Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

25 Apr 2010

Hebatnya Kacang Hijau

Kacang hijau kalau sudah di buat bubur hmmmm siapa yang bisa menolak, ga nahan de.. Selain memang enak kacang yang satu ini, tak di sangka ternyata banyak juga manfaat kacang hijau untuk menjaga kesehatan kita dan juga membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Kacang hijau mempunyai beberapa kandungan gizi, diantaranya kalori, protein, lemak, Vitamin A, B1, fosfor dan zat besi.

Salah satu keistimewaan dari kacang hijau adalah walaupun di rebus dalam waktu yang lama, manfaat dari kacang hijau tidak hilang. Di banding jenis tanaman lain yang akan
berkurang manfaatnya bila di masak terlalu lama. Nah langsung saja berikut manfaat - manfaat dai kacang hijau :
  • Mengobati Maag
Caranya : Jemur 1/4 kg kacang hijau hingga kering lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya ambil 1 sendok makan bubuk kacang hijau dan seduh dengan air hangat secukupnya, selanjutnya minum secara teratur.
  • Memperlancar Kencing
Caranya : Rebus 30 g kacang hijau dan 30 g daun sendok dengan 400 cc air sampai kacang hijau matang. Setelah dingin tambahkan madu secukupnya dan makan rebusan tersebut secara teratur hingga kencing lancar.
  • Meningkatkan Vitalitas Pria
Caranya : Rebus 30 g kacang hijau, 2 ruas jahe, 15 g merica, 15 g adas, 15 g pulosari, 15 g biji kucai, 15 g biji paria dan 15 g biji ketumbar dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelsh dingin minum secara teratur.
  • Mengobati Varises
Caranya : Rebus 1 genggam kacang hijaudengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari pagi dan menjelang tidur, selain itu sebelum tidur tempatkan kaki di tempat yang lebih tinggi dari kepala selama 10 menit. Lakukan secara rutin.
  • Mengobati Rambut Rontok
Caranya : Rebus kacang hijau secukupnya dengan satu gelas air hingga mendidih, setelah dingin gunakan air rebusan tersebut untuk membasahi kepala sambil di pijit - pijit beberapa saat dan biarkan kering. Kemudian basuh atau keramas.
  • Mengobati Bisul
Caranya : Rebus 50 g kacang merah kecil, 50 g kacang hijau, 50 g kedelai hitam hingga mendidih. Selanjutnya rebus 2 ruas jahe hingga mendidih, dan campurkan air rebusan kacang hijau dengan air rebusan jahe kemudian minum secara teratur. Untuk bisul yang sudah matang campuran tadi di tambahkan madu secukupnya.


** Silahkan di tambahin lagi infonya
** Sumber gambar

39 comments:

Sou Stalker said...

ngebahas kacang ijo,jadi inget,dah lama saya gak makan kacang ijo,biasanya mama bikin di campur kolak pisang.
met pagi sob !

unieqblog said...

aku sukla bubur kacang ijo, dibuat kolak juga enaaaak....emang banyak sih manfaat kacang ijo


makasih yah sharingnya ^___^

mhya unieq said...

ow ternyata kacang ijo bisa juga yah digunakan untuk nutrisi rmbut, baru tahu saya,,,biasanya sih aku pake lidah buaya untuk menyuburkan rambut....

makasih yah infonya....

Abdul Hafizh Asri said...

Wah,, info baru nih .. jadi pgen mkan kacang hijau terus .. ^^

Rock said...

Aku suka bubur kacang hijau sob...
Meningkatkan vitalitas pria??? hahaha... Mantabs!!!

Skydrugz said...

Bubur kacang hijau...sudah lezat bergizi lagi...


mengobati rambut rontok?

kalau rambut yg sdh terlanjur botak?

:D

inge / cyber dreamer said...

duh jd pengen mam bubur kacang hijau..
Thx 4 share ^^

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah..makasih banget nih infonya mas ! kebetulan saya sering sakit maag...nanti bisa saya coba.

Salam hangat & sukses selalu...

Enutd said...

banyak banget tuh manfaatnya
sering banget nongrong diwarung bubur kacang ijo plus ketan hitamnya..

Sang Cerpenis bercerita said...

baru kemarin mama masak bubur kacang ijo. bawain semangkuk nih.

Gudang Ilmu said...

waduh bener2 bagus sobb infonya
pertama masuk blog ini langsung suka saya sob

Rizky2009 said...

kacang ijo aq suka kl d bikin kolak

Syam Oby said...

@mas rizky
hihi apalgi kalau ada santann, pisang, ketela dan kwan kawan
:r~
enaak

hahahahhaha

makasih mar richoyul infonya
ehehhehe

attayaya said...

enaknya dijadiin minuman
hmmmmmm
pke es
segeeerrrrrrr

Ratasoe said...

Lbh mantap lg dbwt bu2r kacang ijo sob ;-)

BENY KADIR said...

terimakasih Mas aku sangat butuh resep utk penyakit mag yg tdk pernah sembuh.

ajie said...

saya sukua kacang hijau

tukang colong said...

kebetulan saya mengidap mag, wah bisa dipakai nih.
:)

darahbiroe said...

bubur kacang hijau
aku suka banget meski gag tau kelebihanya begitu banyak sprti diatas
makasih yaw

antok said...

wah
cowok kudu makan kacang hijau dunt hahhaha
:D

sauskecap said...

saya suka kacang hijau... meskipun sekarang cuma beli minuman kotaknya saja... termasuk sehat ga yah?

bluethunderheart said...

blue suka kacang ijo....
trims tukpostinagannya
salam hangat dari blue

exort said...

nambahin, kacang ijo bagus buat kulit
gw demen banget deh ama kacang ijo

Masdin said...

Baru tau saya nih kalau kacang ijo bisa menambah vitalitas pria... :D

THanks for sharing

phonank said...

salah satu makanan kuliner favorit phonank nih,, bubur kacang ijo...

apalagi pada waktu phonank punya masalah sama nafas saat lari yg terengah-engah...

hanya dengan meminum air rebusan kacang ijo,, bisa membantu nafas kita lebih bagus saat lari..

iLLa said...

huwaa.. jadi kangen pengen burjo buatan ibu, huhu.. ^^
soal penyubur rambut itu jg pernah dengar dari teman, bahkan teman se-kosan pernah mempraktekkan, gatau sukses atau gak :D sy siy mending dimasak aja, lebih enak :P

nuances pen said...

Ini makanan favoritku, dibuat bubur kacang hijau, hmmm ..... enak tenan!

Seiri Hanako said...

aku suka sup kacang ijo n es kacang ijo-nya..
hmmmm
yummi

*lapar mode*

bintang said...

mungkin karena kacang hijau itu keras yah jadi kalau di masak dalam waktu lama juga gak bakal ilang khasiatnya. soalnya kalo di masaknya dalam waktu singkat ya ga mateng dong
hehhehe

Mhya said...

Richo ada tag nih buat kamu, mohon dikerjain yah...^____^...

unieqblog said...

info yang bermanfaat, makasih sharingnya....

Deka said...

Saya suka ama bubur kacang hijau, walaupun agak jarang mengkonsumsinya berhubung keadaan keuangan kadang tidak memungkinkan.

catatan kecilku said...

Sewaktu aku hamil dulu, mertuaku selalu merebuskan kacang hijau untukku. ^_^

the others... said...

Hai.., aku datang bawakan award utkmu. Jangan lupa diambil ya... Thanks..

Ello Aristhosiyoga said...

Kacang hijau, emang bermamfaat banget!

Zulfadhli's Family said...

Wah, kacang ijo ini menunya Zahia, Uncle Richo. Seminggu sekali ato 2x Bunda pasti bikinin kacang ijo. Kadang dibubur, kadang dibikin kue. Uncle mau ga??? :-)

Restu Ayu Marpaung said...

wahhhhh harus bnyak2 mkan bbr kcng hjau nich....biar rambut tmbah suburrrrr ^_^

wijaya rizky said...

gan apakah kandungan lemak pada kacang hijau spa dengan kacang tanah yaitu lemak tak jenuh???
di tunggu ya knjungan blik'a ^^

Fahri's Blog:Kumpulan tips trik dan artikel unik

Toko Online Kalistajaya said...

makasih y gan..

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......