senja said...

selamat pagi,..setahu aku juga cuma berkhasiat buat rambut,ternyata urang -aring banyak manfaatnya jg ya ^^

pakde sulas said...

pakde kira cuman untuk penyehat rambut saja, kagak tahunya banyak juga manfaatnya

thank's atas sharingnya kawan, moga sukses selalu

Bengkel Sehat said...

Makasih info urang aringnya...nice info..

Dimas said...

yang paling sering dengar sih yang buat rambut sob..

Artikel Internet Online said...

kirain cuman buat rambut, ternyata banyak juga manfaat lainnya ya...

nietha said...

ga pernah liat daun urang aring.. taunya cuma buat nyuburin rambut

kristiyana shinta said...

ahaaa jaman aq masi kecil juga pernah di pakein urang aring rambutnya,, hehehe

Catatan Cahaya said...

ea dulu di rumahku bunyak bgd tuh skrang agh jarang degh..

fanny said...

pantes ada shampoo urang aring

Girant_31 said...

Ane sdh diabsen blm ya?? hehehe..
Info yg bermanfaat mas.. thanks ya..

Nu_Imuts said...

Wah seumur-2 ane belum liat bentuk aslinya urang-aring tuh mas..
tp dh dikasih tw manfaatnya.. thanks mas..

Serabi Machine said...

Thanks mas Infonya..

♥ria♥ said...

urang-aring yg buat itemin rambut kan yah

oh iya tag dan awardmu sudah ku kerjakan tunai *lohhh*

firdaus said...

ngomong2 soal urang-aring jadi inget minyak rambut masa kecil dulu... bentuk botol dan baunya khas, klw gak salah minyaknya warna ijo dan klw dipakai rambut jadi keren :D

inge / cyber dreamer said...

dulu sering pake urang aring buat rambut
sekarang udah males he he..
thx 4 share..

secangkir teh dan sekerat roti said...

belum pernah liat nih tanamana :)

rizan said...

ki minyaku wektu sih SD mas,rambut jadi klimis dan baunya mengemparkan teman sebangku saya.wkwkwk
ternyata bisa buat obat diare dan gusi juga ya..

Tukiran said...

woow....ini namanya blog apotik hidup...mantappp

catatan kecilku said...

YAng aku tahu sih selama ini urang aring utk menyuburkan rambut.. :D

the others... said...

Sayangnya sekarang cari urang aring udah susah.. :(

reri saputra said...

dulu waktu saya kecil ada tuch dekat sawah banyak bgt !!
sekarang masih ada gag ya ??

Skydrugz said...

kirain cuma buat rambut doang...

:D ternyata...

j4j said...

Klo buat numbuhin rambut bisa gak...???

mundo said...

orang aring itu seperti ini ya , pohonnya , kayaknya bisa untuk lalap itu kalao didesaku , seperti legetan orang yebutnya , weh baru athu aku sob trima kasih

Girant_31 said...

Silaturrahmi mlm mas..
Ada suguhan apa lagi ya?? hehehe..

Nu_Imuts said...

Mlm mas..
thanks bt infonya..
sangat2 bermanfaat.. Insya Allah..

faiza said...

ooohhh...

tapi aku skrang jarang nemu urang- aring sob..

dulu mlh suka bgt mainin urang aring bwt masak2 an,,,

Serabi Machine said...

Absen mlm..
setor muka neg.. hehe..

deadyrizky said...

beneran nih menyuburkan rambut?
rambut saya jarang" soalnya
huhuhu

Gudang Ilmu said...

waw ane kira buat rambut doank ternyata masih banyak kegunaanya sip2

Ariyanti said...

yang sering saya denger sih buat rambut... tapi ternyata bisa buat yang lain juga

Bunglon Blog said...

hmmm saya sudah sering denger namanya tapi belum pernah lihat aslinya hehe
banyak yach manfaatnya sob
Sukses Slalu!

Zulfadhli's Family said...

Dulu rajin banget gw make urang-aring, sekarang mah udah kaga. Palingan pake lidah buaya, coz nanem sendiri dan kalo mo pake ga usah beli tinggal ambil ajah di pot :-)

mundo_idiot said...

jalan2 malam , baca obat2an ha ha

arif said...

wew..jadi inget jaman sd dulu,pake urang-aring :D

Awan said...

wahh.. jadi laper...

lah...!!!!????

exort said...

lah gw kirain urang aring cuma buat rambut doang

Ganda Adrianto, Mr. said...

Kira2 Urang-Aring bisa ga yaa.. dijadikan obat agar daun anggrek ga terserang hama??

“Dove Anggrek” : Semakin melengkapi koleksi anggrek Anda.
Mari lihat : http://www.dove-angrek.yolasite.com

Dove Anggrek said...

"Dove Anggrek"

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......