Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

15 Mar 2010

Kecambah Jangan Cuma di Lihat Bentuknya Yang Kecil

Kecambah atau sering di kenal dengan tauge ataupun kalo orang jawa menyebut tokolan, memang bentuknya ga seberapa alias kecil tapi.... jangan salah, manfaatnya buat tubuh tak sekecil bentuknya. Kecambah yang bisa di konsumsi ada berbagai macam, baik kecambah kacang tanah, kedelai, kacang hijau dll. Namun apapun jenisnya kecambah tetap mempunyai kandungan senyawa fitokimiawi yang tentunya berkhasiat untuk tubuh. Bahkan kandungan protein dalam kecambah lebih tinggi di banding protein biji aslinya (biji asal kecambah) karena saat proses pembentukan kecambah, terjadi pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan sumber pembentukan protein.

Kecambah mempunyai kandungan vitamin E yang cukup tinggi, vitamin E ini bermanfaat membantu meremajakan kulit, menyuburkan rambut, menghilangkan flek hitam pada wajah dan juga bisa melangsingkan tubuh. Selain itu vitamin E ini juga mampu meningkatkan kesuburan organ reproduksi, bagi wanita yang rajin mengkonsumsi akan membantu mencegah terkena kanker payudara, pramenopause maupun gangguan menjelang menstruasi.
Masih ada lagi manfaat si kecil ini, diantaranya :
  • Mencegah Serangan Jantung
Kandungan saponin dalam kecambah mampu menghancurkan lemak jahat LDL dalam darah, dimana kadar LDL yang tinggi dalam darah merupakan penyebab timbulnya serangan jantung dan stroke. 
  • Mencegah Terjadinya Kanker
Kecambah mempunyai kandungan serat dan air yang cukup banyak, hal ini dapat membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar. Sehingga tidak ada lagi kotoran yang menumpuk, karena menumpuknya kotoran dalam tubuh akan merangsang munculnya sel kanker.

  • Menguatkan Tulang
Kandungan estrogen alami dalam kecambah ternyata mampu bermanfaat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah terjadinya keropos pada tulang. Sehingga tulangpun akan semakin kuat.

** Buat yang tau manfaat lainnya , silahkan di tambahin biar tambah bermanfaat. Tangkiyu

*( sumber gambar )

35 comments:

Sou Stalker said...

Bro,katanya kalo banyak makan toge,isa impoten ? bener gak ?

richo said...

weh setauku malah menyuburkan tauge itu bro

darahbiroe said...

wah saya juga suka nuy camba apalagi toge hmmm mangtabbb

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
makasihhh
:D

antok said...

saya juga doyan banget ma kecamba ini

blogwalking

Ratasoe said...

Mantap sob, niy mbah kecambx manyuz..;-)

richo said...

@ ratasoe : bro blogmu ga bisa di koment, verifikasi wordnya di ilangin aja..... aku coment berulang kali g bs nih ... yap

beranda jiwa said...

wakh memang bener buanget mas, kalo kecambah itu banyak manfaatnya. dulu aku juga disuruh sering makan ini untuk meningkatkan kesuburan loh

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Weleh-weleh...manfaatnya capcuss beud ya mas...
Saya paling suka kalau dijadikan campuran rujak tuh...Hehehehe...dicampur sambal pasti mantap banget....Huahaha
BTW, kayknya nama lain kecambah di jawa tengah itu TAOGE.
Hehehe,,,
^___^

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

♥ria♥ said...

kecambah jg bisa buat kesuburan ya katanya
enaknya di tumis tauge
atau toge goreng mmmmm nikmat

mas acrom said...

kalo diurap sama tempe enak tuh sob..

PRof said...

Sampai rumah langsung borong kecambah...:D

Rock said...

Banyak juga ya manfaatnya...

a-chen said...

wah, seneng neh mbaca postingan ini, saya penggemar tauge lho... disambel pedas dan tahu di gejrot dimakan pake nasi panas, sungguh nikmatnya... :-)

buwel said...

thanks neh, jadi tambah cinta kecambah...
subhanalloh...

Angin said...

hi very interesting article thank you rico

exort said...

plus bagus buat kesuburan tuh

Cahya said...

Lumayan alternatif antioksidan yang murah meriah...

alimasadi said...

wadoh... taoge.. kecil kecil hebat ya...

Darin said...

toge? wah ini mah my fave food :D
ternyata khasiatnya edun euy!

anyin said...

saya suka makan kecambah

penghuni60 said...

toge paling enak dicampur ama bakso..hmmm...nikmat

fai_cong said...

wah...
banyak juga manfaatnya yah..
makasih infonya sob. :D

Aulawi Ahmad said...

taoge emang bermanfa'at bro :)

bintang said...

taoge nih masaknya mudah. gak perlu mateng banget biar kerasa manis aslinya.
enak

netmild said...

kecambah keren juga ya biar kayak ulet bentuknya manfaatnya luarbiasa

besok mamah suruh sayur ginian ah

d.e.q said...

tokoferol .. bagian terbaik untuk perempuan .setuju ga?

U-marr said...

selain itu mas, katanya toge juga bisa menambah sperma pria. apa benar???

Dimas said...

waduh klo yg ini aku ga suka nih...
tp banyak juga ternyata manfaatnya...

Kang Sugeng said...

wow... banyak juga ya ternyata manfaat dari kecambah itu

septian angga said...

wah ternyata kecil2 gitu banyak manfaatnya ya
thanks sob :)

Ngeposting ni yee said...

toge ya sOb??
untung saya suka dengan yang satu ini.
oya sOb dengar2 katanya toge juga dapat memperbanyak ****ma lhO sOb..
wkwkwkkwk..

pakde sulas said...

paling nyaho kalau kecambah buat lalapan sambel terasi yang pedas denga nasi kebul kebul , aduh nikmatnyaaaaaa

Elsa said...

kecambah kecil kecil gini, kalo di jawa timur... sebagai pelengkap rawon!

dimakan mentah mentah... mantab!!!

ternyata proteinya tinggi? wah baru tau tuh...

fanda dan fanny said...

dimakan sama soto ayam, enaaak

adi fenders said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......