Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

16 Mar 2010

Jamur Kuping Kenyal Dan

Jamur kuping pastinya udah pada kenal yah, salah satu jenis jamur ini memang bentuknya menyerupai daun telinga jadinya di sebut jamur kuping. Jamur kuping sendiri terdiri dari 2 macam. yaitu jamur kuping hitam ( Auricularia polytricha ) dan jamur kuping merah ( Auricularia Auriculajudae) . Seperti jamur pada umumnya, jamur kuping tumbuh menempel pada kayu yang basah dan berada di lingkungan yang lembab. Namun sekarang sudah sangat banyak di budidayakan dalam satu media khusus, jadi tidak lagi tumbuh dengan menempel pada batang kayu.

Rasa dari jamur kuping lumayan unik, dengan ciri khas dari kekenyalannya membuat sensasi rasa tersendiri. Namun bukan cuma rasa saja yang nikmat tentunya, kandungan dalam jamur pun cukup menyehatkan. Jamur kuping mempunyai kandungan karbohidrat, phospor, kalsium dan zat besi yang pastinya sangat berguna untuk tubuh kita. Berbagai penelitian memang telah menyebutkan bahwa jamur kuping memang cukup berperan baik dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.
Berikut beberapa manfaatnya :
  • Melancarkan Peredaran Darah
Menurut penelitian Dr Dale Hammmerschmidt dari Minnesota Medical School, menemukan bahwa jika jamur kuping di konsumsi secara rutin akan bermanfaat melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  •  Menurunkan Kolesterol
Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping ternyata mampu menetralkan kolesterol dalam tubuh, selain itu juga mampu menetralkan senyawa berbahaya yang terdapat dalam makanan.
  • Mengurangi Panas Dalam
Kandungan senyawa dalam jamur kuping ternyata juga bermanfaat mampu mengurangi panas dalam.

** Buat yang mau nambahin manfaatnya, monggo silahkan biar infonya bisa berguna. Tangkiyu
* ( Sumber Gambar )

47 comments:

cyber dreamer said...

jarang mam jamur, kecuali pas buat sup.. ^^

attayaya said...

wooow utk memperlancar peredaran darah ya?
enaknya dicammpur dalam sop atau timlo

Sou Stalker said...

seumur umur lum pernah mkan jamur gan,ngeliatnya ja udah geli. .
Hahahahaha. .

Didien® said...

sayang sekali saya ga begitu suka makanan dari jamur..mungkin rasanya mirip² bakso ya...?


salam, ^_^

Caride™ said...

berarti jamur yg ga bisa di makan jamur kulit badan yah hehehe..*kidding*
ternyata manfaatnya cukup bagus..nice info..thx

Pohonku Sepi Sendiri said...

banyak juga ternyata manfaatnya ya sob..
sayangnya aku nggak begitu suka jamur.. hehe.. belum mungkin ya..

exort said...

kl ga pinter2 masak jamur....rasa bisa kacau, tp kl jago masaknya, rasa jamur ini eunak loh

Ratasoe said...

Kunjungan rutin sobat, ane cuman bsa terima masakx aj..:-P

Darin said...

waduh, jamuurr!!
iya betul, paling enakan juga di sop sodara-sodara! :D

netmild said...

gua belon pernah nyoba ginian tapi boleh juga nich buat jaga kesehatan

Inuel^-^ said...

dibuat cap jay juga mak nyuz, hihihi, setauku sih buat itu doank, nambah lageee ilmunya :D

Jazz Muhammad said...

kang Richo, belika dunk saya hehe

antar ke jakarta ya...

sip2, info menarik kang.

Aulawi Ahmad said...

jamur enak apalagi dibuat martabak :) asal jgn jamuren heheheeh

nagagembel said...

Saya juga sukak..
Habis enak sih..
Salam kenal.. (Newbi nh, bolehkah qt bertukar link?)

lelaki aneh said...

Manfaat yg lain adalah:

Bikin soup jamur dan makan dengan nasi

Manfaatnya BIKIN KENYANG!!!!!!!



Coba deh!

bintang said...

ini salah satu makanan fav nih. harganya cukup mahal kalo masuk pasaraya. tapi saya kadang nyari aja di batang pohon teh. kalo lagi berkunjung di rumah kakak saya. :)

Sang Cerpenis bercerita said...

aku gak gitu suka jamur tapi kalo makan mie ayam enak juga sih pake jamur.

mas acrom said...

buat sayur enak gak bro..

Dunia Download said...

aku sih gak suka dengan jamur sob..
tapi banyak juga ya manfaatnya..

PRof said...

jamur kuping rasan'e kenyal2 gimanaaa gitu....

a-chen said...

thanks neh jamur kupingnya... eunyak.. :-)

buwel said...

wow, nice sharing... sip!

anyin said...

saya suka kripik jamurrr hehe

merawat dan memperbaiki komputer said...

waktu di kos dulu,makanan faforit kami oseng jamur.termasuk menu andalan..

makasih kawan,artikel yang menarik..

info dalam kubus said...

selalu dapat informasi menarik diblog ini.kali ini tentang jamur kuping,mantep sahabat...

Tyas said...

Jamur makanan kesukaanku.

Cahya said...

Saya tidak begitu paham apalagi ahli dalam memilih jamur yang sehat/aman untuk dikonsumsi, jadi saya lebih sering menghindari memasak jamur sendiri.

Btw, urutan komentarnya nomor satu semua ya? ::D

♥ria♥ said...

wah kebetulan aku suka jamur :D
ternyata byk ya manfaatnya
klo jamur kuping gajah gimana ??? hehehe :p

Mamat said...

Gmna sie rasa'y jmur,, aq lum pernh mkan..

Kang Sugeng said...

xixixi... saya blm prnh makan jamur kuping...

nurul said...

wah.. jamur???
aku jarang makan jamur..
palingan jamur kriuk duank...

ghostech said...

makasih sobat uda datang berkunjung di blog saya
hari ini baru sempat hadir berhubung cuti dan liburan panjang

saya suka jamur yamy ... nyam...nyam ...

fai_cong said...

saya suka jamur.
klu di eseng-eseng enak e

ola said...

jamur jamur
gue suka lo jamur :D

catatan kecilku said...

Ternyata banyak juga ya manfaatnya.
Makasih infonya

the others... said...

Jadi pengen makan jamur kuping hehehe

aisyah muna said...

hahay..jamur..suka banget!
hehehe...^____^
dulu, jaman saya kecil, suka nyari jamur deket rumah..di bekas buangan ampas pabrik gula...hmmm nyummy..

d-gadget said...

biasanya cuma makan jamur kuping selanjutnya ga ngerti apa2 ttg jamur kuping hehehehe...

fauzan upz said...

sob terimakasih info jamurnya.. ngomong-ngomong ganti temp ya? bagus nieh.. jadi lebih sejuk sob hehe

Meutia Halida Khairani said...

saya paling sukaaaa sama jamurrr.... enak di tumis, di crispy, yummy...

Beranda Jiwa said...

aku seneng dengan jamur, soalnya banyak sekali fungsi dan kesehatannya juga tinggi ya

MATA HATI said...

waaah manfaatnya banyak juga ya... thx sob

Dimas said...

enaknnya jamur, makannya kenyal2...

☼►100ABC blog◄☼ said...

Jamur ternyata banyak manfaatnya, saya kira jamur hanya ditakuti seperti jamur kulit... hiks.
Maaf baru bisa berkunjung lagi

Awaluddin Jamal said...

akhirnya bisa BW lagi..,

wah kali ini jamur yah.., saya belum pernah sekalipun makan jamur *sumpah*.., soalnya di daerah saya jarang yang bikin makanan pake jamur., tapi kalau khasiat seperti ini layak buat dicoba..,

sugeng said...

jadi ingat masa kecil pas liburan di rumah mbah ku di sekitar lereng gunung kelud. sering mencari jamur kuping di kebun kopi yang lembab. btw, apakah ada perbedaan rasa jamur kuping yang asli tumbuh di habitat nya dengan yang hasil budi daya ??
salam hanagt serta jabat erat selalu dari tabanan

Elsa said...

jamur ini emang enak. kenyal... kadang kriuk kriuk...

tak kusangka, punya kandungan gizi dan manfaat yang besaaaar

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......