Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

12 Apr 2010

Daun Salam si Bumbu Dapur yang Pintar

Buat yang hobby masak pasti sering banget ketemu ama bumbu dapur yang satu ini, tak sedikit masakan indonesia yang memakai daun salam sebagai salah satu bumbunya.Daun salam mampu membuat masakan menjadi lebih sedap untuk di nikmati. Namun bukan mau bahas soal masakan, di sini akan aku sampaikan beberapa manfaat lain daun salam untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan penelitian dalam daun salam terkandung flavonoid, minyak atsiri dan tanin yang memberikan manfaat mampu menurunkan kadar gula dalam darah, selain itu daun salam juga mampu menurunkan tekanan darah juga
kadar kolesterol dalam darah.Tidak cuma itu saja manfaatnya, berikut beberapa manfaatnya beserta reepnya berdasar pengobatan tradisional :
  •  Mengobati Diabetes
Caranya : Cuci bersih daun salam muda yang masih segar secukupnya, lalu remas - remas daun dan masukkan ke dalam gelas. Kemudian beri 1/2 gelas air hangat dan diamkan sejenak agar sari daun keluar  sehingga air berwarna hijau. Saring dan minum, sebaiknya di lakukan setiap pagi dan sore.
  • Mengobati Radang Lambung
Caranya : Cuci bersih masing - masing 30 g daun salam, 30 g daun sambiloto kering. Kemudian rebus dengan 600 cc air, tambahkan gula batu secukupnya biarkan hingga air tersisa sekitar setengahnya. Kemudian airnya di minum 2 kali sehari masing - masing sekitar 150 cc. Lakukan secara rutin.
  • Mengobati Stroke
Caranya : Cuci bersih 10 lembar daun salam dan 50 g jantung pisang kemudian di masak sesuai selera dan di makan.
  • Mengobati Penyumbatan Pembuluh Darah
Caranya : Cuci bersih 5 lembar daun salam, 1 ons jamur kuping hitam. Kemudian di masak bersama 1 siung bawang bombai ( di oseng - oseng ) kemudian di makan.


** Silahkan di tambahin infonya yah.....
** Sumber gambar
Buy blog reviews

50 comments:

Sou Stalker said...

Kekeke. .saya baru tau gan,kalo bumbu dapur ada yg namanya daun salam. .hahahaha. .

met pagi ya gan !

inge / cyber dreamer said...

yup kalo masak pasti ada yg pake daun salam, tp aku baru tau kalo manfaatnya keren bgt ^^

thx 4 share richo
have a great monday

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Benar kata mas Sou Stalker. Saya juga baru tahu kalo ternyata selain penyedap rasa, di dalamnya salam terkandung manffat yg wah....
heheheh
-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Benar kata mas Sou Stalker. Saya juga baru tahu kalo ternyata selain penyedap rasa, di dalamnya salam terkandung manffat yg wah....
heheheh
-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


Benar kata mas Sou Stalker. Saya juga baru tahu kalo ternyata selain penyedap rasa, di dalamnya salam terkandung manffat yg wah....
heheheh
-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

d.e.q said...

Baru tau kalo daun salam segitu banyaknya manfaatnya

Darin said...

wuih berarti secara ngga langsung saat kita makan sayur juga mrasakan manfaat daun salam ya :D
hebat euy!

sauskecap said...

fungsi yang saya tau cuma bikin wangi masakan

Sang Cerpenis bercerita said...

kalo masak sayur asam, sering pake daun ini.

Riafvanti said...

karena tak memiliki pohon salam sendiri, maka harus bali dulu kalau harus menggunakannya, fyuh... -_-"

Ratasoe said...

Brkunjung sob, tnpa daun salam kurang lngkp rasanya masakn ;-)..

phonank said...

Kebetulan di rumah phonank ada pohon salam nh,, pohonnya cepat banget besarnya...

sekarang rindang sekali,, kadang ada orang dari pasar yang beli kesini borongan,, padahal kalau mau minta mah dikasih tanpa bayar, hehe

wawank said...

yang kayak gini, banyak di belakang rumah!!

Aulawi Ahmad said...

iya sesuai namanya daun ini banyak memberi "salam" pada semua masakan hehehe, tq infona :)

ika_SweetyOrange said...

wah..wah...itu bumbu andalan mama... trnyata banyak khasiatnya ya.. thnks infonya..(^_^)

nuansa pena said...

Hmm cari resep makanan yang ada daun salamnya, buat variasi menu yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan!

aura keyboard said...

Selalu ada artikel kekayaan alam yang bermanfaat disini, nice post!

Mauren said...

nice info sob :)

darahbiroe said...

wah makasih yaw infonya
saya baru tahu kalo daun salam banyak manfaatnya
thanks udah di share

antok said...

kirain cuman bisa buat bumbu ajah
ternyata masih banyak kegunaan daun ini yaw yang juga bermanfaat
makasih

Aishi Lely said...

mkin bnyak tau soal khasiatnya...^^

Lilah said...

Info bagus...boleh bgt ni !

catatan kecilku said...

Enak ya..., obatnya adalah makanan yg enak hehehe

the others... said...

Terima kasih sekali utk infonya ya...

penghuni60 said...

ternyata byk jg y manfaatnya

daniel wahyu perbawa said...

daun salam hahaha
dirumahku banyak tapi ga keurus ternyata banyak manfaatnya...
setauku cman penyedap hehehehe

Seiri Hanako said...

banyak manfaatnya disini

aku follow ya

*ngarep di follow back*

(^__*)

buwel said...

subhanalloh... berguna banget ya daun salam...

achen said...

Thanks Mas daun salamnya...
salam... :-)

exort said...

gw ga tau bentuk daun salam, baru tau pas liat gambar elo n baru tau juga byk khasiatnya

hellgalicious said...

seumur umur gue blom tau tuh daun salam.

hiihihi

Alrezamittariq said...

tp kalo dah kecampu sama gule kambing hilang deh khasiatnya...kalah sama kolesterol dari daging kambing...hehehehe

Noor's blog (inside of me ) said...

Mantap infonya..! tapi boleh tanya ngga mas...kalo untuk diabetes kan airnya diminum, kalo untuk stroke...apa daun salamnya ikut dimakan ?

attayaya said...

yihaaaaaaaa
dirumahku pohon salamnya dah gedeeee banget

Rock said...

Selain membuat sedap makanan ternyata daun salam juga bagus untuk kesehatan ya...

Zulfadhli's Family said...

Daun salam emang wangi banget dan bikin masakan makin enak, jadi deh suami tambah sayang :-)

Alhamdulillah yah ternyata ini daun banyak gunanya juga. Thanks infonya

ica said...

Makasih sobat infonya...
selama ini taunya hanya bikin enak masakan.. ternyata khasiatnya boleh juga tuh...:)

I2 said...

Baru tahu khasiatnya ......
padahal kalau masak sering make daun salam :)
thanks bro

Arbitter Web Design Class said...

Selamat sore sobat, ini kunjungan pertama blog arbitter kemari...mohon dukunganya ya,saya udah memfollow blog ini dan di tunggu follow baliknya
sekedar mereview sedikit, portal kami adalah http://arbitter.co.cc/ di sana ada dua tombol yaitu sebelah kiri untuk masuk ke halaman blog sedangkan sebelah kanan untuk masuk kedalam forum, bila berkenan harap bergabung ke dalam forum tersebut , di sana kami membahas tentang dunia web designer dan hacking, proses regristrasi tidak terlalu ribet kok, mudah dan cepat, sobat juga bisa mempublikasikan blog sobat berapapun jumlahnya, sesuai dengan aturan yang berlaku di forum kami, terimakasih

ndop said...

ibuku juga sering mencemplungkan daun salam ke dalam sayurnya..

tapi karena ukurannya yang lebar, daun salam selalu masuk dalam daftar cuek, alias tidak bakalan masuk mulut.. haha..

Fajar said...

kunjungan balik...om....

tomo said...

daun salam buat mask.sebagai penyedap kawan

uswah said...

oh itu ya fungsi lain dari daun salam bagi tubuh manusia

Blogs4funny said...

enak nih buat lalapan

KucingTengil said...

wah... ternyata selain bikin masakan jadi haruuum... daun salam menyimpan khasiat yg hebat jg buat kesehatan. thanks for share

Sapril said...

Bumbu tambahan andalan kalo lagi masak Gangan *sop kuning Belitung* yang dagingnya dari daging kancil. Sayang sudah jarang *hiks...*

kayu jabon said...

banyak juga ya manfaat daun salam

jasa ekspedisi said...

kalo buahnya sendiri gimana tuch? ada gak manfaatnya?

mathaliul falah said...

sedap banget tuch kalo buat bumbu nasi megono.. haha

Anonymous said...

Yang butuh bibit pohon salam bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo JOgja

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......