Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

28 Mar 2010

Rahasia Warna Pada Buah dan Sayuran

Baik buah dan sayuran pasti mempunyai warna masing - masing, warna tersebut muncul karena adanya beberapa kadungan zat yang terkandung dalam buah dan sayuran. Zat - zat yang terkandung tentunya bermanfaat buat tubuh kita. Apa saja rahasia warna pada buah dan sayuran, dan apa pula manfaatnya buat tubuh kita ? berikut sedikit penjelasannya :
  • Warna Hijau
Warna hijau pada buah di bentuk karena adanya asam alegat, dimana asam alegat ini mampu melawan bibit sel kanker jenis apapun dan juga mampu menormalkan tekanan darah karena adanya kandungan kalium. Sementara pada sayuran berwarna hijau merupakan
sumber vitamin, mineral, isothiocyanate, sulforaphane dan indole, dimana zat - zat tersebut mampu merangsang produksi enzim di liver yang mampu melawan kanker.
  • Warna Kuning
Warna kuning pada buah dan sayuran muncul karena adanya zat kalium, dimana kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Sayuran dan buah berwarna kuning juga mampu membantu meningkatkan energi dan memusatkan konsentrasi.
  • Warna Merah
Warna merah muncul karena adanya zat likopen dan antosianin, dimana likopen mampu menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental. Sedangkan antosianin mampu membantu mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Selain itu buah dan sayur berwarna merah juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membangkitkan semangat.
  • Warna Jingga
Warna jingga pada buah dan sayur menandakan adanya kandungan betakarotin, dimana betakarotin mampu menghambat proses penuaan sel dalam tubuh. Betakarotin  juga membantu meremajakan kembali sel - sel dalam tubuh yang sudah terlanjur tua.


** Mau nambahin di persilahkan......
** Sumber gambar

51 comments:

wawan said...

thanks infonya kak!!

bermanfaat banget!

fai_cong said...

Jadi ngidam nih..
Hahaha..
Pagi sob..

irul said...

makasih infonya sob..

kbtulan saya suka bgt makn buah..

Sou Stalker said...

waah,saya baru tau nih,betul-betul bermanfaat. Thanks udah berbagi ya gan.

inge / cyber dreamer said...

kalo pink ada g? Hehe... ^^

met berhari minggu ^^

Ratasoe said...

Ternyata warna pada buah bukan sekedar hiasan, tp melambngkan manfaat pd buah tsb ;-), ok sob..trims ya

exort said...

kol warnanya putih....ga ada manfaatnya dong ehhehe

catatan kecilku said...

Jadi kalau aku pengen makin sukses utk konsentrasi, aku kudu banyak makan buah yg berwarna kuning ya..?
Thanks infonya...

faiza said...

suka sayuuraan...

makasih infonya..

faiza said...

suka sayuuraan...

makasih infonya..

Rock said...

Makasih infonya kawand... Baru tau nich...

a-chen said...

nggak mo nambahin rich... aku baru tahu... heheheheh

buwel said...

eSSip! info2nya... mantab! makasih...

aktifis sandal jepit said...

makin seger aja ni blognya...
kalo sayur mayur adalah kebutuhan wajib saya setiap malam,menjelang blogwalking buat seger2...

attayaya said...

taunya merah kuning jingga tu mengandung antioksidan

UMS EDUKASI RSBI said...

Mantaps infonya. Mksh ya..

Aulawi Ahmad said...

tq infonya bro, ternyata warna besar pengaruhnya ya :)

Aulawi Ahmad said...

tq infonya bro, ternyata warna besar pengaruhnya ya :)

Abdul Malyk said...

intinya sayuran itu baik untuk tubuh..
hehe..
thx infonya mas..

bintang said...

haadooooohhh sayangnya itu buah cuma gambar. akan lebih enak kalo bener-bener ada
hehhhe *ngareeppp*
pantesan buah memiliki warna yang berbeda, ternyata tiap warna juga berbeda manfaatnya yah

gak mutu said...

merah kuning hijau jingga di buah2an yang segar ... jadi sangat menggoda hati .....

Delia said...

Jadi ingat pelajaran biologi dulu...

nice info :)

Call me Batz said...

aq suka yang berwarna merah dan kuning..ha ha

Pohonku Sepi Sendiri said...

wah pas banget neh sob, ini yg kucari2 dari dulu..
thanks infonya.. :)

anyin said...

jadi pengin makan sayur hahah

Fais cWaKep said...

maKasih iLmunya....

emmy said...

pengamat kesehatan ya? hehe thx infonya!

ola said...

aduh gan
info nya sangat bermanfaat sekali :D
thanks gan, gue jadi tau buah dan sayuran yg baik buat tubuh gue :P

catatanrodes said...

makasih infonyaa..

Yolizz said...

aku suka warna merah dari buah, segeeerrrr ajah ngeliatnya :D

penghuni60 said...

saya paling suka buah2 an, apalagi kalo dijus tuh,
mantep deh!

Fi said...

wuah ternyata buah itu kaya akan nutrisi buat kesehatan tubuh ya.

menakjubkan!!

AdityaBlogsphere2 said...

Kandungan zat warna dalam buah2an adalah zat yang bervitamin dan aman bila di pakai sebagai bahan campuran tekstil.....sip...:)

KucingTengil said...

Wah, mia lebih suka buah2an yg berwarna merah dan kuning. Sayuran kurang suka T^T. Tapi si hijau benar2 banyak manfaatnya

Dimas said...

harusnya ada yg warna biru nih, khasiatnya buat menenangkan hati..

fai said...

Merah kuning hijau dilangit yang biru. Pelukismu agung siapa gerangan, pelangi2 ciptaan tuhan.
Eh kok warna pink gak ada?

a-chen said...

malam richo... :-)

buwel said...

berkunjung.. :-)

U-marr said...

owh, jadi gitu yah sob...
thanks ilmunya nih.. :D
siip, siip..

mas acrom said...

oh ternyta begitu ya bro,baru tau nih .thanx infonya

Rock said...

Absen pagi kawand... hahaha...

Dimas said...

kunjungan rutin buat sobat...

Budi Mulyono said...

Berarti milih kandungan kudu milih warna ya sob??? hehehe... Infonya bisa menjadi salah satu panduan... OK sob sukses terus ya...

Salam sahabat dari Balikpapan.

Radhitya Notes said...

wah... ternyata warna buah bisa menjelaskan apa saja kandungannya yach...? BAru tau... hihihihihihhi
Sala kenal dan salam hangat dari blogger Bali..
Izin follow yach....

Ngeposting ni yee said...

aq sUka warna mErah sObat,..,.

Sang Cerpenis bercerita said...

saya suka semua sayur kecuali pete dan jengkol.

sobekan-majalahdinding said...

informatif sekali.
warna oren pada wortel dari mana ya?

ravimalekinth said...

saya minum jus lho setiap hari. Kalau lagi lengkap buah & sayurnya, sehari bisa 20 jenis lebih. Bisa dilihat artikel nya di blog saya :P

asopusitemus said...

He'eh, semua warna itu menunjukkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya. :D

asopusitemus said...

He'eh, semua warna itu menunjukkan kandungan vitamin yang ada di dalamnya. :D

Warna Tulisan said...

informasi yang sangat menarik, makasih ya sahabat

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......