Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

20 Apr 2010

Kangkung Bantu Atasi Ambeien

Banyak yang bilang kalau kangkung bikin ngantuk, tapi bener juga sebenarnya soalnya dalam kangkung memang terkandung zat penenang namun bukan berarti seperti tanaman pembius kaya ganja dan kawan - kawan lho yah. Sayuran yang berasal dari india ini sudah di kenal luas di indonesia, bahkan kangkung ini sudah menjadi bagian dalam berbagai masakan daerah .

 Ternyata kangkung juga bermanfaat dalam pengobatan, selain di kenal sebagai obat saat keracunan makanan, kangkung juga bisa memberikan manfaat lain untuk mengobati beberapa
keluhan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengobati Sakit Kepala
Caranya : Rebus 1 ikat kangkung yang telah di cuci bersih dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengahnya, selanjutnya air hasil rebusan tersebut di minum sampai habis.
  • Mengobati Insomnia
Caranya : Daun kangkung di tumis seperti biasa namun tanpa batangnya, yang selanjutnya di makan bisa dengan nasi ataupun sayurnya saja.
  • Mengobati Mimisan ( hidung berdarah )
Caranya : Tumbuk halus 1 ikat kangkung yang telah di cuci bersih, lalu tambahkan sedikit gula dan seduh dengan air panas. Setelah dingin di saring dan di minum 2 kali sehari.
  • Mengobati Gusi Bengkak
Caranya : Rebus 200 g akar kangkung yang telah di cuci bersih dengan 200 cc air dan 200 cc cuka sampai mendidih, kemudian selagi hangat gunakan untuk berkumur. Lakukan secara berulang - ulang.
  • Mengobati Ambeien
Caranya : Rebus segenggam akar kangkung yang telah di cuci bersih dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum airnya 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.
  • Mengobati Kapalan
Caranya : Oleskan getah kangkung pada bagian kulit yang kapalan dan lakukan setiap hari.


** Silahkan di tambahin lagi infonya yah....
** Sumber gambar

42 comments:

Sou Stalker said...

apalagi kalau di tumis pedes-pedes,bisa sebagai obat lapar sob !!
met siang ya !

inge / cyber dreamer said...

setuju ama sou :D

walau ujung2nya ngantuk, yg penting yammie ^^

hellgalicious said...

banyak banget manfaatnya yah
cuman kalo kangkung gue paling ga suka kalo dimasak tumis.

ga enak. hihi

Alrezamittariq said...

jadi lapppeeerrrrrr....

mas acrom said...

wah keren bro ,ternyata bisa ya ...

Frank said...

wuih manteppp oseng kangkung hehe..

terimakasih infonya...

Ratasoe said...

Kebetlan teman ane ad nanya obt ambeian. Nah kebtulan nemu dsini..trims ya sob ;-)

Abdul Malyk said...

Apalagi kalo di tumis..mak nyus pokoke..
Wah..bnyak juga ya manfaatnya..

Ohy mas richo, minta ijin buat ngambil artikel2nya ya untuk mading masjid di tempatku..
Sumber akan ditampilkan mas..tenang aja..
Sebelumnya makasih ya mas..

Sang Cerpenis bercerita said...

aku suka kangkung..enaaak..dimakan pake sambal terasi. ditumis juga enak.

Rock said...

Kalau kangkung aku suka sob...
Ternyata banyak juga ya manfaatnya...

akhatam said...

Wih Sangat menyehatkan ya...

Tx gan untuk informasinya..

Ladyulia said...

mas....
tukeran link yuuuuuuuuuuk'

xoxo
YULIA RAHMAWATI
Get Up,Survive, Go Back To The Bed

achen said...

wah, banyak banget neh manfaat kangkungnya... :-)

buwel said...

jujur baru tahu kalo kangkung bisa untuk ambeien.. thanks sharenya neh..

Kang Sugeng said...

Sayangnya saya ndak suka kangkung Cho

attayaya said...

wah kangkung dari lombok itu yang paling enak
rasanya beda dengan kangkung air

fai_cong said...

wow...
kangkungnya tinggi-tinggi..
belum pernah nyoba ikz..
met malam sob

Aulawi Ahmad said...

kangkung idola anak kos hehehe, tq dah berbagi :)

Aishi Lely said...

hahaha bnyak juga manfaatnya aku cm tau tumis ja...

catatan kecilku said...

Ternyata kangkung asalnya dari India to..? Jauh amat...

the others said...

Ini jenis kangkung darat atau kangkung air ya..?
Makasih infonya...

achen said...

Malam Mas Richo...

buwel said...

brkunjung...

Zippy said...

Info yang menarik nih.
Saya malah baru tau, hhhehe...
Makasih atas infonya :)

Dunia Hape said...

Wah..ternyata kangkung mempunyai manfaat yang ampuh juga yah...
Makasih buat infonya, membantu sekali :)

bintang said...

uwaaahhh kangkung bisa ngobatin ambeyen yah
lah kok akarnya mas...?

angger said...

kalau tumis kangkung emang suka saya sob,

tapi kalau untuk orang lanjut usia kan gak boleh makan kangkung,gimana tuh??

buwel said...

Ehm, kemarin kelebihan spasi di scriptnya, pada blog id nya, sekarang udah di betulin, maaaf neh mas, human error... heheehe

Abdul Malyk said...

oke..
makasih ya mas..

exort said...

gw kirain kangkung itu sayuran asli indonesia, ternyata bukan toh
duh baca k.a.n.g.k.u.n.g. aja gw uda ngantuk
zzzz.....zzz....zzz...

KucingTengil said...

Heee.... yang boneng neh bisa obatin ambeiyen??? mesti kasih tau papa mia neh...

Zulfadhli's Family said...

Wah baru tau kangkung bisa ngobatin ambeien. Tar gw kasih tau sama temen gw yang kena ambeien ah....

Thanks infonya :-)

zee said...

Wah kangkung kalau dimakan daunnya jadi ngantuk, tapi kalau diminum air rebusannya bisa menyembuhkan sakit kepala. Luar biasa memang si kangkung ini. Gak sia2 aku penggemar kangkung hihihi...
Makasih untuk infonya ini ya. :)

cenya95 said...

waouw... akarnya juga bermanfaat tho... selama ini hanya makan daunnya saja.
makasih
salam superhangat

tukang colong said...

postinganmu ini sangat mambantu. Di kampusku lagi musim ambeyen! gag dosen,mahasiswa, ibuk kantin, mpe juru kunci. astagaa

Alrezamittariq said...

mampir lagi....belum kesampaian makan kangkung dr kemaren

♥ria♥ said...

mengobati insomnia ???
bukannya jadi tambah ngantuk yah kalo mamam kangkung

ImUmPh said...

klo yang bisa nambah ganteng sayuran apa yach Om? hehehehe
Saya suka banget sama tumis kangkung buatan Mamah...

Gudang Ilmu said...

mau nanya nie di tambah gulanya-gula apa yahh ?....
btw nie akan jadi langganan gua banget nie blog infonya berguna semua
tambah lagi yaaaaa artikel nya

aisha said...

nambah ilmu,,,ehm...tq...:)

YUYUN said...

hari ini aku mau bikin omlet kangkung buat suamiku,,,,,,,,,,,,,

abd salam said...

aka minum rutin loh jadi ambeian q hilang deh

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......