Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

9 Apr 2010

Murbei Bukan Cuma Buat Ulat Sutera

Daun murbei memang menjadi makanan favoritnya ulat sutera, kalo tidak salah si ulat sutera ini cuma mau makan ama daun murbei. Selain bisa menghasilkan benang sutera yang bagus, si ulat ini juga pinter milih makanan.  Daun murbei ternyata memang bermanfaat baik, selain buat si ulat tentunya. Daun murbei memiliki kandungan Zat Antidetoxifikasi yang baik menjadi obat untuk mengatasi beberapa keluhan.

Berikut beberapa resep dalam pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tanaman murbei :
  • Melancarkan ASI
Caranya : Cukup dengan memasak daun murbei muda menjadi sayur, lalu di makan bersama nasi.
  • Mengobati Hipertensi
Caranya : Cuci bersih 15 g daun murbei dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Saring dan minum 2 kali sehari, pagi dan sore setelah dingin.
  • Mengobati Jantung Lemah
 Caranya : Jus buah murbei secukupnya, lalu minum sekaligus. Minum secara rutin setiap hari.
  • Mengobati Rematik
Caranya : Rebus 15 g ranting murbei kering dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas saja. Saring dan minum setelah dingin 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.


** Ayo ikut nambahin kalo punya info lagi yah
** Sumber gambar
 

41 comments:

Ratasoe said...

Wah ane tw cman bwt makananx tu ulet sob, trnyata bxk jg y manfaat lainnya yg trkandung..;-)

nuancespen said...

Ternyata daunnya bermanfaat juga, nice post!

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Wah daun murbei banyak manfaatnya ya..
Hemh,,,maybe juga bisa bikin kulit kita sehalus sutra kagak ya????
Hehehheehe


-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

aurakeyboard said...

Sudah sulit menemukan tanaman ini, didaerah saya gak pernah kujumpai!

nuansapena said...

Jadi saingan sama ulat, kalau diambil daunnya!

ola said...

gue malah baru tau itu murbei makanan ulat ;p

Sou Stalker said...

wah,manfaatnya bagus juga ! harus saingan sama ulat nih. .
hehehe. .

Sang Cerpenis bercerita said...

warnanya keren juga. ungu seru

Eka JaHe said...

salam kenal, ini kunjungan ane yang pertama ke blog ini. postingan yang berbobot, serta info yang bagus.....

inge / cyber dreamer said...

wah baru tau nie kalo bs dikonsumsi dan baru tau juga manfaatnya

thx 4 share
have a nice day ^^

♥ria♥ said...

murbei aku baru dengar nama ini

Rock said...

Aku pernah lihat tanaman ini sob, tapi dulu waktu aku masih kecil. Ternyata manfaatnya banyak banget ya...
Makasih untuk sharingnya...

Zulfadhli's Family said...

Wah baru tau kalo daun murbei bisa melancarkan ASI. Tapi mo nanemnya susah euy disini soalnya kalo ga salah kan murbei hanya bisa tumbuh dengan baik di ketinggian sekian (lupa gw). Pokonya di tempat sejuk gituh deh. Sedangkan Miri neh panas bo. Makanya supaya ASI lancar gw makan daun katuk mulu. Alhamdulillah ampe sekarang Zahia di usia 1,5 taun masih ASI ekslusif

tukang colong said...

berarti ulat sutera ASI-nya pasti lancar, gag pernah hipertensi, jantungnya kuat, dan gag rematik.
hehe..
btw, di bali di tempatku tinggal jarang ada murbei..
*sedih*

Aulawi Ahmad said...

melancarkan asi...hmmm cara kerjanya ya apa kui bro hehehe

Aishi Lely said...

buah ini susah ditemui... ternyata khasiatnya bnyak juga yah.. ^^

ajie said...

wah baru tau saya

attayaya said...

uuuughhh baru sekali ini lihat gambar buah murbei
dimana bisa beli ya?

Angie said...

Lom pernah coba...tp dr bentuknya kayaknya enak neh... hehehehe

Syam Oby said...

dulu di sekolah SD ku banyak..
enak juga lho kak...
tp ternyata buat ulat sutra yah...
eheh tp gak haram kan kak???


di tunggu kunjungan baliknya ^_^

tomo said...

Buahnya bisa dimakan langsung ndk ini ya

uswah said...

Bisa juga ya untuk mengobati jantung lemah

disatia febri said...

gak pernah nyoba. Gmn rasa buahnya? kayaknya enak.

tetenw(blog sehat) said...

Sangat bermanfaat mas ... kunjungi juga blog sehat saya ya ?!

UMS EDUKASI RSBI said...

Pernah rasakan murbei, yang matang manis...yang belum matang ada kecutnya. Mksh sudah beri info khasiatnya.

bintang said...

aku dulu taunya ini buah hutan. abisnya dulu suka nemu sih. manis2 gitu rasanya

U-marr said...

itu ngobatin jantung lemah, apa bisa sembuh permanen nih sob.??? atau gimana???

gak mutu said...

ternyata tidak hanya daunnya saja tetapi juga buahnya juga bermaanfaat untuk obat tho ... .

exort said...

eh bagus ya buat jantung....sayangnya susah banget nyari jus murbei disini

mas acrom said...

ohh ternyata bisa buat itu juga ya bro hehe..

Noor's blog (inside of me ) said...

Kalau dibikin urap sebagai ganti daun singkong, kira2 enak ngga ya..? he..he

Budi Mulyono said...

bener-bener info yang belum pernah saya dapatkan sebelum. Informatif banget buat saya nieh... Kirain cuman buat makan ulat aja...

Salam sahabat dari Balikpapan.

ABANG BENY said...

Murbei yg saya kenal adalah makanan kesukaan anak2.
Terimakasih ya, tipsnya akan dicoba. Hipertensi abang terkadang kumat.
moga berhasil.

bonk ava said...

baru tau daun yang namanya daun murbei, jadi gak ada tambahan info

Kumpulan Tutorial Ngeblog said...

ada manfaatnya juga ya...

thank's Sob infonya... mampir ke blog saya ya...

alom's said...

wah bagus buanget tuh infonya ...makasih sob...!!!

eka said...

Ini ya, yang namanya murbei...

Riafvanti said...

sekarang sudah jarang ada pohon murbei di deket rumah -_-"

Ishak said...

Bagi yang ingin mengetahui tentang murbei bisa mengunjungi www.agrisilk.com di sana dijelaskan tata cara budidaya murbei dan cara mengolah menjadi pakan ulat sutera. bahkan dijelaskan juga cara mengolahnya menjadi teh murbei. semoga bermanfaat.

Cy said...

dimana ya nyari daun murbei??????????

Anonymous said...

wahh info nya brmanfaat,waktu saya kecil gak salah pd tahun 1999 pernah makan buahnya,,banyak kok dirumah tante sy (ATAMBUA)tp gk tahu skrng masih ada atau tidak??!...

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......