Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

21 Mar 2010

Bukan Mengada-ada Singkong Memang Berkhasiat

Singkong mungkin tidak se menarik makanan yang lain, bahkan tak sedikit juga yang males melirik makanan satu ini. Mungkin karena terlanjur melekat imagenya kalo singkong ini makanan yang tidak bergizi dan ga enak. Tapi jangan salah, umbi singkong mengandung nutrisi - nutrisi yang jelas bermanfaat buat tubuh kita. Kandungannya nutrisinya antara lain kalsium, fosfor, protein, lemak, kalori, hidrat arang, zat besi, vitamin B, vitamin C dan alium. 


Bagian yang paling sering di konsumsi selain umbi, yaitu daunnya juga mengandung
beberapa nutrisi seperti hidrat arang, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, zat besi, lemak, fosfor dan kalori. Bahkan kulit batangnyapun mengandung tannin, enzim peroksidase, kalsium oksalat dan glikosida. Kandungan nutrisi - nutrisi tersebut tentunya memberikan manfaat baik buat tubuh. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma seorang pakar tanaman obat, manfaat singkong dalam menjaga kesehatan adalah sebagai antitumor, antioksidan, antikanker dan menambah nafsu makan. Brarti tidak mengada-ada dunk, kalo singkong memang mempunyai manfaat baik buat tubuh kita.


Bahkan daun singkong juga mampu mencegah penyakit aterosklerois atau terjadinya timbunan lemak di pembuluh darah, karena di dalam daun singkong terdapat kandungan cuprofilin yang mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah.


** Ada yang mau nambahin manfaatnya? silahkan di tambahin
** Sumber gambar

38 comments:

Sou Stalker said...

Seneng mkan daun singkong sbg lalapan,maknyus gan !

Ratasoe said...

Bukan mengada ngada memank singkong sebutannya, bukan mengada ngada memang itu adanya..dan bukan mengada ngada singkong murah dan tiada duanya..:-D, salam hangat sobat..

faiza said...

singkong memang lezat..
bisa di kreasikan juga ya..biar menarik..

makasih sobat infonya..

netmild said...

ini si colongan gue sewaktu gue SMP wwkwkw nice info kawand

U-marr said...

saya suka sama singkong, daunnya juga apalagi di tambah ama sambel. wuenak tenan.

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*****Salam Blog! Smangat!*****


Singkong oh singkong..
Saya suka singkong...
Enaknya singkong rebus..
Dimakan saat gerimis..
Aduh bikin maknyis....
Ckckckkckc

Saya juga suka daun singkong..
Mantap abis...

Nice info mas...
-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

Jazz Muhammad said...

eh kang, tapi kayaknya singkong yang di gambar itu singkong yang beracun lhooo

kalau g salah itu singkong karet yang ber-sianida

info menarik kang.

jangan lupa mampir ke tempatku
oya maksih banyak udah follow

Dimas said...

singkong oh singkong...
dibakar , direbus.. maknyoss

akhatam said...

Wah singkok emang bagus !!! tx sob infonya.. salam kenal

Cahya said...

Singkong dengan ketela beda ga ya...?

Darin said...

Saya demen banget sayur daun singkong, mantaaap :D
Kalo singkongnya enakan direbus n dicocolin gula..
Wah banyak juga ya khasiatnya, yoa makan singkong sodara-sodara! :D

Inuel^-^ said...

aku suka singkong, ngga rugi berarti, hahha roti sumbu :D

Sang Cerpenis bercerita said...

singkong enak.digoreng, direbus. dikolak. enaaak

Aulawi Ahmad said...

aku juga suka singkong, ubi,ketela (podo ae lak'an) tq infona :)

mas acrom said...

memang bener bro,sangat berkhasiat hehe

Blogs4Funny said...

mantabs memang enak dan berkhasiat hehe

iLLa said...

sepakat tuh, singkong mah diapain aja enak. paling suka deh kalo nemu makanan enak trus bermanfaat kek gini :D

KucingTengil said...

dulu suka banget makan singkong rebus (singkong ma ubi sama kan>) di rumah nenek. jadi kangen T^T

Beranda Jiwa said...

memang bener saya stuju buanget....
apalagi kalo lagi laper kerasa buanget dech khasiatnya

gak mutu said...

makanan rakyat kaya manfaat ...

exort said...

manfaat lainnya adalah buat sebagai kemilan lezat murah dan mengenyangkan

Rock said...

Aku suka singkong kawand...

anyin said...

aku suka singkong ..kau suka kejuuu

Deka said...

Wah saya gak doyan singkong kecuali keripik singkong mungkin. heheheh

Goresan Tinta said...

wah ini salah satu makanan rakyat indonesia, saya suka singkong..
salam kenal...

merawat dan memperbaiki komputer said...

masakan andalan ibuku kalo hari minggu juga singkong rebus.mantep kawan...

wadah untuk berbagi informasi said...

banyak gizi yang terkandung dari makanan alami.dengan pengolahan tradisional,dapat menambah cita rasa yang lebih mantap..

Meutia Halida Khairani said...

ngga suka sama daun singkong, tapi suka sama singkong goreng ajaaa.. hehe

Digital Book said...

Singkong emang oke
*tuker link dengan blog PR 4, mau?*

♥ria♥ said...

aku suka singkong
makanya kata mama aku ini anak singkong hehehe :p

cucuharis said...

saya tuh paling suka ma singkong
meskipun dah jadi Presiden saya gak akan melupakan singkong :)

a-chen said...

mantab singkongnya, thanks...

a-chen said...

mantab singkongnya, thanks...

buwel said...

makanan favoritku neh... :-)

BENY KADIR said...

Ah,Mas saya hampir tdk percaya dengan banyaknya nutrisi yg terkandung di dalam singkong.
Terus terang,di kampung singkong banyak sekali tapi disepelekan.
Tapi,ketika daerah saya tahun inì gagal panen,maka sìngkong dan ubi-ubian mulai dilirik lho.

aisyah muna said...

suka daun singkong yg dibuat sayur..
suka banget!

Health and fitness said...

aku juga suka singkong mas ....

SRY LESTARY said...

SINGKONG EMANG BANYAK GUNANYA,SELAIN NGENYANGGIN PERUT,WENAC,BANYAK KANDUNGAN VITAMINNYA LOOH
BERAS MAHAL
SINGKONGPUN JADI DIMAKAN
MARI HEY SINGKONG
PERUT YANG KOSONG
JADI KEKENYONGON
HEM......

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......