Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

18 Mar 2010

Yang Terpendam Dalam Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang sering di gunakan sebagai bumbu makanan, kunyit juga merupakan pewarna makanan alami. Kunyit akan memberikan warna kuning dalam makanan, salah satu makanan yang cukup terkenal dengan menggunakan kunyit adalah kare. Memang kunyit ini memberikan rasa yang cukup nikmat dan tentunya bunbu alami tidak membawa dampak buruk dalam tubuh.

Malahan kunyit ini mempunyai manfaat yang cukup besar untuk tubuh kita, kunyit terbukti mampu memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer alias pikun. Kepikunan pada umumnya menyerang para kaum manula, namun banyak juga sekarang ini yang masih muda juga mengalami gejala mudah lupa, seperti efek dari penyakit kepikunan ini. Sebuah penelitian dari Dr. Tze Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura mengungkapkan bahwa para manula yang rajin mengkonsumsi kunyit (dalam penelitian berbentuk bumbu kare) mempunyai daya ingat yang lebih kuat dari pada yang tidak mengkonsumsi.
 
Masih ada lagi manfaat yang terpendam dalam kunyit, kandungan kurkumin dalam kunyit mempunyai peran dalam membantu mengobati beberapa jenis penyakit. Kurkumin dapat berfungsi sebagai anti virus, anti radang, anti mikroba, dan anti oksidan. Kurkumin juga mampu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, sehigga mampu menangkal penyakit agar tidak menyerang tubuh kita. Masih belum puas si kunyit ini memberikan manfaat buat tubuh kita, kunyit juga bermanfaat mengatasi rematik, encok mengobati diabetes melitus serta mencegah kanker usus. Kunyit dapat di konsumsi dalam bentuk bumbu ataupun jamu alami dengan di parut dan di minum airnya.

** Buat yang mau nambahin manfaatnya silahkan di tambahin yak, biar ada manfaatnya info ini.
* Sumber gambar

48 comments:

Sou Stalker said...

thanks bro info nya,mama saya tuh yang tau tentang ginian. .
hehehe. .

Jazz Muhammad said...

walah2, ada yang tersebunyi dari si kunyit ini ya

mantab, kayaknya harus ada gerakan kembali ke alam nih, dengan minum2 dan makanan herbal....

okeh2

Cahya said...

Pokoknya segala tentang curcuma..., rada-rada mirip dah :)

Ratasoe said...

Ok sob, infox cz aq dh pernah nyoba..bwt ort and memang topcer tanaman kunyit dari segi khasiat dan manfaatx..

Darin said...

iya, kunyit/curcuma yg saya tau ya buat nambah napsu makan..bukan naps yg laen hehe :)
nice info!

♥ria♥ said...

buat bikin nasi kuning yah kunyit hihihi
ternyata byk manfaatnya ya

netmild said...

mantaf paling enak jamu kunyit ya..natural emang mantaf

ducky said...

wah kare ya..aku suka.. jadi klo rajin bisa terhindar penyakit2 itu yah...

thanks sharenya sob,

fanda dan fanny said...

katanya mencegah keputihan juga ya

Sang Cerpenis bercerita said...

saya pernah juga minum kunyit. walau gak enak tapi utk kesehatan sih, apa boleh buat

Caride™ said...

woww..ga disangka ternyata kunyit manfaatnya luar biasa..
padahal pas lagi makan sesuatu yg ada kunyitnya di makan aja kali yah hehehe..
nice info brotherrrrr

iLLa said...

kalo ibuku make kunyit cuman buwat bikin ikan masak asem dowang, dicampurin kunyit dikit :D

lelaki aneh said...

Ambil kunyit segar, iris tipis tiga lembar ajah, masukkan dalam air hangat digelas beri satu sendok madu asli, minum 3 x sehari. U obatin tifus.
Sumber : mak' gue. Dah dicoba oleh g sendiri.

d-Gadget™ said...

dulu pernah makan kunyit biar maggnya sembuh...

Alrezamittariq said...

wah....harus sering makan kunyit nih....soalnya dah agak pikun juga nih...hehehe

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Wah banyak sekali manfaatnya....
kalau gitu kalau masak harus dikasih kunyit yang banyak ya...
Patut dicoba buat para usia mendekat tua biar ga cepet lupa...
Juga buat pelajar
hahahahahahhahhahahha
Ngakak mode ON
^___^
Nice ulasan mas richoo

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

Ghostech said...

tapi saya geli makan kunyit ...

Aulawi Ahmad said...

kunyit bagus juga tuk kulit, tq dah berbagi :)

PRof said...

Aku juga dah mulai pikun neh....

ata-andie said...

tapi saya aneh dengan rasa kunyit kecuali jamu kunyit itupun dicampur hehee.

Beranda Jiwa said...

wakh memang bener manfaatnya, soalnya saya punyacerita juga dengan kunyit dan wortel kalo kita rajin setiap seminggu sekali akan membuat mata kita sehat juga loh, aku dari sd kls 3 sampe skr masih melakukan ritual tersebut

BENY KADIR said...

Terimakasih,info manfaat kunyit.
Biar makin menyukai kunyit agar tidak pikun sebelum waktunya,lho.

harto said...

satu lagi yang dapat saya tambahkan dari beberapa buku yang pernah saya baca. kunyit ternyata juga bisa membunuh sel kanker.
trims atas ilmunya sangat bermanfaat, sukses selalu n tetap semangat

penghuni60 said...

kunyit y?
seingat aku wkt aku msh kcl, ibu prnah ngasih deh...
rasanya y gitu, gak enak sih... tp emg byk manfaatnya.

U-marr said...

klo dalam makanan, kunyit ini selalu saya buang. soalnya gak suka, walaupun saya tau kunyit itu banyak manfaatnya.

anyin said...

kunyit mampu melunturkan racun dlm tubuh

fai_cong said...

dibelakang rumah ada kunyitnya.
hehe...
makasih infonya sob.

pakde sulas said...

biasanya kalau si kecil sakit sariawan atau radang dikasih sarinya kunyit dan madu maka akan cepat sembuh

secangkir teh dan sekerat roti said...

wah saya gak ada tanduran kunyit.. :)

bintang said...

ibuku selalu bikin jamu dari bahan induk kunyit, asam jawa dan gula merah buat ngobatin adikku yang kena hepatitis

kharis sulistiyono said...

sayang sekali, di pekarangan rumahku sudah tidk ada tanaman kunyit

iiN said...

niceeeeee info.. :)

a-chen said...

sip memang kunyit, katanya lebih mantab dari ginseng korea lho...

buwel said...

ehm, kalo buat bumbu keknya kunyit tuk masak apa ya....hehehe

Deka said...

Sepertinya saya gak bisa menambahkan, karena saya sendiri kurang begitu tahu. hehehe

Epenkah said...

Satu tambahan lagi mas, ternyata kunyit bisa memperkaya content blog ini dan akhirnya dibaca juga oleh banyak orang hehehe :-D tul gak?!

kezedot said...

jadi ingat sama jamu yg sering aku minum
terus jadi ingat sama massa dimana aku pernah d cekokin sama kunyit oleh nyokap ...heheh
salamd alam kehangatannya aku

delia said...

saya juga suka banget minum kunyit asem.. segar...heheheh

makasih infonya
salam kenal

sugeng said...

aku juga paling senang minum jamu kunir asem, eh ada lagi loh manfaat kunir (kunyit). ini setelah aku tany tetanggaku yang jualan jamu. katanya bisa untu nambah uang. caranya kunir dibuat jamu terus dijual ato kunir dipake bumbu nasi kuning terus dijual ato juga menanam kunir terus panen di jual juga :D
salam hanagt serta jabat erat selalu dari tabanan

gak mutu said...

selama ini taunya kunyit ya memang untuk masak dan jamu ....

tapi selama ini untuk jamu gak tau untuk jamu/nyembuhin apa ....

dan ternyata jawabannya ada disini ....

makasih infonya ....

Rock said...

Makasih infonya kawand...

muhammad zakariah said...

wah. banyak amat yah manfaatnya...
thanks infonya sobat.. :D

Mamah Aline said...

ternyata selain obat juga bisa sebagai anti oksidan... gak rugi mengkonsumsi kunyit ya...

Dimas said...

aduh bentuknya itu, jadi mikir kemana2...

Popcorn's Teen said...

Kunyit hebat ya. Kecil tapi punya byk mamfaat.

ravimalekinth said...

kunyit dipakai dalam apa ya? Maklum saya bukan tukang masak :P

ola said...

ohh
ternyata pikun itu ada obatnya
muadh dijumpai lagi obatnya :D

Elsa said...

aku suka kunyit!!!!
karena warnanya!!!!


hehehehehee

ternyata, manfaatnya banyak ya
jadi makin cinta sama KUNYIT

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......