Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

30 Apr 2010

Resep Alami Atasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan pastinya bikin kita jadi ga nyaman banget, gimana tidak pas nelen makanan ga enak pas minum rasanya juga jadi ga enak. Serba ga enak pokoknya, ada beberapa penyebab dari radang tenggorokan mulai dari terinfeksi bakteri, karena menghirup bahan - bahan kimia atau bisa juga karena alergi makanan. Biasanya gejala tenggorokan di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan, namun jangan khawatir berikut ada beberapa resep alami yang bisa membantu mengatasi radang tenggorokan :
  • Resep 1
Resep ini cocok untuk gejala awal radang tenggorokan yang biasanya di awali dengan rasa gatal pada tenggorokan.
Caranya : Peras 3 buah jeruk nipis yang telah masak dan seduh dengan 1/2 cangkir air panas, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Selagi hangat gunakan untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.

  • Resep 2
Resep ini cocok ketika tenggorokan terasa sakit, suara serak dan susah buat menelan.
Caranya : Campurkan perasan 2 buah jeruk nipis matang ke dalam segelas air garam hangat dan aduk hingga rata, kemudian gunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama 2 - 3 menit 3 kali sehari.
  • Resep 3
Resep ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan.
Caranya : Peras 2 buah jeruk nipis matang dan campurkan dengan sedikit garam dalam gelas, aduk sampai rata dan minum airnya.
  • Resep 4
Saat tenggorokan terasa sakit dan susah menelan bisa juga dengan resep berikut.
Caranya : Haluskan 6 siung bawang putih dan seduh dengan segelas air hangat, selanjutnya gunkan untuk berkumur. lakukan selama 3 hari.
  • Resep 5
Resep ini di gunakan saat radang sudah parah.
Caranya : Rebus 400 cc air hingga mendidih lalu tambahkan 4 batang kayu putih ( 10 cm an ) dan 8 cangkang mahkota dewa. Setelah dingin ambil airnya dalam gelas lalu tambahkan perasan 1/2 jeruk nipis lalu di minum. Lakukan 3 kali sehari

** Ayo tambahin lagi infonya
** Sumber gambar

29 comments:

inge / cyber dreamer said...

Erm, resep yg pertama biasanya aq g pake aer... jeruk ma madu ajah... kalo g punya madu bs diganti kecap *setengah jeruk ma 2 sendok kecil madu/kecap*

yg laen blm pernah coba, thx 4 share

Sang Cerpenis bercerita said...

gak radang tenggorokan pun, aku suka minum air jeruk nipis. asem2 asik gitu lho

Gudang Ilmu said...

waduh kebetulan nie saya sedang radang tenggorokan
thanks nie infonya langsung praktek udah jera nie ama radangnya

Ratasoe said...

Kbetulan ane sering kna mslh tnggorakan sob, bleh ane coba ny resepx..;-)trims yo

mas acrom said...

ohh,,,ternyata begitu ya resepnya,mantabs deh bro...

Rock said...

Jeruk nipis???
Makasih untuk tipsnya kawand.

sapidudunk said...

wah.. cocok banget pas aku lagi radang tenggorokan. intinya jeruk nipis kan

Enutd said...

Klu sy jeruk nipis plus kecap manis 1 sendok teh,lumayan juga makyos tuh..

kira said...

aku gak paling gak tahan dengan asam...

rosanakmami said...

aku suka jeruk nipis ^^
jadi emang doyan, walopun gak radang tenggorokan aku tetep suka, hehe...

sip sip, yang ini resepnya lebih variasi euy.
biasanya kalo buat obat sakit cuma jeruk nipis pake kecap, hee...

thanks for share...

Rawins said...

Bagus sih alami...
Tapi kalo kena asem, gigiku senut senut...
Hihi payah yah..?

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...kalau saya biasanya air jeruk nipis ditambah kecap...he..he
Thank's infonya...

Salam hangat & sukses selalu...

aktifis sandal jepit said...

cucok mas....
aku banget ki,masalah radang tenggorokan sering terjadi pada ku..

Skydrugz said...

saya sering pakai yang resep 1.


tgl ke tukang bakso...

Pesan jeruk nipis+kecap ndak pakai bakso :D

catatan kecilku said...

Bagus nih.., aku sering terkena radang dan ini pasti bermanfaat.

the others said...

Thanks bgt infonya ya...

eka said...

Richo, radang tenggorokan boleh mengkonsumi jeruk ya???

Jazz Muhammad said...

wah menarik ini

yang suka sakit tengrokan, kang richo punya obat mujarabnya

kebetulan aku jarang banget kang sakit tenggorokan

tapi informasi ini aku simpen aja yah...kali aja nanti bermanfaat

oya kang, kalo sempat mampir2 ke tempatku

reri saputra said...

nice blog !!
like this ,,

Abdul Malyk said...

Belum pernah nyoba semua euy..
Kalo tenggorokan sakit gak diapa2in..ntar sembuh sendiri..hhe..

vamos angie said...

Hai...dah lama gak berkunjung nih...

Aku pernah coba resep 1 nih... dan emang mujarab!!!!

exort said...

sesendok air jeruk nipis ditambah kecap manis bagus buat tenggorokan gatel dan batuk

Anonymous said...

bagusan jeruk bali...kecilan lau jeruk nipis

Anonymous said...

Resep kuno tapi manjur...........
http://venustronik.co.cc

Sarang Semut papua said...

thanks infonya...
http//:sarangsemutpapua.co.cc

Anonymous said...

kok saya minum ini malah muntah ? mohon penjelasannnya yaaa :D

NEW ERA said...

semuanya mau di coba ah :D

Anonymous said...

Aku sering terkena radang tenggorokan di saat daya tahan tubuh menurun, juga karena makanan yg berminyak atau minuman dingin. Saya obati dengan air jeruk nipis+gula+air, Alhamdulillah sembuh setelah saya obati bebarapa hari.

ramuan said...

trimksh infox gan..
http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......