Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

28 Feb 2010

Si Bawang Bombay

Bawang bombay mempunyai ukuran lebih besar di banding bawang merah ataupun bawang putih, namun tidak sepedas di banding bawang yang lain kalau di kupas. Trus kenapa namanya bawang bombay, dulu memang bawang ini masuk ke indonesia karena di bawa pedagang-pedagang dari bombay yang sekarang kotanya bernama mumbay. Bawang ini juga ga kalah fungsinya dalam masakan, rasanya yang agak kemanisan juga enak buat bebek kiyunan alias BBQ an.
Namun tentunya yang tak kalah mantapnya adalah manfaatnya buat tubuh, bawang bombay mengandung zat Kromium, dimana kromium ini mempunyai kemampuan untuk mencegah penyakit diabetes melitus. Di dalam bawang bombay juga mempunyai komponen sulfur yang mampu berperan untuk menurunkan glukosa darah. Persinergian komponen sulfur dengan kromium dan vitamin B6 dalam bawang bombay ternyata juga dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah sehingga mampu membantu mencegah serangan Jantung dan stroke.
Tidak berhenti cuma di situ manfaat bawang bombay, dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh University of Berdi swiss, bawang bombay baik untuk memperkuat tulang, Dari penelitian di dapat bahwa dengan mengkonsumsi bawang bombay tiap hari selama 4 minggu, mampu meningkatkan knsentrasi kalsium penguat tulang hingga 17%.

** Buat yang punya informasi lagi,silahkan di tambahin yah biar infonya bisa lebih bermanfaat buat bersama.

57 comments:

septian angga said...

bawang bombay beda gak y sama bwang putih?

fauzan upz said...

fungsinya bagus ya sob,, selain untuk penyedap masakan juga ubtuk kesehatan.. smoga bangsa kita sehat semua ya hhee

nuansa pena said...

Sip ..... sehari kukremus satu!

Aulawi Ahmad said...

iiih tak suke dengan baunye, tapi kalau dah bercampur dengan food saye jadi sukelah hehehehe

jalandakwahbersama said...

Assalamu'alaikum, Subhanallah, ternyata zat Kromium,yg ada di bawang bombay banyak skl manfaatnya.(Dewi Yana)

BaS said...

aduh....bawang ya??? kaburrrr!!

berita untuk negri said...

wah,,jadilebih tau tentang bawang bombai nih..terima kasih sobat

Irawan said...

bombay diambil dari nama kota di india bukan sih? kalau iya berarti sekarang namanya bawang mombay dong... hehehe

sauskecap said...

kalau bawang putih sama bagus buat nurunin kolesterol, kalau bawang bombay iya ga?

Willyo Alsyah P. Isman said...

makasih ya atas komen nya di blog ku...yah..itulah kisah hidup ku sahabat..sekali lagi mksih ya...

dedi said...

masak dulu ahh :D

tomo said...

BAwang bombay sangat bermanfaat sekali

Sigit Purwanto said...

hmm..kalau digoreng aromanya ga nahan..pengen bersin2 hehehe..

penghuni60 said...

busyeeet dah, saya kira balon, eh ternyata bawang...
hehe...

penghuni60 said...

Richo, aku dah pasang link km, tuker link yuk, pasang jg link aku ya...

Darin said...

Mantep punya emang si bombay ini. Sip bro! :D

Lifestyle said...

wah klo ini biasanya cuma dipotong2 terus kasih tepung, digoreng udah jd enak...

Seputar-Internet said...

bawang bombay manttaappp banget... rasanya ngga seperti bawang yg lainnya... ternyata khasiatnya juga banyak yaa... thank's Sobat atas infonya...

Cahya said...

Ingat sama istilah menangis bombay... :)

bintangwina said...

waduh saya ini ndak suka makan bawang. termasuk juga bawang bombay.
temen2 suka bilang nangis bombay artinya apa karena bawang bombay itu bikin pedes mata ya?

makasih sudah berkunjung....

Hendriawanz said...

untuk bawang bombay, maaf dh saya tidak bisa makan. kecuali tidak sengaja. apalagi ukurannya yang segitu..mari silakan yang suka

deni hermawan abe said...

sebenarnya saya tidak begitu suka bawang,,,
ternyta banyak manfaatnya,,,
thanks sob infonya...

AntoK said...

wah iki, bukan bawang bombay sog tapi nenek moyange bawang ki heheh guede banget selayar monitorq owq heheh

Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih
Salam Blogger
:D

yusa said...

bawang bombay itu enak bgt loh mas..hehe apalgi kl adanya pas didalem pizza..

partelon said...

Kunjungan balik, Bro...
Btw, salah satu khasiat bawang adalah... nakutin Drakula, hehehe...

Sang Cerpenis bercerita said...

gak suka bawang bombay nih.

zee said...

Bawang bombay ini fungsiny luar biasa sebagai penyedap makanan. Harganya pun mahal..

☼►100ABC blog◄☼ said...

Banyak masakan yang menggunakan bawang bombay, apalagi resep resep impor.
Ternyata bermanfaat juga buat kesehatan.

Nyubi said...

Kebetulan sob.. Barusan beli diwarung 1 bijinya (0.5 ons) 1000 perak

Muhammad Ridha Tantowi said...
This comment has been removed by the author.
Muhammad Ridha Tantowi said...

Wah, saya seumur hidup belom pernah makan yang namanya bawang bombai.. *ngilerr*
Rasanya gmn ya? Hhe..
Salam kenal mas, kunjungan perdana saya disini..

aan said...

bawang entah itu bawang bombay atau apalah namanya,,bisa membuat air mata kita mengalir deras bila deket2 dengan si bawang,,,hehe

UMS EDUKASI RSBI said...

saya seneng bawang merah mentah apalagi pakek sate..Salam kenal, bisa tuker link,kutunggu balasannya di kunjungan balik ya

Beranda Jiwa said...

wakh lengkap sekali ya bawang mbombay ntuh....

kang tejo said...

ternyata bawang bombay bisa mencegah diabetes ya kang..
terimah kasih sharenya

fai_cong said...

bawang bombai itu seperti apa yah?
gak tau ikz...

mas acrom said...

besar amat yah bawang bombay itu,tapi memang enak sob kalo membuat nasi goreng pake bawang bombay...

HumorBendol said...

Waduh...Bendol ma anti ma yang namanya bawang-2an
hehe....
Hampir semua sayuran, Bendol bermusuhan. Makanya kurus kering...
Pola hidup yang jelek ya bro?
Mantap neh
Makasih bro
sukses ya....

U-marr said...

bawang bombay, banyak manfaatnya, tapi sayang saya gak suka. :(
gimana yah agar bisa suka pada bawang bombay. ?

Ratasoe said...

Wah ga usah repot2 dh cari obt alternatif..,disini aj dh ckup hehe. Kunjungan malam.

Erry Andriyati said...

Kalo masak emang mending pake bawang bombay sih daripada bawang merah....lebih gampang ngupas nya soalnya ....

blogger gembloeng said...

mantap mas... mas bahas tentang idealnya 4 sehat 5 sempurna dong mas.. maksudnya idealnya atau yang berhubungan dengan itu lah mas...

Awaluddin Jamal said...

mantap banget sih artikel-artikelnya.., semua-semuanya kayaknya ada gunanya..,

kalau untuk yang ini sepertinya cocok untuk saya.., soalnya di keluarga saya banyak yang hypertensi..,

febriyanto said...

dimakan biasa enak ga ya? kyk apel gtu.. hha :D

muhammad zakariah said...

oww. ternyata bawang bombay dari kota bombay yg skrng jd mumbay ya.. trus byk khasiatnya jg... hehe.. keren jg nih.. thanks infonnya gan..:D

Ngeposting ni yee said...

rupanya selain sebagai penambah rasa pada makanan bawang bombay juga ada manfaatnya juga ya sObat.,
nice pOst.,,.

fauzan upz said...

sob utuk award anda sudah saya tulis dalam urut 10.

silahkan di lihhat dan awardnya anda teruskan.

karba award itu untuk anda.

semoga bermanfaat

♥ria♥ said...

mmmm bawang bombay dijadikan Onion ring enak tuh *ngebayangin*

Rock said...

Ternyata bawang bombay bisa mencegah penyakit diabetes... baru tau aku...
Makasih infonya sob...

Ladyulia said...

waaaaaaaaaaah
jadi nangis bombay,,,
huhuhuhu

anyin said...

hwaaa gasuka bawang bombaii

dika said...

ne bawang buat dikonsumsi bagus kan sob?hehehe

Didien® said...

saya salah satu penikmat semua jenis bawang, ternyata alhamduillah ternyata ada manfaatnya juga yah...

Caride™ said...

Infonya lengkap bgt kawan..terimakasih sudah kasih info tentang manfaat bawang bombay...

d-Gadget™ said...

nampaknya mulai sekarang saya harus mengkonsumsi bawang bombay...

exort said...

kl kebanyakan makan bawang merah kan bs bikin jd nafas n badan bau, kl makan bawang bombay kebanyakan bikin jd bau jg ga ya?

restry said...

gak suka segala jenis bawang..hehe..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......