Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

3 Apr 2010

Pandan wangi Bisa buat Obat Loh......

Pandan wangi mempunyai aroma yang khas, dan biasanya di manfaatkan sebagai bahan pencampur pada makanan. Tak perduli roti, sirup, nasi dll bisa tambah nikmat jika di beri campuran pandan. Aroma khasnya bisa menambah daya tarik tersendiri, pandan juga bisa di gunakan sebagai pewarna alami buat makanan. Daun pandan mempunyai kandungan beberapa zat yang bisa di manfaatkan sebagai obat dari beberapa keluhan,.

Dalam daun pandan wangi terkandung saponin, alkanoid, tanin, polifenol, flavoida dan zat warna. Kandungan tanin dalam daun pandan  konon merupakan biangnya obat penenang. Apa saja keluhan - keluhan yang bisa di atasi dengan pandan, berikut di antaranya :
  •  Mengobati Rematik
Caranya : Cuci bersih 3 lembar daun pandan dan
di iris tipis - tipis. Lalu seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah di panaskan sambil diaduk - aduk. Setelah dingin di gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang sakit.
  • Mengobati Ketombe
Caranya : giling halus 7 lembar daun pandan yang sudah di cuci bersih, remas dan tambahkan 1/2 cangkir air bersih. Lalu peras dan saring, air perasan di oleskan ke seluruh kulit kepala. Biaran sampai mengering, bila perlu bisa di ulangi 1/2 jam kemudian. Kemudian bilas rambut dengan air bersih, di sarankan di lakukan rutin sampai ketombe hilang.
  • Mengobati Lemah Saraf
Caranya : Potong kecil - kecil 3 lembar daun pandan yang sudah di cuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai kira - kira tinggal 2 gelas. Setelah dingin saring dan minum masing - masing 1 gelas pagi dan sore.
  • Menghitamkan Rambut

Caranya : Potong - potong 7 lembar daun pandan  yang sudah di cuci bersih, lalu rebus dengan 1 liter air sampai warnaairnya berubah menjadi hijau. Diamkan air rebusan tadi selama semalam. Ke esokan harinya tambahkan rebusan daun pandan dengan air perasan 3 buah mengkudu masak, lalu gunakan untuk mencuci rambut 3 kali seminggu.


** Ayo tambahin lagi kalo ada puya info lebih.....

** Sumber gambar

46 comments:

Sou Stalker said...

wahh,mantep tu manfaatnya. dibelakang rumah saya banyak tuh,,

Anton said...

Postingan yg menarik, ternyata pandan wangi banyak khasiatnya ya.

Mhya said...

bener banget sob, emang pandan banyak khasiatnya bisa juga buat aroma dalam membuat kue-kue.

unieqblog said...

uuuuhhhhhhh harumm bau pandan hehehe....

Alrezamittariq said...

iya...selain bikin masakan jadi enak, bisa jadi obat juga...hebaaattt

sauskecap said...

wah selama ini saya cuma pake buat bikin masakan jadi wangi saja... ternyata banyak manfaat lainnya

Ratasoe said...

Aplag lo bwt msak nasi sob..hemm wangi ;-)

Sang Cerpenis bercerita said...

buat hilangin bau di mo bil juga bisa lho.

tomo said...

Ternyata kegunaan pandan buat obat juga ya bukan untuk kolek saja

uswah said...

Sebagai obat rematik ini cukup dioleskan sajakah?atau diminum juga?

Ngeposting ni yee said...

wah ternyata manfaatnya bagus juga ya sOb..
tHanks infonya...

exort said...

buat pewangi ruangan

buwel said...

subhanalloh... pandan wangi yang bermanfaat

achen said...

thanks mas tips2 pandan wanginya... mantab seperti biasanya... :-)

catatan kecilku said...

Selama ini pandan wangi hanya dibuat masak aja... ^_^

the others said...

Wah.., bisa juga buat obat ketombe to..? Baru tahu nih.

Aishi Lely said...

ow baru tau..kirain cuma buat makanan biar wangi ja...

Jimmy said...

saya suka banget makan kue dan roti pandan.. ternyata banyak manfaatnya juga :D

Dimas said...

beras pandan wangi kan enak tuh....

UMS EDUKASI RSBI said...

info mantap...mksh sob.

AdityaBlogsphere2 said...

yang aq suka dari pandan tuh aroma nya yang seger, n bikin lezat klo di campur kolak hehe...tuh headre blog nya juga gambar pandan kan?

mas acrom said...

wah mantabs ternyata bisa buat obat ya bro,,keren nih hehe

BaS said...

pandan.....aku suka baunya...segeerrrrr

Bibi Titi Teliti said...

hah?
menghitamkan rambut?
serius nih?

pssttt...kemaren nemu uban 1...hihihi...

Rock said...

Banyak juga ya manfaatnya...

Makasih untuk sharingnya kawand.

AngelMakara393 said...

mas,,carikan tentang kulit jeruk bali...^^
Tq

Mhya said...

sekedar mampir untuk singgah melepas lelah neh....sambil menghirup aroma pandan wangi

unieqblog said...

sselamat malam sob pa kabar....

unieqblog said...

sselamat malam sob pa kabar....

bintang said...

wah manfaat pandan banyak yah. kalo ibuku sukanya pandan digunain buat bubur atau kolak hehehe jadi wangi aja.

pandan juga bisa mewarnakan makanan secara alami. seperti agar-agar putih bisa di beri perasan pandan biar berwarna hijau dan wangi pandan.

julie said...

buat masak kolak hihi

Ksatrio Wojo Ireng said...

Wah boleh dicoba nih.. thanks buat tipsnya dan salam hangat dari afrika barat..

Gema Nasyid said...

Mang banyak manfaatnya Pandan tuh

Gema Nasyid said...

Mang banyak manfaatnya Pandan tuh

Hiv-Aids n Young said...

Jadi tambah nggak rugi deh, punya pohon Pandan

Indonesia Blog Teens said...

Coba ah......

Indonesia Blog Teens said...

Coba ah......

Lirycs Music said...

Mahal nggak sih au beli pandan tuh?

Lirycs Music said...

Mahal nggak sih au beli pandan tuh?

Hiv-Aids n Young said...

Allah menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya. Hanya manusia perlu belajar untuk mengetahuinya.

Tips-Trik said...

Baru tahu shob, biasanyasih aku hanya buat wewangi makanan doank!

Tips-Trik said...

Baru tahu shob, biasanyasih aku hanya buat wewangi makanan doank!

Abdul Malyk said...

wah..ternyata pandan wangi memiliki khasiat yg bergitu hebat..
baru tau..selama ini cuma buat campuran sayur aja biar wangi..hehe..

asopusitemus said...

Waaah, selama ini setahu saya cuman sebagai pewarna makanan.... :)

klak klik kluk said...

Banyak manfaatnya jg toh si pandan..
setahu aku hanya untuk pewarnaan makanan dan aroma
makasih infonya

Gudang Ilmu said...

emang keren ni tanaman selain wangi ternyata bisa di jadiin obat dll nice inpoh

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......