Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

10 Mar 2010

Dahsyatnya Bunga Matahari

Bunga matahari mempunyai bentuk yang cukup menarik, dengan warna kuning dan bulat lebar mungkin di asumsikan hampir menyerupai matahari sehingga di sebut bunga matahari. Biji bunga matahari cukup nikmat untuk di konsumsi, biasanya di olah menjadi kuaci dan bisa di olah menjadi minyak biji bunga matahari.

Lebih jauh dari itu, bunga matahari mempunyai berbagai kandungan zat yang bisa di manfaatkan untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk bunganya berguna untuk membantu mengatasi penyakit
diantaranya sakit kepala, nyeri haid, radang payudara, sakit setelah melahirkan. Sedangkan bijinyapun mampu memberi manfaat untuk mengatasi disentri, menambah nafsu makan dan merangsang pengeluaran kemerahan(rash) pada campak. 

Tidak cuma bunga dan bijinya saja, daunnyapun mampu mengobati malaria dan hipertensi sedangkan sunsum dari batang bunga matahari mampu mengobati kanker lambung, kanker pshepagus dan juga mengatasi nyeri lambung. Dalam pengobatan tradisional, bunga matahari juga merupakan salah satu komponen yang penting dalam menyembuhkan beberapa penyakit. 
Berikut beberapa resep tradisional pemanfaatan bunga matahari :
  • Mengobati Sakit Kepala
Bagian yang di gunakan adalah bijinya, sangrai biji matahari secukupnya dan kupas. Kemudian giling hingga menjadi bubuk, tambah gula pasir secukupnya lalu ambil sekitar 6 gram bubuk biji matahari dan seduh dengan air panas. selagi hangat minum seduan tersebut. 
  • Mengobati Hernia
Bagian yang di gunakan adalah akarnya, sediakan 30 gram akar bunga matahari, 10 gram biji jeruk dan 1 buah biji mangga kering. Kemudian rebus dengan 600 cc air hingga air tinggal seengahnya. Saring dan minum selagi hangat.
  • Mengobati Nyeri Ulu hati
Bagian yang di gunakan adalah akarnya, sediakan 6 gram akar bunga matahari cuci bersih kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan air panas dan minum selagi hangat.
  • Mengobati Radang Payudara
Bagian yang digunakan adalah bunganya, ambil dasar bunga matahari secukupnya kemudian sangrai dan tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan minyak wijen lalu campur hingga merata dan selanjutknya oleskan pada bagian yang sakit.

Sekalian mau majang award dari Ria, ini award hari jadinya Ria dengan sang Pujaan hati. Selamat yah maaf telat masangnya hehhe




60 comments:

Sou Stalker said...

waduh,saya baru tau nih,kalo bunga matahari banyak manfaatnya. Thx info nya gan. .

Rock said...

Banyak informasi menarik disini. thanks kawand untuk sharingnya...

presy__L said...

jarang banget liat bunga matahari.
keseringan liat versi boongannya.
ga ada yg nanam si.. hehe

penghuni60 said...

bunga matahari emang cakep, trs byk khasiatnya, thanks ya infonya.

dulu aku suka bgt ama kuaci, tp skrg agak berkurang tuh mkn kuaci.

aisyah muna said...

dari dulu saya dan keluarga suka buanget sama bijinya...alias kuaci..
he...sampe ada yg bilang..'keluarga kuaci' hehehehe..
^___^

NanLimo said...

wow.. emg dahsyat tu bro... nicepost... :D

Pekanbaru Riau said...

smua ada manfaatnya.... tergantung kita memberlakukanya... tul ga bro? hehee..

ola said...

eh, gue suka makan kuaci lho
gemes2 gmn gt

fai_cong said...

wah... khasiatnya mantab.
waktu SD suka maem kuwaci ikz...

Cahya said...

Paling enak jadi kwaci :) - bijinya ...

ghostech said...

datang melihat khasiat bunga matahari

Nyubi said...

Kalo udah jadi kuaci apa masih berkhasiat?

Pohonku Sepi Sendiri said...

ternyata banyak ya manfaatnya..
di indonesia cari dimana ya?

Aulawi Ahmad said...

radang payudara kui piye bro?? tambah gede ngono ta hihihihihi, btw tq infona :)

Harry Seenthings said...

bunga matahari memang mempunyai kegunaan yang sangat bagus dan banyak khasiatnya

Caride™ said...

wah..ternyata manfaat bunga matahari cukup menggiurkan...besok keknya mo nanam deh bunganya...
nice info kawan...

tomo said...

Gimana ya rasanya biji bunga matahari ini.aku belum pernah mencoba

Bibi Titi Teliti said...

waaaahhh...
selalu dapet ilmu kalo dateng kesini...
makasih yaaa:)

d.e.q said...

uho .. ternyata, byk juga manfaatnya. gag kebayang deh

Yolizz said...

iya.. baru tau neh kalo bunga matahari bisa dibuat jadi resep tradisional juga.. thanks buat infonya yaahh...

Muhammad Rizal said...

Thx infonya kawand,,ternyata banyak manfaatnya juga yach...tapi sayang,saya tidak pernah melihat bunga matahari secara langsung

catatanrodes said...

terima kasih infonya..
ternyata bunga matahari banyak khasiatnya..

U-marr said...

wah dulu saya punya bunga matahari, tapi sekarang sudah di tiada. kirain gak ada manfaatnya. :(

☼►100ABC blog◄☼ said...

Dari ujung ke ujung, Bunga Matahari ada manfaatnya.
Bener gak ya kalo Bunga Matahari hanya mekar saat Bulan Desember saja, itu yang pernah saya dengar.
Makasih berbaginya, selamat atas awardnya

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
Assalamualaikum,
*******Salam ‘Blog’!!*******
“””Waduhhhhh,,,ternyata banyak sekali manfaatnya...
Baru tahu saya,,,,
Oh ya, tidak lupa. rasanya juga enak banget, itu lho kalao dijadiin kwaci... Tapi based ulasan di atas, kwaci masih ada manfaat buat sakit kepala ga?? Kan dah ga kegiling tuh.....
Betewe mas Rocho,,,tyuk amen ke blog jelek saya..hikssss.
Hahahaha,,,
dan cocok buat hamster”“”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

PRof said...

Bunga matahari, kok jadi inget kwaci ya...??? :D

bintang said...

mas saya jadi ingat dulu ada cowok yang ngerayu kek gini
"cintaku padamu seperti bunga matahari, akan tetap mekar walau jauh dari matahari." uwwwaaaaaaaa



kalo sekarang mah jarang nemu bunga matahari di tempatku. paling juga kwacinya. enak

seo blogger said...

emang ada radang payudara?

mas acrom said...

wah mantab tuh sob bisa dicoba nih...

Awaluddin Jamal said...

wah..,

nanti kalau suka makan kwaci ntar dikira hamster lagi.., :D..., he he..,

anyin said...

ternyata banyak manfaatnya yaa

deadyrizky said...

ngeliat bunga matahari jadi inget ramtaro euy
hehehe

HumorBendol said...

Blog ini keren bro
selalu menyajikan ttg kesehatan.
Thanks bro
Berguna banget

exort said...

kalau mkan kwaci bunga matahi sama ga tuh manfaatnya ama biji bunga matahi?
anw slamet ya atas awardnnya

cyber dreamer said...

suka mam kuaci... apalagi sambil nntn hamtaro (loh?)

Hendriawanz said...

bagaimana dgn kwaci biji bunga matahari?

AISHALIFE-LINE said...

iya,kalau di sini minyak goreng juga terbuat dari biji sunflower bro.Nice post!Selamat ya Awardnya...

Ello Aristhosiyoga said...

Bermamfaat banget nih bunga dari daun, biji ma helai bunganya.

axrom said...

ternayat banyak sekali ya manfaatnya ...

Blogetarian said...

emang dahsyat om

Joddie said...

wow.. baru tahu nih ternyata bunga matahari selain indah juga banyak manfaatnya yah.. nice share.. ^^ hmm.. harus nanem bunga ini nih kayak'e..

♥ria♥ said...

hamsterku suka makan biji bunga matahari :D hehe

makasih awardny dah dipasang

kesehaRian Ra-Kun said...

jadi pengen tanem bunga matahari nih.. :)
makasih infonya

Zaiful Anwar said...

Wow artikelnya sangat informatif dan ternyata bunga matahari banyak manfaatnya ya gan.

Abi Sabila said...

paling nda telaten makan kuaci, kecuali kalau ada yang ikhlas ngupasin sih mau saja. hehehe...

Hari ini kok banyak kesamaannya ya, pas saya singgah di blog Ria, dia lagi pasang award sama seperti award yang saya dapat dari bang Richo ( award baclink ) Maaf, baru bisa saya pasang dan maaf juga agak sedikit menyalahi aturan. dan saat saya singgah di sini, bang Richo juga memajang award dari Ria yang juga saya pajang hari ini. Maha Indah Allah dengan keindahan skenario Nya.

darahbiroe said...

bunga matahari emamng indah sangat apalagi kalau yang besar2 hmmm ngegemsinnn banget cantikkk bangett


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
makasih
:D

antokcupu said...

aku juga punya bunga matahri duulu tapi skrg udah ga musim hehhe

blogwalking

phonank said...

Uwoow... bahkan bunga matahari pun nilai gizinya,,

aaahh phonank sangat suka kuaci, wah...

soewoeng said...

ternyata dibalik kecantikanya banyak manfaatnya rupanya

emmy said...

selain bermanfaat untuk kesehatan.. teh aroma bunga matahari enak loh! teh krisan, biasa diminum di negri panda :) pernah nyobain disini? :)

attayaya said...

wah aku suka makan kwaci bunga matahari
ennaaaakkk..........

g. siahaya said...

Saya sangat suka bunnga matahari, simbol harapan :)

Keren banget artikelnya!

BENY KADIR said...

Tanaman ini ternyata banyak manfaanya.
Sewaktu kecil,saya suka makan bijinya.
Sayangnya,saat ini bunga matahari sudah punah di daerah saya.
Perlu dibudidayakan lagi,rupanya.

ndop said...

sudah jarang ya bunga matahari sekarang ini...

vaya said...

Heyy sawwy baru kunjungan balik..

sun flower alwas been my favourite flower..

termasuk kwaci nya :D

Ambar said...

halo richo maap ya baru bisa berkunjung balik.. ternyata bunga matahari selain cantik tapi berkhasiat ya..

Saung Web said...

Tuhan menciptakan segala sesuatu itu pasti ada manfaatnya ya sobb.. ohya apa bedanya matahari dengan bulan.. mau tahu ?? baca aja dipostinganku sob..

Elsa said...

waaaaaaaaaaaaaah kalo ini aku suka banget!!!

sudah indah
warnanya juga kuning...
eeh kok kandungannya hebat bener!!!!

sip sip...

NyieL ^_^ said...

Ternyata banyak manfaatnya juga yah!

Biji bunga Matahari paling enak kalo dibikin buat kuacii...((:

rido said...

makasih ya gan untuk infonya

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......