Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

8 Apr 2010

Mengapa Harus Bunga Kenanga

Bunga kenanga mempunyai aroma yang cukup khas, bahkan sekarang ini di manfaatkan sebagai bahan pencampur pada produk kosmetik. Kenapa harus bunga kenanga yang di jadikan bahan pencampur, ya karena memang bunga kenanga berkhasiat utntuk kecantikan. Tapi bukan cuma itu saja, dalam resep tradisional bunga kenanga juga merupakan salah satu unsur obat yang cukup ampuh loh...

Apa saja keluhan yang bisa di obati dengan bunga kenanga, ayo di simak :
  • Mengobati Sesak Nafas
Caranya : Cuci bersih 3 - 5 buah bunga ke
nanga dan rebus hingga mendidih dengan 3 gelas air. Tambahkan 1,5 sendok teh gula pasir, saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Menghilangkan Bau Badan
Caranya :  Cuci bersih 3 - 5 buah bunga kenanga dan rebus dengan 4 gelas air sampai mendidih, tambahkan sedikit gula batu ( sebesar kuku orang dewasa ) . Saring dan minum airnya.
  • Mengobati Malaria
Caranya : Seduh 10 - 15 gram bunga kenanga kering dengan 200 cc air mendidih, tutup rapat dan diamkan beberapa saat, saring dan minum selagi hangat.
  • Mengobati Luka ( Sebagai Antiseptik )
Caranya : Cuci bersih 50 gram bunga kenanga dan tumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa yang sudah di panaskan sebentar. Setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.

** Silahkan di tambahin buat yang punya info lagi
** Sumber gambar

45 comments:

nelli_l_yunara said...

Info yang bermanfaat

Sou Stalker said...

kalo ga salah,bunga kenanga kan bunga kuburan sob,,bru ni tau ada manfaatnya. Thanks sob !

Aulawi Ahmad said...

dirumahku banyak bro, nek butuh akeh ayo dibisnisno hehehe, btw tq dah berbagi :)

nuancespen said...

Siip artikelnya!

aurakeyboard said...

Manfaat bunga kenanga oke juga!

nuansapena said...

Trims telah berbagi artikel yang bermanfaat ini!

Psychosocial said...

Selain buat bunga kuburan, kenanga byk juga manfaatnya ya...

inge / cyber dreamer said...

wah..
kenanga bisa bwt obat sesak nafas toh..
patut dicoba nie..

thx 4 share
pagiii
have a nice day ^^

Ali Mas'adi said...

ya tuh.. baunya lumayan wangi.. bisa ngilangin BB

Rock said...

Mengobati Sesak Nafas? Baru tau aku sob...
Ini kan bunga yang di kuburan itu to???

Ratasoe said...

Mantap sob, kbtulan ane ad sakit sesak nafas..trims ya

darahbiroe said...

makasih infona sob
selama ini saya gak tau klo bunga kenanga ada manfaat lain dan banyak begitu
:D

antok said...

wahh bisa multi fungsi nuy bunga kenanga
makasih jadi tambah pengetahuan
:D

Awaluddin Jamal said...

wah banyak sekali yah manfaatnya..,

tapi yang bunga kenanga itu yang mana sih.. belum pernah lihat langsung.., cuman dengar namanya saja. :D

Hdsence said...

nice,
banyak info ttg bunga disini,,

kamu suka be bungaan ya sobat,,,?

secangkir teh dan sekerat roti said...

setau saya bunganya harum... :)

fanny said...

makasih infonya, pak dokter jagung rebus...

U-marr said...

mengobati sesak nafas, maksudnya mengobati sesak nafas yang permanen (asma) bukan mas.???

♥ria♥ said...

eh aku baru liat bunga kenanga kayak gtu hehhe, taunya paling nama kamar di RS :p
ternyata ada manfaatnya

ika_SweetyOrange said...

hmm..infonya bagus..ijin save ya,,hehe2

Willyo Alsyah P. Isman said...

aku datang berkunjung dgn formasi dan PR baru..semoga mav terucap dari mu oleh sebab aku lama ga silaturrahim ke sini

aisyah muna said...

mbah-ku seneng banget am ini bunga...selalu dia selipkan di sela-sela kerudungnya..
he..
katanya.."biar wangi.."

hellgalicious said...

aku ga terlalu suka sama bunga ini
baunya ga enak hiihih

Mac said...

kenapa sob?

tukang colong said...

bunga kenanga emang bunga ajaib, meski layu pun dia tetap wangi..

triunt said...

bunga kenanga itu yang kayak pa sih :(

Dimas said...

seperti biasa, sip sob infonya....

Internet dan Bisnis Online said...

bukannya itu bunga yg buat ditabur ke kuburan tuh sob....

mas acrom said...

memang kenapa dengan bunga kenanga bro..

sauskecap said...

wah kaya kuda lumping makannya bunga... tapi ternyata sangat bermanfaat ya...

Blogs4funny said...

Bunga yang keren

deadyrizky said...

apakah setan juga berdandan pake bunga kenanga?
hiiiii

d.e.q said...

ada juga yang berkhasiat, seperti tepung beras, kelapa, biji Mirabilis jalap dan bunga kecubung. baik untuk memperhalus kulit, khususnya wajah

TOMO said...

ini bunganya yang buat kosmetik ya.lalu pohonnya fungsinya samakah?

uswah said...

jika untuk berhias diri kakakku selalu beli yang sudah jadi sob

gak mutu said...

di tetangga dulu ada pohon kemangi ... sama anak2 suka dibuat mainan karena wangi dan harum baunya ... tapi baru kali ini tahu kalau bunga tersebut juga banyak manfaatnya bagi kesehatan ...

achen said...

tq neh mas info2nya, selalu bermanfaat.... kenanga...

buwel said...

subhanalloh... kenanga yang indah dan berkah...

exort said...

kl malam2 kecium bau bunga kenangan.....uuuuuu....serem

Abdul Malyk said...

heh?
bunga kenanga bisa digunakan buat obat malaria toh??
wah..hebat juga ya khasiatnya..

prabu said...

tuh depan rumah ada klu mau petik, baru 2m tinggi nya tapi sering berbungga,,,ga pernah habis..
sapa tau qm pengen mandi pakai bunga kenanga malam malam biar di krubutin cewek hehehhehe.....

Zulfadhli's Family said...

Ngomong2 Bunga Kenanga jadi inget temen gw yang hobi pake parfum beraroma bunga ini. Nah ada seoramg adik kelas yang ga tau tentang kebiasaannya, waktu sore2 praktikum langsung ngibrit pas nyium aroma bunga kenanga alias parfum temen gw soalnya dikira ada hantu yang dateng.

Haahaha..... Oarah parnonya!!

Riafvanti said...

suukaaa ma baunya ^ ^

cokie said...

kenanga harumnya khas..

bali said...

lebih suka aromanya melati..walau rada2 pny kesan sama..sama2 berkesan horor

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......