Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

28 May 2010

Melinjo Bisa Jadi Teman

Melinjo merupakan bahan pembuatan emping yang menjadi cemilan ringan dan cukup enak , sementara daunnya yang masih muda bisa diolah juga menjadi sayuran yang cukup nikmat pula. Namun bagi para penderita penyakit asam urat, melinjo bisa menjadi musuh yang harus di hindari biar tidak menimbulkan efek yang bener - bener ga baik buat tubuh. Karena melinjo ini dapat memicu penyakit asam urat menjadi lebih parah. Namun bagi non penderita asam urat, melinjo bisa menjadi  teman yang cukup bermanfaat. 

Berdasar dari penelitian di temukan bahwa melinjo merupakan sumber dari antioksidan yang baik, bahkan aktifitas antioksidannya setara dengan vitamin C. Antioksidannya bersumber dari konsentrasi protein yang cukup tinggi pada melinjo. Di temukan juga bahwa melinjo dapat berfungsi sebagai antimikroba alami yang nantinya bisa di manfaatkan sebagai pengawet makanan alami dan sebagai komponen obat untuk menyembuhkan penyakit yang di sebabkan oleh bakteri.


Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman melinjo :
  • Peluruh / melancarkan Air Seni
Caranya : Kukus 50 g kulit melinjo, dan kemudian di makan sekaligus. Lakukan beberapa hari hingga lancar.
  • Melembutkan rambut
Caranya : Tumbuk hingga halus segenggam daun melinjo, kemudian gunakan untuk membaluri seluruh bagian rambut. Ulangi beberapa kali, hal ini dapat membantu menjadikan rambut menjadi lebih lemas dan lembut.
  • Mengobati Anemia dan Busung lapar
Caranya : Konsumsi daun dan buah melinjo yang sudah di masak sebelumnya, atau di jadikan sayur. Konsumsi secara teratur.


** Ayo tambahin infonya
** Sumber gambar

39 comments:

Gudang Ilmu said...

waw ternyata melinjo
banyak manfaatnya waw waw waw saya kira hanya untuk mengenyangkan lapar doank ...
yang paling menakjubkan dapat mengobati busung lapar

exort said...

hati2 deh makan melinjo kl emang punya asam urat krn emang dahsyat bgt efeknya

attayaya said...

ditakuti sama penderita asam urat

j4j said...

ternyata melinjo punya aktioksidan juga ya...!!! pahit tapi bermanfaat.

Rock said...

Aku suka emping sob...

wong sikampuh said...

wah melinjo klo di buat emping enak rasa nya.

WONG SIKAMPUH said...

mlinjo memang enak sob,apalagi klo di bkn emping.

kesehaRian Ra-Kun said...

bisa jadi keripik juga :)

richoyul said...

@ Gudang ilmu : memang bermanfaat nih tanaman bro
@ Exort : betul banget bro bicrepul klo punya asam urat
@ Attayaya : musuh besar banget buat asam urat
@ j4j : pahitnya cuma dikit tapi enaknya banyak :)
@ Rock : sama atuh bro
@ Wong sikampuh : emping bikin pengen klo ada
@ Keseharian ra-kun : Yupppppp

aura pelupa said...

hobi, tapi ada gejala kena asam urat harus kukurangi konsumsinya!

Abula said...

wow banyak juga ya manfaatnya,
saya termasuk orang yang suka sekali dengan emping ...

nuansa pena said...

Ada award untuk anda!

mundo_idiot said...

iya sobat melinjo aku suka sekali , kalau direbus rasanya pahit2 enak gitu

daniel wahyu perbawa said...

bang richo tag saama awardnya sudah terpasang mangga dilihat :)

bonk AVA said...

enak kalo dijadikan krupuk melinjo hehe

joe said...

dijadikan emping juga mak nyusss

ndop said...

kalau ibukku habis pengajian, eee... selalu dan selalu ada si melinjo ini berupa emping...

ceuceu said...

klo makan melinjo yg ada di dalam sayur asem :) aku ga terll suka..tapi klo udah dibikin emping... weeww.. enak...sukaaa bgt.. apalagi emping manis camilan itu.. hehe..

Triunt said...

cocok, saya paling doyan sama Tumis Kulit Melinjo.
sayang keluarga semua gak ada yg suka, jadinya jarang banget masak :(

attayaya said...

aku suka goreng mlinjo, cuma kdang2 cemas aja makannya.
kalo daunnya disayur aku suka kali

odonk's said...

wah asli ane baru tw brad klo manfaatnya..
thanks dah berbagi brad..

ureh said...

hah??baru tahu kalau mlinjo banyak manfaatnya, untung ane doyan nih.gurih-gurih gimana gitu,haalah..

bluethunderheart said...

wah blue suka banget sama melinjo
mantab
salam hangat dari blue

faiza said...

kangeen nyari mlinjo pinggir kali..

hehe..

salam sob..

sky said...

yang gw suka dari melinjo kyknya kalau sdh dijadikan kerupuk...


sama melebutkan rambut...(tp ini baru tahu) :D

Girant_31 said...

kulitnya jg bs digoreng loh mas.. enak loh..

Nu_Imuts said...

low di ane namanya tangkil tuh mas..
uenak tuh..

Serabi Machine said...

maming mas..
enaknya ngapain ya??

andtheree said...

wah.. wah..
baru tau kalo melinjo juga bisa melembutkan rambut ..

tapi kok belom ada shampo dari daun melinjo ya..?

apa aku yang belom tau ya..?

mundo said...

Sobat Ada yang bilang Jamur yang tumbuh di bawah pohon melinjo ,bulet2 itu enak juga ,

deadyrizky said...

melancarkan air seni itu berarti menghancurkan batu ginjal ya?

senoaji said...

nek dadi emping nek mandeg pait, dadi kalo di suguhi emping kudu entek ojo mandeg ndak pait ilate.

yusrond said...

wahh.. kirain cuma bisa buad sayur . hehe
mantaff.. :)

deny said...

wah...informasi bermanfaat nie...

Zulfadhli's Family said...

Di Cilegon banyak tuh produsen melinjo (emping). Kalo di Miri mah muahal bunagets harga emping per kg nya

hellgalicious said...

ini nih kesukaan gue pas smp
gue doyan manjat pohon melinjo cuman buat ngambil buahnya trus direbus deh

hahaha

kristiyana shinta said...

bukannya melinjo bikin asam urat yaaa??? >.<

Toko Online Kalistajaya said...

melinjo pahit..

Obat Herbal Penyakit Pengapuran Sendi said...

buat penderita asam urat,,ini jangan ditanya lagi...harus dijauhi,,,hehe

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......