Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

1 Apr 2010

Produk Pohon Aren yang Keren

Pohon aren  merupakan sumber bahan baku 2 produk yang sangat terkenal di kehidupan kita sehari - hari, produknya yaitu kolang kaling dan gula aren. Terkenal bukan 2 produk tersebut?, kolang kaling paling asik kalo di camur dengan es buah sedang gula aren merupakan salah satu bumbu yang sangat penting perannya untuk beberapa jenis masakan, bisa juga untuk campuran minuman. Namun ga keren dunk kalo cuma enak di makan tapi tidak ada manfaatnya buat tubuh.......

Kolang kaling sebenarnya merupakan cadangan makanan pada benih pohon aren, untuk menghasilkannya buah aren harus di bakar dahulu sampai hangus beberapa jam. Kolang kaling ini mampu membantu memperlancar kerja saluran pencernaan. Sehingga bisa membantu bagi yang mengalami
sulit BAB.

Sementara gula aren juga mempunyai berbagai manfaat buat mengatasi beberapa keluhan, diantaranya :
  • Mengobati Sakit Perut
Caranya : Campurkan 1 potong gula aren dan asam yang telah masak secukupnya kedalam segelas air hangat. Aduk sampai merata dan kemudian di minum sampai habis.
  • Mengobati Demam
Caranya : Camurlan 1 potong gula aren dengan segelas air hangat, aduk sampai merata dan minum sampai habis.

Nah ini ada award dari ku untuk sahabat semua , di ambil yah dan tolong di sebarkan ke seluruh penjuru dunia...... minim 5 teman ( maksa nih ) hehe


** Ayo di tambahin infonya yak....
** Sumber gambar

51 comments:

Cahya said...

Kalau camcau/cincau paling enak dengan gula aren..., salah satu bumbu tradisional yang tak tergantikan :)

darahbiroe said...

si newbie ini juga boleh mengambil gak nuy awardna heheh
klo buleh q ambil ya

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
maksih
:D

Ratasoe said...

Brknjung sob, memang buah kolakaling mantap bwt es buah, ternyata bnyak jg ya manfaatnya..,asal jgn kna getahny..weuh guatelnya ;-)..

Ratasoe said...

O iy ,sob awardx ta ambl yo trims..

penghuni60 said...

saya suka kolang kaling.
pokoknya suka bgt deh sedari kecil tuh...

Sou Stalker said...

ohh,kolang kaling tuh dari pohon aren toh. .saya baru tau nih. .
hehehe. .

awardnya tak simpen dulu ya gan .

inge / cyber dreamer said...

hmmm... bikin es buah ah buat buka puasa ntar :D

have a nice day ^^

oia aku boyong awardnya ^^

kesehaRian Ra-Kun said...

wah, saya belum pernah liat langsung pohin aren itu.
tapi saya suka kolang-kaling, terutama saat Ramadhan :)

faiza said...

suka sekali..kolang kaling..

kalo ngmongin kolanng-kaling jadi inget kata tmenku.

"kulo kulak kolang kaling kulon kali kae lho"

hehe..

mau dunk awardnya kwan..

Alrezamittariq said...

memang keren tu aren...

aisyah muna said...

waktu dulu saya masih kecil ..di kampung halaman yang dulu...saya suka liat orang bikin gula aren..
sekarang tidak lagi...

btw, jiaah..itu kok ada pemaksaan ewod..

ade uny said...

wah nbanyak manfaat yawh....

Abdul Malyk said...

kolangkaling paling enak kalo dibuat "bajigur"..
hehehe..
nice info..

Rock said...

Baru tau kalau kolang kaling itu produk dari pohon aren...

buwel said...

subhanalloh... manfaatnya banyak ya si gula aren... thanks...

achen said...

Nice info Rich gula arennya, dan saya suka kolang kaling neh.... heheehhe

exort said...

jd inget di garut selatan dulu, manen aren langsung dr pohonnya yg tinggi2 itu

Popcorn's Teen said...

Pohon Aren, emang ajaib banget. Flexibel dah.

Aulawi Ahmad said...

aku suka minum legennya hehehe

All about Jogja Semarang said...

Kunjungan balasan dari sahabat..
Terima kasih telah ngasih comment di blog saya..

Dhanang said...

Wah tulisan yang bagus... bisa jadi referensi neh...
salam kenal yach...

Jangan lupa kunjungan balik key...

~Srex~ said...

siip mas....kolang-kaling kalo udah di kemas jadi makanan mahal tuh.....
tx udah mampir, kunjungan balasan dariku...

KucingTengil said...

baru kali ini mia liat poohon aren. biasanya cuma tau namanya aja hehhehehe

andi and riesta said...

Wah,,ternyata bnyak bgt manfaatnya ya..kirain cma bwt kolang kaling aja..hehe

anyin said...

aren yang keren :D

Syam Oby said...

ada satuu lagi!!!!
bisa bikin perut kenyang *di gebukin*

XD

salam kenal kakak
di tunggu yah kunjungan baliknya di zona-ketawa-kita.blogspot.com

fanny said...

kolang kaling enak dikolak.

munir ardi said...

pohon aren memang banyak kegunaannya yah, maaf sob baru berkunjung lagi

gak mutu said...

satu lagi yang didapatkan disini ...
selama ini kita cuman bisa menikmati jadinya saja .... tapi belom pernah tahu kalau gula aren dan kolang kaling mengandung kasiat buat kesehatan tubuh ....

sauskecap said...

gula aren lebih sehat daripada gula pasir ya (denger-denger sih gitu)... tula aren memang punya rasa yang khas... bener-bener citarasa Indonesia pokoke...

Okta said...

gula aren emg bener2 cita rasa indonesia...

Rock said...

Absen pagi sobat... hahaha...

eka said...

Ternyata besar manfaatnya. Kolang-kaling. Yang satu ini, wajib di bulan puasa :)

iLLa said...

gula aren itu yg juga kadang dibilang gula merah bukan siy? yg sering dibuat kolak bukan? cmiiw

eh awardnya keren uy, gradasi warnanya apik :)

achen said...

met pagi richo... :-)

achen said...

met pagi richo... :-)

tomo said...

Aku suka kolang-kaling kawan.Tapi sayang pohon ini makin lama makin punah karena ditebangi untuk didirikan rumah di daerahku

replace ID said...

aren paling enak di apain ya..
kolang kaling buat es campur..

Mhya said...

gula aren memang memang serba guna bukan hanya untuk bumbu tapi juga untuk membuat berbagai macam kue juga.

makasih awardnya ya, segera dilaksanakan sob....

unieqblog said...

berkunjung juga disini ya...

Call me Batz said...

aq suka kolang kaling..mau dong..ha ha

Herdoni Wahyono said...

Kolang kaling sudah tidak asing lagi di daerah kami sebagai campuran dalam minuman es buah. Kami menyukainya dengan teksturnya yang lunak dan kenyal, cocok dicampur dalam es buah. Ternyata kolang kaling juga berkhasiat memperlancar kerja saluran pencernaan. Sangat cocok dikonsumsi bagi yang mengalami kesulitan BAB. Terima kasih sharingnya sobat.

mas acrom said...

kalo dimakan boleh gak bro pohon aren

Anton said...

Aren enak di makan bulan puasa, salam kenal sobat, saya anak baru pengen punya sahabat.

BaS said...

aku suka kolang kaling. Apalagi kalo dicampur di kolak ato es campur.....slurrpppp....segerrrrrr

gak mutu said...

mampir lagi sambil muter2 cari angin ....

bonk ava said...

awardnya tak ambil ya choo!!!!!

ario saja said...

duh banyak banget kasiatnya

Psychosocial said...

baru pertama mampir aja udah dapet ilmu disini, thx infonya...

btw thx udah mampir, blog kamu udah ku follow, follow balik ya...

Darman said...

bahan mie su'un juga ada yang dari tepung pohon aren ... dan dapat dibuat makanan tradisional lainnya.

Anonymous said...

kalau di permentasi gimana ya gan?

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......