Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

22 Feb 2010

Serai Wangi Musuh Para nyamuk

Di musim hujan seperti sekarang ini, populasi nyamuk kemungkinan makin meningkat karena banyaknya genangan air dimana-mana. Tentu saja sangat mengganggu, karena nyamuk adalah salah satu binatang yang bisa membawa penyakit. Kita perlu waspada agar tidak jadi korban si nyamuk ini. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari gangguan nyamuk ini, ada juga beberapa produk di pasaran yang berfungsi untuk menghindari gangguan nyamuk, mulai dari yang model oles sampai model semprot. 


Namun kalau anda suka yang alamiah, ada salah satu jenis tanaman yang bisa berfungsi mengusir nyamuk. Serai Wangi , tanaman obat satu ini selain bisa di gunakan sebagai obat anti septik, obat rematik, kandungan zat sitroneal di dalam serai wangi berdasar penelitian ternyata dapat membunuh nyamuk dengan racun aromanya yang mengakibatkan nyamuk kehilangan cairan secara terus menerus.

Untuk membuatnya pun tidak terlalu susah, cukup blender daun dan batang serai ( 1 Kg ) lalu campurkan dengan 250 ml air. Diamkan selama semalam, lalu saring dan masukkan dalam wadah. Untuk pemakaian encerkan serai yang sudah di blender tadi dengan Aquades yang bisa di beli di apotek-apotek terdekat, lalu semprotkan di area nyamuk berada.

Sekalian mo masang award dari merry go around ,makasih buat awardnya.......

Award ini aku wariskan kepada semua sahabat yang sudi mengunjungi tempatku, monggo di ambil.

40 comments:

Abi Sabila said...

Serai, yups saya juga lebih suka aroma serai pada lotion anti nyamuk dibanding aroma jeruk atau lavender. Tapi untuk membuatnya sendiri sepertinya nda telaten.
Mohon ijin jemput awardnya, insya Allah dipajang

♥ria♥ said...

oh iya tuh bapak dirumah jg suka gtu bikin obat nyamuk dari sere di campur apa gtuh
tp tetep aja ak ga suka baunya hehe

selamat ya awardnya ehhh casing baru ya blognya ^^V

.:diah:. said...

nice info, thanks dah share... mau coba ahh :D

Lifestyle said...

emang ada ya sob serai wangi, kayaknya tetep ga suka deh ama baunya, klo aku pake yg semprot aja deh..

fai_cong said...

wah...
jangan sampai terdengar pabrik obat nyamuk nih sob...
ntar gak laku obat nyamuk...
xixixixi.. :D

nuansa pena said...

Ide bagus, penghematan!

Darin said...

Info bagus, tapi..serai itu apaan ya, haduh maklum ni jarang maen k dapur :D, nti deh ta tanya istri dulu.

bukan detikcom said...

wah info bagus nih....bookmark dulu ah mau kasih tahu istri...

berita untuk negri said...

aku suka serai,,oh,,teryata khasiatnya bisa ngusir nyamuk,,makasih infonya sobat

BIG SUGENG said...

ternyata serai itu banyak manfaatnya ya...
nyamuk saja bisa takut

Awaluddin Jamal said...

tips yang bermanfaat sob..,

bisa dicoba nih.., selain murah.., juga alamiah dan pastinya tidak mengandung bahan kimia.., jadi lebih bagus untuk kesehatan..,

serai yg ini sama tidak dengan serai yg biasa buat masak ???

Lia_Lovaa said...

Iya..memang alangkah lebih baiknya bila kita menggunakan bahan-bahan dari alam, lebih aman pastinya dan tidak khawatir terkena efek dari obat nyamuk yang mengandung bahan-bahan kimia. Thanks for share..mulai sekarang akan aku coba deh..

buwel said...

subhanalloh, serai ternyata bisa untuk mengusir nyamuk juga thoh... thanks neh...

a-chen said...

Wah, murah meriah ya... siip Mas...

Sang Cerpenis bercerita said...

pernah denger ttg hal ini. tks infonya and selamat awardnya.

FaiS said...

Selamat ya atas awardnya, info yang sngat bermanfaat sobat.

Kang Sugeng said...

Aquades itu sejenis air mineral itu ya Cho?

Btw, sangat bermampaat postingannya

Si Gaptek said...

hmhmhm...
Kembali ke budaya tradisional yang sangat bermanfaat.

phonank said...

Selain bunga lavender dan kulit jeruk,, ternyata nyamuk juga tidak suka dengan serai... cara bacanya serai atau sereh..?

wah klo di hum bilangnya sereh tuh,, hehee

bisa-bisa nyamuuk kabur nih,, nice inpoh

Aulawi Ahmad said...

serai nanas, oic serai toh hehehe, tq infona :)

jalandakwahbersama said...

Assalamu'alaikum, info yang bagus, alami, tapi bagi beberapa org yg lbh suka yg praktis, mungkin memilih lotion anti nyamuk. (Dewi Yana)

Cahya said...

Kalau saya menggunakan tanaman liligundi buat mengusir nyamuk :)

wahyu said...

kalau aku pakai kelambu nih sekarang. hehehe

NURA said...

salam sobat
pantas kalau ada sereh,,ngga ada nyamuk,
ternyata sereh musuhnya nyamuk.

arysakty said...

budi daya tanaman serai , wah inspirasi bagus neh untuk coba bercocok tanam serai

readhermind-dy said...

nyamuk, makhluk kecil yang mengganggu..

Muhamad Rosyid Jazuli said...

mantab kang...tapi alhamdulillah ditempatqu g terlalu banyak nyamuk


sip2
oya aku follow sekalian ya..kalau sempat mampir2 kang.....

shanushy0809 said...

wah siip infonya..
tehnologi tepat guna tanpa efek samping

Cerita Tugu said...

wah...inong blum pernah coba pakai serai wangi,cespleng ngga ya?

blogger gembloeng said...

ya kie bos.. eyang sukanya yang alami.. biar buat masukan buat dia ah.. (he..he..he..)

exort said...

kl sereh buat ngusir nyamuk gw uda tau lama
ganti tamplet lagi nih
selamat ya ewodnya :)

Hendriawanz said...

jadi ingat waktu mancing..:)

selamat atas award-nya

anyin said...

udah punya awardnya sih ;p selamat malam sahabat.. ;p

darahbiroe said...

nice inpo n selamat awardna


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

Mamah Aline said...

ternyata selain buat masak , serai bisa buat ngusir nyamuk nakal, thanks ya infonya

Piet Puu said...

wew...
baru tau neh piet ^^
perlu neh nanam serai wangi,
biyar ga ada nyamuk di rumah hehehe :D
salam kenal sob, kunjungan perdana neh ^^

bonk ava said...

thank's for info, beruntung banyak nyamuk galak - galak di rumah gw, gw coba aja ntar tips loe! thank's!

U-marr said...

kbetulan nih d rumh ku banyak nyamuk,,,
langsung di coba aja ya pakai serai wangi..
thnks atas infonya.. :D

Saung Web said...

Wah ternyata serai wangi hebat juga yah,, sumpah baru tahu nih sob

BENY KADIR said...

Kalo serai wangi yg biasa dipake utk bumbu,ada banyak di tempatku,Mas.
Cuma sekarang baru tau,dia juga berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami.
Terimakasih info dan awardnya.
Salam!

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......