Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

12 Mar 2010

PETAI Bau Sih Tapi....

Tanaman yang satu ini sangat terkenal dengan baunya yang ga sedap, memang ga salah Petai menimbulkan bau ga sedap bila di konsumsi, khususnya saat buang air. Beuh aroma terapi jadinya :), namun petai di dunia kuliner indonesia cukup mempunyai peranan penting untuk menambah kelezatan masakan. Meskipun baunya yang ga sedap, tak sedikit pula orang yang suka mengkonsumsi petai, walaupun ada yang malu-malu karena image si petai ini.

Namun di balik aromanya yang ga sedap, banyak juga ternyata manfaat dari petai ini. Selain menambah rasa nikmat dari masakan, sebagai lalapan masih ada beberapa manfaat lagi yang bisa kita dapat dari si bau ini. Berikut beberapa manfaatnya :
  • Menambah Kemampuan Otak
Dalam petai terdapat kandungan zat yang bernama kalium, dimana kalium ini bermanfaat baik bagi kemampuan kerja otak.
  • Mencegah Depresi
Petai mempunyai kandungan tryptophan dimana trytophan ini merupakan protein yang di ubah oleh tubuh menjadi serotonin. Seperti kita tahu serotonin mampu memperbaiki mood dan membuat kita menjadi lebih rileks.
  • Mengatasi Anemia
Petai juga mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, zat besi ini mampu membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.
  • Mengatasi PMS (Pre Menstruation Syndrome)
Beberapa wanita mungkin mengalami kondisi ini, kandungan vitamin B6 dalam petai mampu mengurangi kadar gula dalam darah dan mampu memperbaiki mood.
  • Mengobati Luka Lambung
Teksturnya yang lembut dan halus dapat di gunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan, petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dalam lambung.

** Ini cuma beberapa saja dari manfaat dari Petai, Buat yang punya informasi lagi,silahkan di tambahin yak biar infonya bisa lebih bermanfaat buat bersama. Tangkiyu

65 comments:

Sou Stalker said...

waah,saya suka tuh petai ,apalagi kalau dicampur sayur santan / mie rebus , mantap !
mengenai khasiatnya,saya baru tau ini,nice post gan !

ra-kun cinta negeri sendiri said...

ternyata baunya sepadan dengan manfaatnay :p

ra-kun cinta negeri sendiri said...

ternyata baunya sepadan dengan manfaatnay :p

Ali Mas'adi said...

hah.. pete... no..no..no and no..

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
“””Wah selalu seperti ini,,,semua ulasan mas pasti ada manfaat buat otak,,,
betewe manfaatnya itu maksimal saat apa???Biasanya manfaat berkurang ketika salah pengolahan bukan???”“”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

Aulawi Ahmad said...

hidup petai hahaha, sayang aku gak suka petai :)

Aishi Lely said...

waaaaa.. aku suka petai tapi digoreng dulu.. mengurangi bau.. hihi ternyata manfaatnya bnyak... g nyangka.. ^^

ninneta said...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

maiank said...

haa iya ya..penting juga ya ternyata...tapi aku kalo ama baunya jadi mual *kalo petai yang gag dimasak*
dulu enggak sekarang jadi lebai...gag tau tuh kenapa...

Ghostech said...

wah...
ternyata punya khasiat juga ya
tapi sayang saya tidak berani makan petai ataupun jenggol :(

fai_cong said...

Wah...
Ternyata manfaatnya banyak jg yah

♥ria♥ said...

ga suka pete selain bikin bau paittt >,< hehehe

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...ternyata manfaatnya banyak juga ya, tapi bang Pendi doyan banget pete tetep aje oon tuh ! he..he

Cahya said...

Saya pilih yang lain saja deh, kalau tidak terpaksa, masih bisa lirik-lirik alternatif yang lain :)

Rock said...

Petai... makanan yang paling aku benci... ga tau kenapa setiap bau petai kepalaku kayak mau pecah...

Darin said...

Naaaah ini dia my favorite cemilan :D
petai paling enak dimakan mentah dicocol sambel terasi bo ^_^
asik banget buat lalapan, nasinya panas lagi..huh hah huh hah

Abi Sabila said...

pete? terima kasih, saya minta ditukar dengan ayam goreng saja. hehehehe..

Nyubi said...

Never eat that

PRof said...

Liat orang makan pete selalu ngiler, tapi pas nyobain gak bisa ketelen....:D

03agoenk said...

kunjungan pertama n sam kenal.....

Blogetarian said...

Untuk menghilangkan bau petai setelah memakannya adalah dengan mengkonsumsi jengkol. Dijamin bau petainya hilang!

penghuni60 said...

waduh ,petai ya? nggak deh...
suer bkn karena baunya aku gak suka.
tp emg gak suka aja, meskipun manfaatnya byk ya?

Aditya's Blogsphere said...

tapi lezzzzaaattttt bgt klo di buat lalapan hehe....hem nyumy........

AISHALIFE-LINE said...

wow,ternyata banyak manfaat juga ya?Subhanallah....

anyin said...

saya sih belum pernah makan.. ehehhee

nurul said...

hi..
blog wallking...
huuah.. petei bs mengurangi PMS ??
kudu makan petei dunk saya..:-)

Kang Sugeng said...

wuaaaah... ternyata banyak juga ya manfaat dari petai itu.

exort said...

gw suka banget makan sambel yang ada petenya, bikin rasa sambel itu jd lebih nikmat tp petenya sendiri ga gw makan :)

mas acrom said...

kalo begitu perlu banyak konsumsi pete nih mas,biar cepat pintar...:D

acroem said...

enak nya buat lalab bro..

Aspirasiputih said...

Abis baca postingan ini, nanti pagi mw pesen petai ma tkng sayur hehe

attayaya said...

abis makan petai
aku langsung jadi bersemangat
mo ngembat jengkol
buat ngilangin bau petai

Dennis said...

mank oke sob gue ni... ijin nimba ilmu y sob...

good luck

Dimas said...

khasiatnya ga masalah yg penting rasanya maknyoss klo jadi pete goreng...

pakde sulas said...

walaupu baunya tak sedap tapi pakde sangat suka dengan petai ini, kalau pakde masih kecil dulu suka yang namanya sama petai cina ( lamtoro=jawa), jika ada info tolong dong diposting PETAI CINA, boleh kan?

Ngeposting ni yee said...

kHasiatnya bAnyak jUga ya sOb.,.,
tApi saya kUrang sUka dangan petai sOb.,.,

presyprezl said...

haduh.. walaupun banyak manfaatnya, tapi makasi deh kalo saya disuruh makan pete. ga nahan baunyaa..

Butik Online said...

ternyata ada banyak manfaatnya yah..
yasudlah berarti mulai mengkonsumsi petai ahh..
tp jangan kebanyakan biar ga dibilang bau mulut.. hahhaa

Gamer_GPM said...

weleh2...si bau tak sedap ini ternyata punya banyak khasiat. terutama yang buat otak yg disebutkan di atas. tapi susah sekali meyakinkan teman2 saya kalo petai itu enak...hehe

d-Gadget™ said...

walopun aroma petai sangat bau ketika di makan, nampaknya byk juga manfatnya yah..

Didien® said...

dulu saya suka sekali sama petai, tp harus di bakar ato di goreng dulu agar ga terlalu bau...tp sekarang sudah jarang gara² sering sakit kepala habis makan petai..


salam, ^_^

Dunia Download said...

petai..
saya gak suka dengan ini kawan, abisnya bau..
salam kenal ya ..

Elsa said...

aku gak suka petai.
rasanya aneh
baunya aneh

vany said...

saia jg suka makan petai lowh..
tapi, saia br tau kalo petai jg bisa memperbaiki mood pas lg PMS...hehehe

Inuel^-^ said...

aku suka peteeeee, selain enak, banyak juga manfaatnya

Aditya's Blogsphere said...

mampir lagi blogwalking sobat

panji said...

Salam hangat sob, lma ga kment niy cz blog aq yg dl kena spam..jd aq hapus aj and buat yg bru...jalan2 ke rumah bru ku ya..thanks b4..

bonk ava said...

aku suka petai, terutama wanginya , kalau dijadikan sayur muantap bro! apalagi kalo kuahnya pedes!!! tanya aja pak bondan hiks hiks hiks!

Blog Keluarga Budi Mulyono dan Henny Faridah said...

gak bisa makan petai... jadi gak masuk pikiran buat makan.

Blog Keluarga Budi Mulyono dan Henny Faridah said...

gak bisa makan petai... jadi gak masuk pikiran buat makan.

aviorclef said...

Kunjungan malam sob......
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
Assalamualaikum,
*******Salam ‘Blog’!!*******
“”””“”
-_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

berita untuk negri said...

kalao yang ini saya suka,,apalagi pake sambel goreng,ikan asin,,sama sayur asem,,muantap cuy

bintang said...

gak suka petai mas...
gak kuat ma baunya..

PRof said...

Malem mingguan mampir ngeronda di sini...:D

fauzan upz said...

saya kira pete itu hanya sekedar lalapan saja ternyata khasiatnya bagus ya.. tapi sayang bikin bau yang tak sedep si ya

secangkir teh dan sekerat roti said...

saya belum pernah ngerasain pete sepertinya :)

HumorBendol said...

Waduh...bermanfaat banget ya bro?
Tapi...hiii....bendol gak suka bro
Mending yang laen aja deh....

U-marr said...

walaupun banyak manfaatnya, tapi saya tidak suka nih, selain tidak enak baunya itu loh. :D

ravimalekinth said...

bau pete itu seperti apa ya? saya udah lupa hahaha :P

ocheholic said...

i do love petai! hahahaha,,

enak kok ;)

Brian said...

petai dicampur udang dan diberi bumbu sambal woh maknyus dan seger

Brian said...

salam takzim selalu

Farhan Hariri said...

Manteb makan pete...bikin daya ingat makin nambah....bneraaannn loh...

emmy said...

wadowwww kok banyak manfaatnya.. padahal aku ga suka bangetttt makan pete!! haiyaa...

Golf guy said...

thank you

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......