Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

2 Mar 2010

Wow Rambutan......

Rambutan baru musimnya sekarang, lagi banyak-banyaknya jadi harganya sudah relatif murah. Mau makan sepuasnya ga perlu takut kantong berkurang drastis :), rambutan merupakan salah satu buah yang unik karena dia tidak gundul namanya juga rambutan, ga cuma bentuknya yang tampil beda tapi kandungan gizi di dalamnya juga ga bisa di anggap enteng.

Rambutan mengandung beberapa zat yang di perlukan dalam tubuh, seperti karbohidrat, protein, fosfor, kalsium dan juga vitamin C. Malahan kandungan vitamin C nya lebih tinggi dari jeruk manis, dalam berat yang sama yaitu 100 g pada rambutan mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 58 mg sedangkan jeruk manis cuma 49 mg. Kadar serat alaminya pun cukup tinggi sehingga memperlancar pencernaan dan sangat cocok juga buat yang hobby diet.

Namun bukan rambutan namanya kalo cuma buahnya saja yang sehat, bijinya pun juga ok. Dalam biji rambutan juga mempunyai kandungan karbohidrat, lemak, protein dan polifenol yang cukup tinggi. Kandungan polifenol ini bemanfaat untuk membatu menurunkan kadar gula darah. Sehingga baik sebagai obat penderita diabetes. Masih ada lagi daun dan kulit kayu buah rambutan pun bisa bermanfaat juga, daunnya bisa membantu menghilangkan uban sedang kulit kayunya bisa membatu menyembuhkan sariawan. Berikut cara pemakaiannya :
  • Mengobati Diabetes
Untuk mengobati diabetes, gunakan 5 buah biji rambutan yang sudah masak, cuci bersih lalu potong kecil2 dan goreng sangrai sampai kuning kehitaman. Lalu blender hingga halus, seduh bubuk biji rambutan yang sudah di blender dengan air panas secukupnya. Saring dan minum airnya 1-3 kali sehari
  • Menghilangkan uban
Untuk menhiangkan uban gunakan daun pohon rambutan, caranya tumbuk halus daun rambutan secukupnya lalu tambahkan sedikit air dan aduk rata. Kemudian peras campuran tersebut dan saring, gunakan air saringan untuk membasahi rambut. Lakukan tiap hari untuk hasil yang maksimal.
  • Mengobati Sariawan
Bagian yang di gunakan adalah kulit kayu pohon rambutan, ambil kulit phon rambutan selebar 3 ruas jari. Cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan air rebusan untuk berkumur selagi airnya masih hangat.
 

58 comments:

aryadevi said...

mmm.menghilangkan uban ya...kalau menghilangkan ketombe?

♥ria♥ said...

menghilangkan uban bisa buat obat awet muda dunk ya hehehe

Dimas said...

mngobati sariawan juga ternya, bukannya jd perih tu sariawan gara2 kena rambutan..

Noor's blog (inside of me ) said...

Kulit kayu rambutan bisa jadi obat sariawan, masak sih..!? baru tahu nih..
Ada satu lagi nih..kayu rambutan yang sudah kering cocok buat kayu bakar enyak masak didapur..he..he

mocca_chi said...

rambutan, sehat di perut dan sehat dikantong wkwkkwkw

U-marr said...

wah, ternyata rambutan itu banyak manfaatnya.
untung saya nanem di rumah jadi gak usah beli deh. :D

Rock said...

Ternyata banyak juga ya manfaat dari rambutan...
Makasih untuk sharingnya sobat...

blogger gembloeng said...

wah kalau yang satu ini ku suka mas... bagi2 buahnya juga mas.. jangan hanya gambar ma manfaatnya.. he..he..

Muhammad Rizal said...

Ciptaan tuhan memang semuanya bermanfaat...
Nice post..

Abi Sabila said...

sepertinya saya butuh untuk point nomer 2, secara uban saya sudah mulai terobsesi untuk melakukan demonstrasi. heheheheh...matur suwun informasinya

readhermind-dy said...

rambutan enak..
:D

buwel said...

subhanalloh, bisa untuk mengobati sariawan yak... makasih neh...

a-chen said...

weiks, selain menyegarkan dan murah banyak khasiatnya toh si RAMBUTAN ini... eSSip sob... :-)

Aulawi Ahmad said...

rambutan manis dari sumatera...
tak ada duanya...
gadis manis berkepang dua...
tapi sayang sudah janda...
hahahahha

kenyo said...

wah rambutan saya suka...

bonk ava said...

thank's bro awrdnya yang cuantik! h ehy eheheheh

fanny said...

enak rambutan kalengan. hehehe

fanny said...

enak rambutan kalengan. hehehe

Cahya said...

Kemarin pas bener musim rambutan, di kost saya ada beberapa pohon rambutan. Tiap hari kerjaannya berburu rambutan dan pesta rambutan (mumpung gratis).

Eh..., sampai-sampai sekali dua kali, perut melilit karena kebanyakan rambutan. Aih..., tapi ga kapok juga :D

{OOT} Apa tidak ada rencana mengganti sistem komentar dengan menggunakan DISQUS atau sejenisnya?

Ghostech said...

jadi pengen mam rambutan bro ...

phiy said...

wuah ada manfaatnya juga ya ternyata :)

anyway, kalo liat rambutan aku selalu inget adikku yang cowo'. Dia takut banget sama rambutan, padahal udah smp. Agak aneh ya, hihihi :D

budimulyono said...

Wah baru tau nie... Boleh dicoba nie infonya... Supaya rambut lembat bisa juga gak ya... Ma ketombe no...

Salam hangat dari Balikpapan.

Dimas said...

richo tukeran link nyok, linknya sudah ku pasang, cekidot..

attayaya said...

ntar..
aku mo manjat poon rambutan dulu ya

attayaya said...

ntar..
aku mo manjat poon rambutan dulu ya

attayaya said...

ntar..
aku mo manjat poon rambutan dulu ya

berita untuk negri said...

aku kalau makan rambutan yang terlalu manis bisa batuk,,jadi aku sukannya yang asem,,tapi ga terlalu asem,,enak seger

Irawan said...

Makan rambutan jangan terlalu banyak... temen pernah yang radang usus gara-gara kebanyakan makan... (ga tau hoax ga, dia sih bilangnya begono...)

Nyubi said...

Di daerah saya belum musimnya

Hendriawanz said...

pertanyaan sama dengan aryadevi..

tomo said...

Banyak juga kandungan khasiatnya ya

UMS EDUKASI RSBI said...

aku suka rambutan lho..

aan said...

rambutan yah? saya suka itu,,tapi kulit dan bijinya sy tidak suka

exort said...

rambut gw beruban nih, daunnya yg dipake harus daun yg seger ya? susah dptinnya kl yg seger nih

sauskecap said...

disini kok belum nongol ya... masih ngetrend duku

Bibi Titi Teliti said...

wahhh...
serius bisa ngilangin uban?????

JOLA76 said...

wah hebat juga rambutan, mulai dari pohon, daun, biji dan buahnya bermanfaat

Buku Ishihara said...

Makan rambutan jadi batuk, salah di mananya yak :)

HumorBendol said...

Bendol tertarik ma daunnya yang bisa ngilangin uban. Beneran neh bro?

anyin said...

jadi pengen makan rambutan...

rizal said...

gw paling demen dengan rambutan, ternyata selain rasanya yang lezat juga banyak manfaat buat kesehatan...

thank

wahyu said...

dulu waktu saya sma. buah rambutan pendek2, bisa saya ambil pake tangan dengan lompat2 dikit kalau lagi musimnya. wah pengen lagi nih makan rambutan :)

BilikTehan said...

Wah blognya keren nih, penuh info. Salam kenal!

Popcorn's Teen said...

Wah, ternyata rambutan punya banyak khasiat & mamfaat.

Jadi pengin makan rambutan.

Beranda Jiwa said...

wakh ternyata rambutan berguna juga buat kesehatan yah...makasih informasinya

Joddie said...

hoho.. dari kecil saya suka rambutan!

ravimalekinth said...

huuu...di tempat saya ngga ada rambutan. Jadi kangen deh

fauzan upz said...

saya baru tahu kalo biji rambutan itu bisa dijadikan obat,, wah bagus nieh.. tapi pengolahannya gimana ya?

Willyo Alsyah P. Isman said...

aku jadi ingat kampung halmn ku ..

blobog do follow said...

pas banget,rambutane tetanggaku siap panen...

haha,maksih infonya bos...

AISHALIFE-LINE said...

wow,banyak manfaatnya ya...postingan yang menarik.
Bikin ngiler lagi...kayaknya manis banget!

Rock said...

Selamat pagi sobat...

Batz said...

beneran nih bisa menghilangkan uban ? bagus juga ya ternyata rambutan..

☼►100ABC blog◄☼ said...

Apalagi sekarang lagi musim rambutan... saya bisa jadi muda lagi dong dengan keramas perasan daun rambutan.. hihiihi

ian said...

buah kesukaan saia ini ^^

yusa said...

memang disini jg lg musim rambutan mas, kl lg musim biasanya beli 1 iket..hehe..

attayaya said...

rambutan ko ancak bana
jiahahaha...

HumorBendol said...

Pas banget bro.
Hari ini pas lagi sariawan neh...

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......