Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

14 May 2010

Pegal Linu, Rematik Jinakkan dengan Belimbing Wuluh

Sudah tau donk dengan belimbing wuluh, salah satu jenis belimbing yang bentuknya laen dari pada sodara- sodaranya ini sangat dahsyat rasa masammya hmmmm. Walopun masam tapi banyak juga yang suka, bisa di rujak ataupun di jadiin sebagai bumbu masakan juga. Selain itu ternyata di balik rasa asamnya, belimbing wuluh juga mempunyai banyak manfaat juga untuk tubuh kita. Beberapa masalah yang sering timbul dan mengganggu kesehatan kita bisa di atasi dengan belimbing yang satu ini.

Belimbing wuluh mengandung zat - zat yang bermanfaat di antaranya tanin, saponin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, peroksida dan kalsium sitrat. Nah berikut manfaat yang bisa kita dapet dari belimbing wuluh :

  • Mengobati Rematik
Caranya : Bisa juga dengan menumbuk halus 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun cempaka, 15 biji cengkeh, 15 butir lada hitam kemudian di campur dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Selanjutnya di gunakan untuk mengurut bagian yang sakit 2 - 3 kali sehari.
  • Mengobati Pegal Linu
Caranya : Giling halus satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkeh dan 15 biji lada hitam kemudian tambahkan sedikit cuka. Selanjutnya lumurkan ke tempat yang sakit.
  • Mengobati Sariawan
Caranya :  Rebus 2/3 genggam bunga belimbing wuluh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 2 1/4 gelas saja. Setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari masing - masing 3/4 gelas.
  • Mengobati Panu
Caranya : Giling halus 10 buah belimbing wuluh dan tambahkan kapur sirih sebesar biji asam dan campurkan ke belimbing wuluh yang telah di giling hingga merata. Kemudian gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit yang terserang panu 2 kali sehari.
  • Mengobati Sakit Gigi
Caranya : Kunyah dengan garam 5 buah belimbing wuluh, lakukan beberapa kali hingga rasa sakitnya hilang.
  • Mengobati Diabetes
Caranya : Lumatkan dan rebus 6 buah belimbing wuluh dengan 1 gelas air sampai tersisa setengahnya, kemudian saring dan minum 2 kali sehari.
  • Mengobati Batuk
Caranya : Rebus 1 genggam daun belimbing wuluh, 1 genggam bunganya, 2 buah belimbing wuluh dan gula batu secukupnya dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum 2 kali sehari.
  • Mengobati Darah Tinggi
Caranya : Potong - potong 3 buah belimbing wuluh dan rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin saring dan minum setelah makan pagi.


** Ayo tambahin infonya....
** Sumber gambar

45 comments:

Ariyanti said...

waduh buat obat sariawan... asemnya ga nahan...

Sang Cerpenis bercerita said...

enak di jus. enak dirujak.

inge / cyber dreamer said...

wah ternyata banyak manfaatnya... enak disayur tuch ^^

catatan kecilku said...

Kalau blimbing wuluh di rumah ibuku banyak tuh...

the others... said...

Ternyata blimbing wuluh banyak juga ya manfaatnya...

Anonymous said...

enaknya dimasak dengan teri yang dicabein atau dibuat tambahan bumbu ikan gulai kakap
hehehe laper jadinya

faiza said...

wow,,

asem bandeng ma blimbing wuluh..sedap tuh..

yanuar catur rastafara said...

sama kayak inge, dirujak kayaknya mantep juga tuh
hehehe

firdaus said...

hhhiiii....... denger namanya aja ludah ini langsung keluar.... aemmmm banget :D tapi gak nyangka jika khasiatnya bisa sebanyak itu :)

Adit's Blog said...

aseekk nich blogmu, berisi tentang kesehatan manfaat dari tumbuh2an,, anak biologi y?
hehe...

di simpan dulu deh tipsnya suatu saat nti terpakai.

osi said...

wah resep dari Anonymous tu blh jg di praktekkin...jd ngileeeerrrzzzz

rosanakmami said...

waw
banyak euy manfaatnya..
biasanya enak buat disayur, heu..

buat jadi tambahan rujakan juga enak..

jadi kepengen rujak... :~

Aulawi Ahmad said...

buat bersihin kuku juga bisa tuh :)

Catatan Cahaya said...

OWWWOWOOW AKU RU TAHU DEGH EHHEHHEHEH good Information ...
lam kenal

akhatam said...

Wah beneran nih infonya... ibuku juga kayaknya rematik juga... Tx gan infonya!

attayaya said...

enaknya jadi campuran sambal belacan

kristiyana shinta said...

ngeliat gambarnya aja udah berasa aseemm,, ga kuat deh kalo disuru makan,,heheh

Renggana said...

sekarang nyari pohonnya agak susah, jarang. padahal pohon ini banyak khasiatnya..

kekah said...

biasanya waktu saya kecil belimbing ini jd pembersih kuku, ternyata bnyk mamfaatnya ya.

Rock said...

Ternyata banyak juga ya manfaat dari belimbing wuluh... Baru tau nich...

ahmadi amrun said...

wah nggak nyangka ya banyak sekali manfaatnya, boleh juga nie resepnya untuk sariawan yang jadi langgananku, he...he...

CLara said...

akhirnya tak sia-sialah pohon belimbing wuluh di depan rumahku, manfaatnya banyak

Girant_31 said...

Wah low yg ini baru neg.. coz ga terlalu pait kya yg kemarin mas.. gkgkgk..

Nu_Imuts said...

Baru tw neg ane..
Terimaksih mas sdh di share..

Serabi Machine said...

Thanks mas infonya..
Keren........

Noor's blog (inside of me ) said...

Buat pegel linu ? wah...mantap nih, kayaknya perlu dicoba..

Dedi S. ed Daudy said...

iya, kalo buat jus enak tu.. palagi bwt inovasi juss blimbing...

daniel wahyu perbawa said...

lama off ngeblog
kunjungan lagee nee bang
wuluh di deket rumahku banyak n didepan rumhku pun ada
tapi jarang dimanfaatin bro...

Skydrugz said...

ngobatin darah tinggi?

baru ingat-ingat sj rasanya sdh jd darah tinggi ....asemmmmmmmmmmmm


:D

exort said...

enak tuh..asem2 seger

Tour, Food, and Health said...

hati-hati yang menderita maag (gastritis) dapat menimbulkan kambuh..

Delia said...

Selama ini taunya cuma untuk masakan :D

ternyata..hehhehee...

banyak hal baru nih didapat kalo mampir ke blog richo.. thanks ya

deadyrizky said...

behhh
belimbing wuluh mah asyemmmm

WONG SIKAMPUH said...

aku sbnr nya jg gak suka ama blimbing tp stlh membca artikel ini,aq jd tertarik dgn blimbing.Tanks info nya.Kunjung lg ke tmpt ku dan follow,aq jg dah follow

ario saja said...

yup saya dengar memang banyak khasiatnya

Ketawa Bersama Oby said...

wiiih jinakkan
bahasanya keerreeen :)

depan rumah oby banyak belimbing wuluh kak...
punya tetangga tapinya
ehehhehe

komang said...

kwkkw ternyata hasiatna banyak banget padahal dirumah cm dipake bersihin kuku hihihi

danuakbar.com said...

wah. wah...
lengkap deh postingannya.
bookmark ah..
siapa tau berguna :D

bonk AVA said...

wah kalo aku sering ngerapiin ujung kuku dengan belimbing wuluh.... soale males ke salon hehehheh

sob, aku bawain awrd buat kamu, diambil ya.....

disatia febri said...

Belimbing wuluh emang banyak bgt manfaatnya. Buat sayur juga enak!

Dewi said...

Blimbing wuluh ternyata banyak manfaatnya.... di tempatku banyak, siapa yang mau? sampai pada rontok ini gak kepake

yanuar catur rastafara said...

selain buat nasi, ternyata bisa juga yah untuk ngerawat wajah
hebat benar alam indonesia ini

Nur said...

wah ternyata banyak manfaatnya ya..

Cak Sun said...

Kami JUAL “JAMU AKAR DEWA”, HUBUNGI :JAMU AKAR DEWA Mengandung DAUN DEWA bermanfaat untuk menyembuhkan:
Asam urat
Pegel linu
Encok
Rhematik
Kencing Manis
Tekanan darah tinggi
Membersihkan Darah Kotor
Melancarkan Peredaran Darah
Nyeri Otot
Masuk Angin
Mengurangi Kolestrol

Jamu ini tidak mengandung alkohol, COCOK UNTUK:
pria, wanita, anak-anak, maupun orang tua (Tidak untuk wanita hamil).
Bagi Anda yang mempunyai PROBLEM DIATAS, dan sudah mencoba berbagai macam jamu tetapi belum Merasakan khasiatnya, cobalah JAMU AKAR DEWA. dan rasakan manfaatnya!

Hp =( sms/telp.) 0856 553 874 38
or
e-Mail : sunnysby@gmail.com

andi said...

bagi anda yang buth produk herbal silahkan coba konsumsi jus kulit manggis, produk herbal dengan antioksidan tertinggi saat ini 20.000 orac.
memberikan garansi uang kembali untuk penyakit HIV/AIDS, Stroke, Jantung, Kanker, dan diabetes jika dalam 21 hari tidak ada perubahan.

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......