Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

25 Mar 2010

Srikaya Emang Kaya

Srikaya atau dalam bahasa latinnya Annona squamosa, tak kalah nikmat di banding buah - buahan lainnya. Buah yang masih satu keluarga dengan buah sirsak ini mempunyai rasa yang manis dan menggoda lidah tentunya kalau sudah matang. Bentuknya pun cukup unik, hampir mirip kayak sarang lebah yang menggantung. Kenapa yak di kasih nama srikaya, apa memang buah ini kaya manfat? Ternyata memang iya, coba deh di simak.

Buahnya tentu memberikan kenikmatan tersendiri saat di makan, dalam buah srikaya terkandung asam amino, gula buah dan mucilago. Sementara bijinya bermanfaat memacu enzim pencernaan, abortivum dan pembunuh serangga. Daun dari buah srikaya berkhasiat sebagai anti radang, peluruh cacing usus serta mempercepat pemasakan bisul. Dan akar pohonnya bisa berkhasiat sebagai anti depresi.

Berikut pemanfaatan dari buah srikaya :
  • Mengatasi gangguan Pencernaan
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, haluskan daun srikaya segar yang sudah di cuci bersih lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya dan di tempelkan pada perut beberapa saat.
  • Mengobati Diare
Bagian yang di gunakan adalah kulit batang, cuci kulit batang sebanyak 6-10 g lalu di potong kecil - kecil dan rebus dengan 4 gelas air di tambah gula merah secukupnya. Rebus hingga air tinggal setengahnya. Dinginkan dan minum 2x sehari masing - masing 1 gelas.
  • Mengobati Cacingan Pada Anak
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, cuci 15 lembar daun segar, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal sekitar 3 gelas. Saring dan minum 3x sehari masing - masing 1 gelas setelah dingin.
  • Mengobati Bisul
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, haluskan daun segar secukupnya dan tambahkan sedikit garam. Lalu tempelkan di bisul dan balut, ganti 2-3x dalam sehari.
  • Mengobati Kudis
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, cuci 15 lembar daun segar dan haluskan. Campur dengan air yang udah di kasi kapur sirih sebanyak 1 sendok teh, lalu gunakan untuk menggosok kulit yang terkena kudis 2x sehari.
 
** Ada yang mau nambahin....? ga usah malu, biar lebih berguna infone otre
** Sumber gambar


51 comments:

fai_cong said...

wow...
srikaya... udah lama gak maem srikaya.
manfaatnya banyak juga ya.
met pagi sob

Jazz Muhammad said...

waduh bisa obati bisul...?

kang kalau obat buat jerawat apa yah....? kayaknya itu penting deh hehe

maklum jerawatan

sip kang informasinya
tapi sayang aku ngga punya pohonnya

huhuhuu...

Sou Stalker said...

jiaaaahh. .gagal jadi pertamaxx . .

thanks ya bro info nya,,gak tau,saya uda perna apa belum mkan srikaya --a

hellgalicious said...

waaah buah kesukaan gue waktu kecil
hahahaha

dah lama ga makan buah ini

Ratasoe said...

Trnyata bgitu bnyak manfaatx ya sob, ;-)..ane taux cman bwt minuman aj..ok sob info. Thanks yo semangat..

nietha said...

good information, banyak ya manfaatnya. tapi sejak tinggal di aceh aku udah jarang nemuin buah ini lo.

pakde sulas said...

srikaya adalah buah favorit pakde sewaktu masih kecil , sayang sekali sekarang ditempat pakde hampir sanagt sulit untuk memperoleh buah itu

Darin said...

selain manis, khasiatnya oke juga ya ^_^

ninneta said...

Guys,

Support The Earth Hour, by turning off all the electricity for an hour on Saturday, March 27'th 2010, 8.30 pm.

Dukung The Earth Hour, dengan mematikan semua lampu dan listrik selama 1 jam, pada hari Sabtu, 27 Maret 2010 mulai dari jam 20.30 malam.

This is the least we can do....


Love the Earth...

Ninneta

catatan kecilku said...

Nah.., kalau srikaya yg suka banget tuh suamiku hehehe

the others... said...

Sekali lagi info yg sehat aku dapatkan disini. Thanks..

inge / cyber dreamer said...

dibuat es enak tuch ^^

have a nice day richo ^^

trisnok said...

wah baru tau nih namanya Srikaya..dari dulu penasaran sama nama buah yang satu ini...udah pernah makan sih...rasanya enak juga :D

thanks buat infonya n salam kenal

Aulawi Ahmad said...

dirumahku banyak bro, sinio nek mau hehehe

Mamah Aline said...

udah lama banget gak makan buah srikaya, daging buahnya manis dn ternyata bisa jadi anti depresan

Rock said...

Aku suka srikaya sob... Banyak juga ya manfaatnya...

Delia said...

Wahhh sorry kalo nggak tau.. tapi baru kali ini dengar ada buah srikaya...:(.... soalnya setahuku srikaya itu selai buat roti yg dibuat dr kelapa dan pandan...

Makasih ya infonya

Delia said...

Wahhh sorry kalo nggak tau.. tapi baru kali ini dengar ada buah srikaya...:(.... soalnya setahuku srikaya itu selai buat roti yg dibuat dr kelapa dan pandan...

Makasih ya infonya

Seputar-Internet said...

banyak manfaatnya juga nih... selain manfaat di atas, srikaya juga ampuh untuk mengobati rasa lapar..hehehehe

Sapril said...

Jarang makan srikaya *Seingatku ga pernah si..* abis liat kulitnya yang aneh gitu... salam kenal :)

buwel said...

thanks mas srikayanya, dulu waktu kecil sering makan neh... sekarang enggak...

a-chen said...

wah bisa tuk ngobatin bisulan juga thoh srikaya... thanks neh tips2nya.... bener2 kaya... :)

AdityaBlogsphere2 said...

Nih buah yang seger n manis....aq sering makan sampe kebanyakan....asyik juga deh waktu nyemburin bijinya hehe.....emang lezat n nikmat kok

kikakirana said...

baru tau ternyata srikaya banyak juga manfaatnya ya,,
kirain cuma buah yang manis rasanya aja,,, ternyata emang bener" kaya...

HIDUP!!! ^_^

ndop said...

di pasar sedang murah tuh srikaya...

beberapa hari yang lalu sempet nyicipi beberapa buah.. hmm. manis...

alief said...

ta selaion enak juga kaya manfaat ya....

pelintas batas said...

jadi nyesel nie diriku kurang suka ama yang namanya srikaya.....

bonk ava said...

dirumahku ada pohon srikaya, tapi di bali namanya silik! pohonya cepet banget berbuah, tapi buahnya gak lansung matang pada pohonya, kita harus petik terlebih dahulu, dan biarkan dengan sendirinya buah itu matang, tergantung besar kecil ukuran buahnya, kalo ukuran buahnya besar matangnya akan cepet bisa sehari.

aku seneng banget punya buah silik di rumah , soalnya banyak ada yang nyolong buah silik yang besar - besar !

KucingTengil said...

nyaaaaaaa.... mia sukam banget am srikaya^^

Mayyadah Or Maya said...

ada lagi tuh manfaatnya, enak dimakan dan lezat^^

Popcorn's Teen said...

Srikaya bermamfaat banget!

d.e.q said...

waw, daunnya bisa dibuat hiasan loh. kalo sempet, posting ttg itu. thx infonya, tapi sekarang ga berbuah

Ello Aristhosiyoga said...

Berguna banget srikaya. Rasanya pengen nanem di sampin rumah.

Dimas said...

srikaya emang paling to, dah manis banyak manfaatnya lagi...

merawat dan memperbaiki komputer said...

buah yang dari kecil menjadi favorit..

berbagi wacana said...

dulu pernah punya pohon srikaya,tp karena lama gak berbuah terus ditebang..
info yang menarik sahabat..

♥ria♥ said...

dirumahku ada pohon srikaya
kalo buah banyak
tp aku belum pernah makan sama sekali :p

deadyrizky said...

hueeekkk
srikaya ndak enak ah
mending dimakan yang dalam bentuk kapsul ajah
huehehe

agoenk70 said...

wuahh srikaya saya suka banget,, ternyata kaya manfaat juga yah,,
salan kenal kunjungan pertama neh

iLLa said...

wahh baru tauk kalo bisa buad cacingan, tau getu dulu waktu masi kecil minta dibuatin jus srikaya aja, gausah minum combantr*n, hihih.. enak lagi palagi kalo di jus, mmm...

penghuni60 said...

srikaya tuh masih ada hub family y ama sirsak, abis dari bentuk trs aromanya hampir sama?

bedanya kalo sirsak agak masam.

Kang Sugeng said...

satu lagi Sob, srikaya itu buah favorit aku, hahaha...

Harry Seenthing said...

memang bener sekali kelebihan dari buah yang satu ini, kalo di ntt namanya "air nona"

kharis sulistiyono said...

aku suka makan sirkaya sob... dihalaman belakang rumahku ada poho sirkaya.

kharis sulistiyono said...

aku suka makan sirkaya sob... dihalaman belakang rumahku ada poho sirkaya.

mas acrom said...

memang kaya ya bro ,haha..

blogs4funny said...

memang enak tuh buah hehehe

exort said...

gw tau nama srikaya uda dari kecil n itu juga gw taunya srikaya itu sejenis kue tradisional padang n selai aja, br 5 thn yang lalu gw tau buah srikaya waktu gw ke solo hehehehe

ravimalekinth said...

somehow, Sirsak mirip Srikaya. Ternyata, saya salah sangka :P

http://d4yu.blogdetik.com/2010/02/08/sirsak-vs-sirkaya

rodin sapa? said...

saya kira cuma bisa jadi selai.. :)

Herdoni Wahyono said...

Info yang menarik tentang buah Srikaya. Disamping buahnya enak ternyata berkhasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan, sakit diare, cacingan dan kudis. Kebetulan sekali di depan rumah kami tumbuh dua batang pohon Srikaya yang telah berbuah. Multifungsi jadinya sebagai tanaman buah sekaligus tanaman obat. Kami sangat menyukainya. Trims sharingnya.

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......