Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

25 Feb 2010

Manggis Si Pencegah Kanker

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini merupakan buah yang kaya akan vitamin C, yang bermanfaat sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dan dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan alpha mangostin dan gamma mangostin dalam buah manggis bersifat sebagai anti bakteri, yang tidak kalah efektifnya di banding antibiotika yang di jual di pasaran.

Selain buahnya, kulitnya pun mempunyai kandungan zat yang bermanfaat buat tubuh. Kulit manggis mengandung zat xanthone dimana zat ini mampu mengobati penyakit kanker, penyakit pencernaan, kanker hati dan paru-paru. Zat xanthone bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Kulit manggis juga mempunyai sifat anti proliferasi yang bisa menghambat tumbuhnya sel kanker dan sifat apotosis sebagai penghancur sel kanker. Ekstrak kulit manggis ini  telah di kembangkan menjadi salah satu unsur untuk  obat anti kanker, tumor dan jantung koroner.

Dalam pengobatan tradisional kulit manggis di manfaatkan sebagai obat disentri, diare juga sariawan. Caranya : rebus kulit 2 buah manggis dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal 1/2nya , untuk diare dan disentri diminum 2x sehari 3/4 gelas. Dan untuk sariawan di pakai untuk berkumur.


** Buat yang punya informasi lagi,silahkan di tambahin yah biar infonya bisa lebih bermanfaat buat bersama.

48 comments:

Riesta Emy Susanti said...

waaaaaaa,,,uda lama aku gak makan manggis...

ghostech said...

enak tuch .. manggisnya
kirim ke saya ya bro ... :)

Anggi Zahriyan said...

Buah manggis tuh kesukaan saya bro. Ternyata banyak khasiat yaa dari manggis.

BENY KADIR said...

Luar biasa manfaat buah manggis.
Di daerah saya tdk ada manggisnya.
Nanti dikirim buahnya,ya?hehehe

Muhamad Rosyid Jazuli said...

waah ini mah buah yang ada di ruma nenekku...

aru tahu aku...makasih kang

mas acrom said...

buah ini paling aq suka...

darahbiroe said...

wah buah pavoritq nuyy hehhe ternyata banyak manfaatna


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihhh :D

Hendriawanz said...

manggis tu salah satu kesukaan :)

hm..sebenarnya hampir semua buah suka sh.

loopdreamer said...

nice info sob... :)

Abi Sabila said...

terakhir makan manggis kapan ya? dah lama banget! ternyata kulitnya bermanfaat juga ya? ada juga yang kasih tahu kalau isi buah manggis itu jumlahnya sama dengan jumlah lekukan di kelopaknya ( maaf kalau istilahnya salah ), dan ternyata bener juga.

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, aku gak suka manggis

♥ria♥ said...

Buah2an banyak ya manfaatnya

Oh iya richo aku ada award dan tag buat kamu loh hehe

http://riaadria.blogspot.com/2010/02/award-dan-tag.html

phonank said...

Yang bener nih sob..??

manggis bisa mencegah Kanker..??
wew..
baru tau klo buah yang satu ini punya manfaat yang sangat luar dari biasa...

gak sangka,, klo gtu mesti rutin beli mangis nih... buat kewaspadaan dan pencegahan

Lifestyle said...

wah ingat sama ni buah, biasanya dijadikan tebak2an jumlah isi didalamnya waktu SD ya kira2 hehe...

☼►100ABC blog◄☼ said...

Kulit Buah Manggis rasanya pahit ternyata bisa digunakan untuk pengobatan.
Makasih berbaginya

buwel said...

subhanaloh.. thanks mas infonya, selalu dan selalu bermanfaat...

a-chen said...

siiip, i love manggis..

ieyaz said...

hmm..baru tau klo kulit manggis bisa buat obat...??

aku juga suka banget ma manggiz.. :D

penghuni 60 said...

manggis ya?
wah kesukaan aku bgt tuh, tp wkt aku kcl,
eh trnyata udh lama deh gak mkn manggis, dr umur brp ya?
lama bgt deh... :)
byk info penting nih disini, mksh bgt dah mampir...
sering2 yah... oya, tuker link mau gak?

fai_cong said...

Mencoba untuk seperti buah manggis.
Rasanya enak manfaatnya oke.
Lekukan Kulit luar menunjukan berapa jumlah isinya.
Begitu jujur buah manggis ini.
Salam saudaraku...

yusa said...

wah baru tau juga ni mas kl manggis sangat berkhasiat..bisa utk sariawan jg yah & diare..

ceuceusovi said...

saya suka buah manggis...dan baru tahu klo kulitnya bisa digunakan untuk obat.... btw.. ada efek sampingnya ga klo terlalu banyak mengkonsumsinya... ?

nelli_l_yunara said...

Buah manggis sangat enak dimakan..dan ini termasuk buah yang tua..karena utk dapat berbuah harus menunggu lama atau bertahun.. jadi dia adalah tumbuhan tahunan tp berhasiat utk obat baru sekarang aku tau..trims ya sdh sharing.

Salam

Pekanbaru Riau said...

waaah... blognya adem.. bisa betah ni lama2 disni..... nicepost.. salam kompak dari Pekanbaru sobt.. :D

attayaya said...

waah baru tahu aku kalo kulitnya bisa dimanfaatin juga
aku palingan makan isinya ajaa

berita untuk negri said...

mmmmmm,,saya suka sekali manggis,kadang suka buat tebak2an sama adik saya

Ipin said...

Tebak tebbak buah manggis
siapa dia sihitam manis

jadi ingat lama lagunya Rano karno (Jadul)

ternyata banyak manfaatnya juga yah buah mangis

asep canda said...

jadi pingin makan buah manggis hehehheheheheh

vimaulid said...

i like manggis...
tapi dah lama banget ga makan manggis... :(

Ratasoe said...

Wah mantap niy tips dan infox..,kunjungan balik sob..

Sarkodes said...

Sayangnya di tempatku kaga ada buah manggis ni,tapi thanks infonya.

Sigit Purwanto said...

aku jadi kengen dengan buah yang satu ini..di belakang rumah tumbuh pohon manggis, dulu sering bgt menikmati buahnya yang manis..ga tahu sekrang masih ada tau ga pohonnya..lama ga pulang ke kampung halaman..uh kangen bgt

Mamah Aline said...

manggis selain enak ternyata banyak khasiatnya ya

Beranda Jiwa said...

salam kenal mba, makasih infonya ya

pakde sulas said...

hitam manis hitam manis pandang takjemu pandang tak jemu
manggis yang berkulit hitam dengan rasa yang manis dan asam, ternyata juga mempunyai khasiat yang hebat

pakde baru tahu sekarang, bahkan kulitnya juga bisa buat nyembuhin sakit juga., mungkin para peneliti herbal kita harus lebih banyak kasih info buat masyarakat tentang khasiat buah atau tanaman lainnya, sehingga tidak terbuang dengan percuma.
jadi hasil peneliannya harus disosialisasikan bukan hanya hanya disimpan dalanm lemari lab

moga sukses selalu kawan

Syifa Ahira said...

baru tau kalo kulitnya bisa dibikin obat..
kalo isinya sih sering banget dimakan
thanks' infonya ya..

muhammad zakariah said...

wewww. twrnyata buah kesukaanku ada manfaatnya juga.. hehe..

thanks infonnya.. bisa dicoba nih.. salam hangat sobat.. ;)

dwi wahyu arif nugroho said...

thx infonay mas


kunjungan balik ni :D

Ngeposting ni yee said...

buah fAvorit SaYA Ni SoB.,.
RuPAnyA BiSA BuAT MeNGoBATI kANkER JuGA YA.,,.
ThANKS iNFonYa sObat.,.

dedekusn said...

Info baru bagi sy, terima kasih.
Walau masam, manggis emag enak ternyata bermanfaat mencegah kanker juga.

Seputar-Internet said...

manggis oh manggis...

mantaaapp rasanya terasa khasitanya...hehehehehe...

exort said...

wah baru tau gw kl kuliat manggis bs ada manfaatnya juga, gw kirian cuma bikin noda dibaju aja kl kena getahnya, sayang ya buah manggis skrg uda mulai susah didpt

retnet said...

Info yang sangat berguna.
kalo ada info tentang budidaya manggis pasti banyak yang lagi nyari2 tuh...
kunjungan balik bos....

fauzanupz said...

manggis itu sangat menyegarkan,, sehat pula.. jadi pengen nie hhee..
salam kenal yah..

Edwin's Personal Blog said...

Berarti klop ya, sudah enak berkhasiat anti kanker pula.
Salam kenal mas Richo. Blognya sangat cozy dan segar. Topiknya fokus dan foto2nya bagus.

ridwan said...

sekali nyoba kulit, ya manisan kulit jeruk. Huek, ampun deh rasanya

PRof said...

Buah Manggis, jarang ku temui di sini...

Anonymous said...

untuk obat kanker ato tumor, bisa ga kulitnya direbus aja sebagai obat ?

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......