Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

24 Mar 2010

Kayu Putih dan Kebolehannya

Tiap mendengar kayu putih pasti ingatan kita langsung tertuju pada minyak kayu putih, tidak salah karena memang daun kayu putih sangat berkhasiat bila di buat atau di suling menjadi minyak. Berdasar penelitian, minyak kayu putih mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita diantaranya bisa menjadi pereda nyeri, pembunuh kuman, pereda nyeri perut dan peluruh dahak.Minyak kayu putih bisa memberikan rasa hangat buat tubuh, biasanya anak kecil di baluri minyak kayu putih biar hangat dan mencegah masuk angin.

Untuk membuat minyak kayu putih sendiripun tidak susah
, cukup dengan merebus 10-20 lembar daun kayu putih dengan segelas air. Lalu ambil air embun yang di hasilkan dari rebusan.
 Berikut beberapa kebolehan dari tanaman kayu putih yang bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari :
  • Sebagai Obat Luka
Daun kayu putih dapat di gunakan untuk mengatasi luka akibat sengatan atau gigitan serangga, caranya lumatkan beberapa lembar daun kayu putih dan tempelkan ke bagian yang sakit. Atau bisa juga dengan merebus daun kayu putih dengan air secukupnya, lalu airnya di gunakan untuk mencuci bagian luka. Namun jangan di gunakan untuk mencuci luka yang sudah lama untuk mencegah terjadinya infeksi.
  • Mengobati Batuk Rejan
Caranya parut 2 rimpang kencur ukuran sedang, kemudiann peras dan di ambil airnya .Lalu campur dengan air secukupnya dan tambah beberapa tetes minyak kayu putih. Minum setiap pagi dan malam menjelang tidur.
  •  Pereda Nyeri
Caranya cukup mengoleskan minyak kayu putih bagian tubuh yang nyeri dan di beri pijatan lembut untuk membantu menghilangkan rasa nyeri
  • Mengusir Nyamuk
Tanaman kayu putih mempunyai aroma yang bisa membuat nyamuk tidak mau mendekat. Dengan menanamnya di pelataran rumah mampu membantu mengusir nyamuk agar tidak masuk ke rumah. Atau bisa juga dengan mengoleskan daun kayu putih yang sudah di tumbuk ke kulit kita.


** Ada yang mau nambahin.... monggo....

41 comments:

Ratasoe said...

Bisa jg bwt obt kutu air sob ;-), semangat..

catatan kecilku said...

Eh ternyata pohon kayu putih ada bunganya to..?

inge / cyber dreamer said...

nggak pernah nyoba yg nambahin minyak kayu putih, g suka model2 jamu gt >.<

tp kalo permen kayu putih suka.. ^^

have a nice day :)

the others... said...

Aku selalu sedia kayu putih di rumah. Sangat berguna.

secangkir teh dan sekerat roti said...

uhm, saya brantaas masuk angin dengan miyak kayu putih :)

Sou Stalker said...

wah,minyak kayu putih standby tuw di kotak obat,memang mantap khasiatnya. .
thanks infonya gan !

netmild.com said...

nah ni dia buat ngusir nyamuk hmmm naymuk tempat gue minta ampun

Rock said...

Banyak juga ya manfaat dari kayu putih...

Vicky Laurentina said...

Saya memakai minyak kayu putih untuk menghilangkan bentol-bentol bekas digigit nyamuk.

Vicky Laurentina said...
This comment has been removed by the author.
Sang Cerpenis bercerita said...

suka dengan wanginya.

a-chen said...

thanks kayu putihnya... baunya saya suka... :-)

buwel said...

Subhanalloh.... thanks...

fai_cong said...

banyak banget manfaat dari kayu putih ternyata.
makasih sob.

Inuel^-^ said...

aku baru tau, kalo daunnya kayu putih kayak gtu hehe, tauku ya yang udah di botol :D,

♥ria♥ said...

aku biasa kalo mual2 nyium minyak kayu putih enakk ^___^

ridwan said...

kayu putih.. cap apa nih :D

Alrezamittariq said...

dulu di kampungku masih banyak nih kayunya...tp skrg dah pada ditebang...hiks...

Delia said...

dulu dibelakang rumah ada pohon ini...skrg gak tau apa kabar... :D
tapi dasar males... lebih suka beli dari pada buat sendiri...

thanks ya infonya..

Aulawi Ahmad said...

gosok pake minyak putih cap """"" biar Hangaaat :)

Aishi Lely said...

syukur deh klo banyak manfaatnya.. hbisnya aku suka sekali ma minyak telon hehehe

d-Gadget™ said...

kalo denger kata kayu putih bayangan saya pada minyak kayu putih hehehe..
tp memang luar biasa kebolehannya..
thx infonya bro

bintang said...

waktu tinggal di malaysia hampir semua penduduk asli gak suka bau nya kayu putih padahal menurut orang indo bau minyak kayu putih hmmmmm semeriwing....

Budi Mulyono said...

Kayu putih emang banyak manfaatnya... kalo saya masih nbuat hiasan aja tanamnnya... hehehe......

Bibi Titi Teliti said...

oooo...bikin nya pake air embu segala toh?

tapiiii repot ah Richo...
mendinga beli di warung aja deh..hihihi.

emmy said...

sukanya dioles2 di perut biar hangat, dan di tangan-kaki biar ga digigit nyamuk..
tapi sbenernya lebih suka bau minyak telon daripada kayuputih.. hehe

Dimas said...

wah paling ga suka baunya nih sob, biasa pakai balsem aja...

BENY KADIR said...

Yg saya pake cuma sebagai obat gosok dan pengusir nyamuk.
Manfaat lainnya,baru tau ni.
Mantap,Mas.

mas acrom said...

buat masuk angin tokcer bro.

blogs4funny said...

Bener anget ya.

Goresan Tinta said...

seumur2 saya belumpernah liat pohon kayu putih sahabat, padahal manfaat dan produknya sering kali di pakai..

iLLa said...

suka pake minyak ini juga kalo lagi sakit perut, ato lagi kedinginan, hangatnya enak..
etapi baru tauk kalo bisa buad ngusir nyamuk juga :D

gak mutu said...

selama ini tahunya yang sudah jadi atau yang sudah dikemas yaitu minyak kayu putih ....

Popcorn's Teen said...

Kayu putih so usefull

Batz said...

kayu putih memang banyak manfaatnya..aq suka aroma minyak kayu putih..he he

ola said...

eh,batuk rejan itu yg gimana sih ?
;PP

attayaya said...

bener
aku sering pake buat ngusir nyamuk

exort said...

aroma kayu putih selalu ngebuat gw keinget ama bayi2 montok yg baru mandi :)

fai said...

exort gue juga suka pake minyak kayu putih, tapi sayang gue suah tiak montok lagi seperti dulu

ravimalekinth said...

kayu putih itu benar-benar kayu yang berwarna putih ya? :P Tapi kalo di foto, daunnya yang berwarna putih :P

ulfa said...

Kalau diminum aman gak?
Aku suka minum nya,
Hehe, gimana?

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......