Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

15 Feb 2010

Selada Nikmat dan Bermanfaat

Semua pasti sudah mengenal lalapan yang satu ini, Selada. Rasanya kurang lengkap kalau makan lalapan tapi tidak ada seladanya, selada memang cukup nikmat di jadikan teman menyantap ayam goreng, lele goreng, gado-gado dll. Selada ini ternyata juga mempunyai cukup banyak manfaat bagi tubuh, karena daun selada kaya dengan zat antioksidan seperti betakaroten, falate ,lutein dan indoles, selada ini bisa membantu melindungi tubuh dari
serangan penyakit kanker.
Namun bukan cuma itu masih ada beberapa manfaat lain, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Mengobati Radang Kulit
Caranya : Rebus beberapa daun selada, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bagian kulit yang sakit.
  • Mengobati Wasir
Caranya : Rebus beberapa lembar daun selada sampai rebusannya tinggal setengah dari umlah semula, lalu tempelkan daun selada pada bagian yang sakit. Atau bisa dengan cara yang lain yaitu, setelah selesai di rebus penderita wasir jongkok di atas wadah rebusan selada sehingga uap air rebusan bisa mengenai bagian wasir.
  • Mengobati Muntaber
Caranya : Haluskan beberapa lembar daun selada dan 2 siung bawang putih, namun haluskan secara terpisah dulu. Lalu campur ke 2 nya hingga merata dan panaskan di atas api sedang sebentar. Tunggu hingga cukup dingin lalu tempelkan di pusar penderita muntaber.
  • Mengatasi Insomnia
Daun selada juga dapat membantu mengatasi masalah insomnia, karena di dalam daun selada mengandung lectucarium yang bersifat merangsang tidur. Untuk caranya bisa di makan langsung (saat masih segar) ataupun bisa di jus. 

Sekalian ni mau majang awardnya bro abi sabila, makasih awardnya dan maaf baru di pajang. 

34 comments:

MaRLiF said...

Pertamaxxx

fai_cong said...

Bisa mengobati kanker yg satunya g ni sob?
Kanker= kantong kering.
Hähähàhå....

Abi Sabila said...

makan lalapan, kalau ada dan boleh milih sih masih milih daun kemangi, kata orang-orang seh bisa buat ngilangin bau badan, tapi artikelnya belum pernah baca yang lengkap. di tunggu artikelnya ( atau jangan-jangan sudah ada )?

Matur nuwun, sudah berkenan dg awardnya

semutbengkok said...

waa pnyakit gw tu insomnia... :)
berkunjung siang-siang bro

agung ap said...

hebat jg tuh selada, ta kira biasa aja
heheh...thanks infonya mantap!

Hendriawanz said...

untuk yang wasir mungkin agak sulit bro. mungkin keburu males dulu. tp artikel menarik.

maiank said...

suuukaaa banget...dah...

ooo baru tauuu itu manfaatnya...
thanks richo...

Aulawi Ahmad said...

makasih bro, habis ini harus byk makan selada saingan dgn kelinci he22

7 taman langit said...

salam sejahtera
baru tahu kalo selada bermanfaat
biasanya kalo di hotel dijadiin garnies doank
trims infonya
salam kenal

Ngeposting ni yee said...

tHanks iNfoNya sObat.,
kIraiN seLada hAnay uNtuk sAyUr dOnak,.,
ternya masIh bAnyak mAnfaatnYa.,,

DOCTOR ONLINE said...

i dont like lettucce! but i like ur news bro!

♥ria♥ said...

mmm selada aku suka buat lalapan

jalandakwahbersama said...

Assalamu'alaikum, banyak juga ya.. manfaat selada.. (Dewi Yana)

Seiri Hanako said...

wah ini dia nih sayur favorit gw...

Lifestyle said...

wah pas nh, apalagi lo dibikin salad, dah enak bermanfaat lg...
Lifestyle Inspiration

attayaya said...

waaaa aku suka sekali
plus daun kemangi
makan ma pecel lele

merry go round said...

Wuuaahh ngga nyangka. Sayur buat lalapan ini ternyata banyak manfaatnya juga. Makin cinta sama selada nih ;)

exort said...

wah kl gitu ga mau makan selada banyak2 ah kl pas makan siang, takut nt jd ngantuk
anw selamat ya awardnya

exort said...

wah kl gitu ga mau makan selada banyak2 ah kl pas makan siang, takut nt jd ngantuk
anw selamat ya awardnya

buwel said...

duh sangat bermanfaat ya, sayang buwel kurang suka ama selada ini mas... rasanya aneh menurut lidah buwel...

a-chen said...

selalu mantab ajah neh postingannya... ilmiah sekali... siiip mas.. lanjutkan... :-)

gyant said...

enak buat lalapan...weh weh...kuk jadi ngantuk...tidurrrr aChh zzzZZZ.hahahahaa...

richo said...

@ marliff : lanjutkan bro
@ Faicong : bisa bro caranya jualan selada di pasar hehhehe
@ Abi sabila : insyaallah bro kalo ada infonya anti di posting
@ Semutbengkok : coba aja bro makan, uenak loh....
@ Agung ap : mang hebat bro sayur yang kriwil ini heheh
@ Hendriawanz : wah harus di paksa kalo males tuh hehehe
@ Maiank : aku aja ngefans ma ni sayur..... lazis....
@ Aulawi : weh manusia jangan mau ketinggalan heheh
@ 7 taman langit : aku juga belum lama tau bro heheh
@ Ngeposting : banyak rahasia di dalam sayuran bro
@ Doctor : it's nice bro... so freshly
@ ria : sedappppppp
@ Jalandakwah : sayuran yang hebat dan lezat memang
@ seiri : aku ikut...... aku juga suka bgt
@ Lifestyle : betul banget bro..... maknyus
@ Attaya : wah bikin pengen nih heheh
@ merry : lah pacarnya tar jeles loh kalo cinta ma selada heheh
@ exort : kalo pas makan siang ga makan selada juga bawaane ngantuk bro hehehheh
@ Buwel : wah tu keistimewaane bro bikin lidah aneh juga heheh
@ achen : siap laksanakan grak
@ gyant : wew baru bayangin dah ngantuk..... hebat banget seladanya hehe

Mursalin said...

mm .. emang lezat dan berkhasiat .. wajar orang barat seneng makan salad .. apalagi kalo ditambah mayonaise .. xD

ridwan said...

hmm.. yummi
ada anjuran cara masaknya ndak? supaya tdk merusak fungsi selada itu?

Pejuang Kata said...

wah banyak tip's nyah disinih ..
nice infoh gan ;)

kaka-ra said...

Postingan yang sangat berguna sob..
TFS :)

narti said...

sebelum dimakan, daun selada dicuci besih dulu...hehe...

sda said...

makasih artikelnya ya, sangat bermanfaat.
daun selada juga mudah didapat.

Anggi Zahriyan said...

nice inpo gan.. Kebetulan saya juga suka daun ganja, eh.. maksud saya daun selada. hehehehe...

darahbiroe said...

sangat bagus yaw buad kesehatan tapi gak begitu suka heheheh

Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

orange float said...

wah kebetulan sekali saya doyan banget lalapan selada sambil ditemani pecel lele dan sambel pedes. tetapi kenapa saya baru tahu skrg kalo selada bisa mengatasi insomnia seperti saya.
thx infonya

Oyen said...

Oyen suka selada kalo ada nasi goreng, ayam, telor, bakso, sambel, gratis lage...mmmm...nyummyyy

Toko Online Kalistajaya said...

maknyus klo nasi ada seladanya..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......