Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

16 Apr 2010

Yang Bisa Kita Manfaatkan Dari Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu rempah - rempah yang kaya manfaat, selain sering kita jumpai sebagai campuran pada rokok, cengkeh juga menjadi salah satu komponen penyedap pada masakan. Cengkeh mempunyai kandungan karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, virtamin B1, lemak, protein dan eugenol. Kandungan - kandungan tersebut mampu memberikan manfaat baik sebagai obat untuk mengatasi beberapa keluhan pada tubuh kita.

Selain bijinya, daunnya pun bermanfaat dengan di suling menjadi minyak cengkeh. Untuk khasiat tidak kalah di banding minyak kayu putih, bahkan minyak cengkeh memberikan efek yang lebih panas dari minyak kayu putih, yang
bisa di gunakan untuk menghangatkan badan dan mengobati masuk angin.
Berikut beberapa reserp tradisional dengan memanfaatkan khasiat dari cengkeh untuk mengatasi beberapa keluhan yang mungkin sering atau pernah kita alami :
  • Mengobati Sakit Kepala
Caranya : Haluskan 5 butir cengkeh, 5 g kayu manis, 5 g biji pala dan 5 butir merica. Kemudian bubuknya di seduh dengan 100 cc air panas yang selanjutnya di minum.
  • Mengobati Rematik dan Asam urat
Caranya : Rebus 5 butir cengkeh, 200 g ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 g biji pala, 1 g kayu manis, 15 g jahe merah dan 10 butir merica dengan 1500 cc air hingga tinggal sekitar 500 cc saja. Kemudian minum air rebusan tersebut dan di makan ubi jalarnya.
  • Mengobati Masuk Angin
Caranya : Seduh 10 butir cengkeh dengan air panas, diamkan sejenak dan minum airnya selagi hangat.
  • Mengobati Mual, Muntah
Caranya : Rebus 10 butir cengkeh, 20 g asam jawa, dan gula aren secukupnya dengan 400 cc air sampai airnya tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut dan minum 2 kali sehari masing - masing 100 cc.
  • Mengobati Batuk
Caranya : Rebus 10 butir cengkeh, 10 lembar daun sirih, 5 lembar daun tapak liman, 2 jari kayu manis dan gula aren secukupnya dengan 800 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring airnya dan minum 2 kali sehari.
  • Menghilangkan Bau Mulut
Caranya : Seduh 10 butir cengkeh dengan 200 cc air panas, diamkan selama 5 menit. Kemudian saring dan gunakan untuk berkumur, lakukan setiap hari secara rutin. 
  • Mengobati Sakit Gigi
Caranya : Giling sampai halus 10 butir cengkeh yang telah di sangrai terlebih dahulu, kemudian masukkan ke lubang gigi yang sakit secukupnya lalu tuutp dengan kapas beberapa saat. Lakukan 2 kali sehari.


** Silahkan di tambahin Infonya yah....
** Sumber gambar

33 comments:

Rock said...

Aku kira cengkeh cuma untuk campuran rokok...
Ternyata banyak juga ya manfaatnya...

catatan kecilku said...

Bunga cengkeh indah sekali ya...?

the others... said...

Berarti aku harus punya persiapan cengkeh di rumah nih, biar bisa dipakai sewaktu2 utk mengobati aneka macam penyakit.
Makasih ya ilmunya

Sou Stalker said...

wah,yang saya tau,cengkeh cuma untuk rokok bro,thanks ya info nya.

kampung wirausaha said...

daun cengkehpun bisa diambil minyaknya sebagai minya atsiri yang mahal harganya...

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, kalo obat patah hati ada gak? hehhee

Herdoni Wahyono said...

Kebetulan sekali di daerah kami cengkeh sangat mudah didapatkan. Ternyata disamping sebagai bahan campuran rokok, juga mempunyai khasiat lain sebagai 'obat tradisional'. Dapat kita coba untuk mengobati sakit kepala, asam urat, rematik, masuk angin, mual, muntah, batuk, bau mulut dan sakit gigi. Gejala dan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Trims infonya yang bermanfaat sobat.

♥ria♥ said...

aku suka loh wangi cengkeh ^___^

Hdsence said...

nice info sobat, baru tau juga e, ternyata banyak manfaatnya yak,,,

BTW, kamu kuliah farmasi ya sob..?

inge / cyber dreamer said...

cengkeh...
banyak jg yah manfaatnya...
thx 4 share ^^

Aishi Lely said...

ow kirain cm buat obat gosok ja... heheh ternyata manfaat lainnya bnyak..^^

Ratasoe said...

Ane nambhin atu sob, ;-). Bsa bwt luka ringan sob..

mas acrom said...

buat rokok enak bro hehe

Zulfadhli's Family said...

Jadi inget dulu di depan rumah Ua (kakaknya Nyokap) di Jakarta ada pohon cengkeh, tapi sekarang udah ditebang.

sauskecap said...

Cengkeh memang banyak, manfaatnya... jadi inget pas kecil suka bantuin nenek matahhin cenggkeh dari batang-batangnya...

ola said...

ternyata gak cuman buat buat rokok ya

Kang Sugeng said...

baru tau ni saya kalo ternyata daun cengkeh banyak juga manfaatnya

ika_SweetyOrange said...

wahhh...banyak manfaatnya ya cengkeh ini..

hmm...tapi saya gak suka banget sama baunya.. (^_^)

daniel wahyu perbawa said...

wah di tempat eyang aq banyak tu cengkeh brother...
kunjungan sore aj :)

akhatam said...

Wah barru tahu ane... Tx banyak gan informasinya...

fahrizal said...

saya dulu pernah sakit gigi ... dikasi obat sama temen yang bentuknya cairan dalam botol kecil. pas dioleskan ke daerah gigi yang sakit, rasanya cengkeh deh ...

terus cengkeh sering saya lihat menempel di tengah-tengah kue kering lebaran ... hehe

exort said...

pernah ngerasain kegigit cengkeh pas makan sop/soto ga? eeuu...
*sambil kebayang rasanya yg ga enak*

attayaya said...

dulu aku suka pake bila sakit gigi.
makku pakai cuma untuk buat kue nastar

d.e.q said...

Kerasa + kebukti buat bau mulut. Pas makan sambel terasi terus makan beberapa batang cengkeh mulut jadi anget + pedes-pedes gimanaaaa getoh, hehe :D

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...mantap, ternyata banyak manfaatnya bunga cengkeh itu. Sayangnya sekarang sulit mencarinya...kalau dulu dekat rumah banyak...

Oh ya, ada award dari bang Pendi. Kalo berkenan silahkan diambil...

tetenw(blog sehat) said...

Terima kasih .. nice info mas

KucingTengil said...

aduhhh...salut bang Richo ini. Cpt bgt update blognya. isinya juga bermanfaat selalu ckckckck

Abula said...

saya pernah mencobanya untuk mengobati gigi saya yang sakit...
dan cengkeh benar2 mujarab (alias cocok untuk permasalahan gigi saya)

achen said...

kalo soal cengkeh Jadi inget kalo ke batang banyak petani cengkeh disana...

buwel said...

thanks neh Mas cengkehnya, postingannya selalu beautiful dan bermanfaat.. subhanalloh...

merawat dan memperbaiki komputer said...

ini seperti cengkeh buat rokok itu gak ya?

berbagi wacana said...

nambah lagi tentang bahan kuliner di blognya bang richo nich...

iLLa said...

wahh kalo memang khasiatnya tidak kalah sama minyak kayuputih, kenapa tidak ada yg mengkomersialkannya ya? kan lebih baik, daripada dipake buat rokok *_*

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......