Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

26 Apr 2010

Bermanfaatkah Ceremai itu ?

Buah ceremai atau cerme atau cermen biasanya di olah menjadi manisan, karena rasa aslinya cukup asam hampir mirip belimbing wuluh. Sebenarnya apa punya manfaat yah buah kecil ini? Pastinya punya manfaat, bukan cuma buahnya saja yang bisa di makan, namun daun dan biji ceremai bisa di manfaatkan sebagai obat. Dalam buah terkandung vitamin C yang bisa membantu meningkatkan daya tubuh, sementara daunnya mengandung saponin, flavanoida, tanin dan polifenol. Daunnya bermanfaat baik untuk mengobati batuk berdahak, mengobati mual, kanker, sariawan dan juga bisa untuk menguruskan badan.


Biarpun buahnya kecil tapi manfaatnya cukup besar untuk kesehatan kita, jadi ga ada ruginya buat di konsumsi. Nah berikut resep tradisional ceremai dari dr setiawan Dalimartha dalam bukunya Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid I :
  • Mengobati Kanker
Caranya : Rebus 1/4 genggam daun ceremai muda, 1/3 genggam daun belimbing, 1/2 jari bidara upas, 1/2 jari gadung cina dan 3 jari gula enau dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 3/4nya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali sehari masing - masing 3/4 gelas.
  • Melangsingkan Tubuh
Caranya : Rebus beberapa daun ceremai secukupnya dengan air secukupnya pula, kemudian minum air rebusan tersebut. Namun jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu yang lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Jadi sesekali saja.
  • Mengobati Asma
Caranya : Tumbuk 6 buah biji ceremai, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam akar kara, 8 butir buah lengkeng , kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa sekitar 11/2 gelas. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 3/4 gelas.
  • Mengobati Sembelit
Caranya : Giling halus 3/4 sendok teh biji ceremai, kemudian seduh dengan 1/2 cangkir air hangat dan tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata dan minum sekaligus, lakukan 2 kali sehari.


** Silahkan klo ada yang mau nambahin

36 comments:

inge / cyber dreamer said...

suka jg mam manisannya
tp baru tau manfaatnya
thx 4 share
happy monday ^^

madinger said...

saya belum pernah coba... >.<

Sou Stalker said...

wah,saya juga lum pernah nyoba sob,tau juga baru ini. thanks info nya ya !

Ratasoe said...

Trnyat bxk manfaatnya ya sob, ane pernah liat jg tv hehe..trims yo

fanny said...

mau dong buahnya. suka nih...

Zulfadhli's Family said...

Betulan Mas bisa ngelangsingin? Hehehe, tar nyoba aaahhhhh :-)

Ali Mas'adi said...

banyak juga ya manfaatnya..

♥ria♥ said...

bisa mengobati kanker wah hebat jg yah

Deka said...

Wah udah lama sekali gam makan buah cermen ini, seingat saya dulu terakhir waktu SD kalo gak salah.

maiank said...

oo itu namanya cermai ya co...
baru tau dulu waktu masih kecil aku biasanyapake buat lempar2an ama temen-temen..ternyata bisa dimakan...
thanks infonya,,,

Abi Sabila said...

ngebayangin asemnya, ludah ini spontan membanjir. Astaghfirulloh, semoga tidak mengurangi pahala shaum.

rosanakmami said...

waw
aku baru tau euy ternyata banyak manfaatnya ya...
selama ini belum pernah makan buah cerme, abis katanya asem, heu...

thanks for share... ^^

Seiri Hanako said...

thanks infonya

Herdoni Wahyono said...

Dengar kata 'cerme' kami jadi teringat pada masa kecil dulu. Kami suka memanjat pohonnya dan menikmati buahnya. Namun sekarang ini kami amat jarang menjumpai pohonnya. Kami suka sekali bila buah Cerme tersebut dibuat manisan. Ternyata daun dan buahnya juga berkhasiat untuk kesehatan. Trims infonya sobat.

attayaya said...

emakku suka buah ceremai
cuma pohonnya tak tahan lama
sebentar mati
tanam lagi
gitu deh

deadyrizky said...

hahahaha
liat buah ini jadi inget masa" kecil dulu
makan buahnya di atas pohon bareng teman"

Qori said...

Kalau di banjarmasin disebut ceremi,,
dulu waktu sd ada pohon disamping rumah,,buahnya asem amir dah...
malas kalau disuruh makan.

Meutia Halida Khairani said...

suka banget sama cermaiiii

Ucha said...

Saya sih senangnya klo dijadiin manisan aja.

Rock said...

Wahhh... ternyata banyak juga ya manfaat dari buah cerme...

POPY ALY(ady) said...

wah ber manfaat banget ne lemes sm saya.....3 hr lemes,,,,,makasih

Darin said...

waktu di cirebon dulu wah banyak banget manisan cireme.
di Solo jarang banget yg jual :(

catatan kecilku said...

Aku sudah gak pernah lihat pohon ceremai sekarang...

Tour, Food, and Health said...

aku suka ceremai...!!! *_*

mas acrom said...

ternyata bermanfaat jga ya bro ...

Gudang Ilmu said...

waduh ternyata buah ini bisa mengobati kanker hebad bener nie buah
thanks ya sob infonya

exort said...

enak tuh buat manisan cerme

Jazz Muhammad said...

kang aku suka itu kalau buat manisan

dulu pas SD, murah manisannya

sekarang udah g ketemu lagi

oya kalau sempat mampir kang ya...

ahmadi amrun said...

hii asem kecut..liur pun keluar...makanan gue pas SD dulu tuh...
diamana ya cari pohonnya sekarang?

eka said...

Cermai rasa aslinya masam ya?

Imran Prayitno said...

GAK PERNAH MAKAN, TAPI AKU IZIN PAKE GAMBARNYA YA DI:
http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/11/kandungan-gizi-ceremai.html

jasa security/jasa keamanan said...

lom pernah makan si....
tapi penasaran juga...

Imrod Kartiko said...

saya menanam beberapa pohon ceremai di halaman rumah dan sudah mulai berbuah, monggo kalau yang mau mencoba atau mencicipi buah ini.

silahkan kontak saya di ikartiko@yahoo.com

Anonymous said...

Dulu dimasa sma ku 1963 budeku pernah punya pohon cerme manis, kalo lagi buah sampai condong karena pada dahannya penuh dengan buah, sayang pohon tersebut mati. Sekarang aku menanam Cerme Manis, bibit kubeli dari Trubus seharga Rp. 200.000, kutanam di pot diameter 70cm. Mudah-mudahan bermanfaat.

Blog Hafidz Azikri said...

Mas yg beli cerme manis itu benar manis buahnya?

liseum said...

Jual bibit pohon Ceremai Manis harga murah hub chasiapro@gmail.com. Siap kirim ke seluruh Indonesia Trims Prabowo Jogja

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......