Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

29 Apr 2010

Yang Tersembunyi dalam Terong Ungu

Warnanya yang menarik bisa menambah selera buat memakan si terong ungu ini, terong ungu sering kali di olah dalam bentuk sayuran matang namun ga jarang juga di gunakan sebagai lalapan dalam bentuk segar alias ga di masak tinggal selera lidah saja. Namun sebenarnya apa manfaat tersembunyi di balik warna ungunya yang menarik? mari di bahas. Warna ungu pada terong terbentuk karena andil dari zat antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna ungu. Terong ungu kaya akan zat antosianin, sehingga warna ungunya cukup mendominasi pada terong.

Zat antosianin buat tubuh mampu berperan dalam menghambat oksidasi dari toksin dan juga mampu menghambat sel tumor. Bahkan dalam zat antosianin terdapat 2 komponen yaitu
sianidin dan delphinidin yang bermanfaat mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Wah hebat juga yah,selain zat antosiadin dalam sayuran berwarna ungu termasuk terong ungu juga terdapat  ellagic acid, dimana komponen tersebut bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah dan mencegah tumbuhnya beberapa jenis tumor dan kanker seperti kanker kulit, kanker pankreas, kanker payudara, kanker pencernaan dan kanker kolon.

Manfaat tersembunyi dalam terong ungu hebat juga ternyata, ga rugi kan kalau di konsumsi.

** Silahkan di tambahin infonya
** Sumber gambar

33 comments:

Gudang Ilmu said...

wowwwwwww terong ungu bisa mencegah penyakit kelas kakap yaaaa hebat bener dahhh

BTW PERTAMAX nie jiakakakaka

Rock said...

Aku gak suka terong sob...
Tapi hebat juga ya si terong ini.. bisa mencegah tumor dan kanker...

daniel wahyu perbawa said...

wah gagal pertamax brother...
terong ampun dah hehehehhe

sky said...

sejak dulu memang...


banyak yg blg terong puy bnk manfaat

Sou Stalker said...

wah,favorit saya tuh terong !! enak d goreng kering-kering sob ! maknyus !

Sang Cerpenis bercerita said...

ditumis enak tuh.....

faiza said...

infonya bermanfaat sekali..
trimakasih richo..

inge / cyber dreamer said...

disambel enak tuch
jadi laper nie (loh?)

Zulfadhli's Family said...

Gw mulai suka ni terong waktu gawe di Kaltim. ternyata pas merid laki gw juga favorit banget sama terong. Nah sekarang Zahia juga sering gw kasih terong :-)

Syam Oby said...

terong enak enak gak enak

ehehhe
tergantung mood aja..

bisa nyembuhin tumor
wah hebat donk
ehheheh
tp betul kata mbak inge
paling enak di sambel :r~

kesehaRian Ra-Kun said...

hohoho...
saya juga suka terong goreng ^^

Ali Mas'adi said...

waah.. sayangnya aku kok nggak suka terong..

maiank said...

aku suka makan terung, sering banget makan penyetan tempe terung, ayam terung, tahu terung, hahahahah
maklum anak kost...
semakin mantap aja ni ternyata khasiatnya banyak wkwkwkw...horeeee

Ratasoe said...

Bner sob, ga rugi konsumsi terong. Selain enaj ternyata menyimpan khasiat yg dahsyat..;-)

attayaya said...

kanker payudara ya?
oke kucatat dulu neh

♥ria♥ said...

aku dari dulu ga suka terong
abis kalo dimasak koq lembek2 gtu atut hehehe :p

POPY ALY(ady) said...

hahhahahhaahahh terong yak???wadu kalo laper g ad lauk lain baru suka saya.....hahhahaha

mas acrom said...

ternyata banyak juga ya yang tersembunyi..

bintang said...

tapi cowok2 kok banyak yang ga suka terong??
kenapa yah??

Masdin said...

Tapi entah kenapa yah, kok saya gak suka makan Terong :(

catatan kecilku said...

Aduh, aku gak suka terong nih. Gimana dong....?

the others said...

Mulai sekarnag kudu membiasakan diri utk suka terong nih. Hehehe

Tour, Food, and Health said...

di goreng enak banget niy terong, makanya pakek sambal tomat..huuu yummy...

exort said...

gw seneng ama terong tp sayang ada mitos buruk tentang terong ungu init..ktnya bs bikin 'lemes'..boong tuh

BaS said...

aku suka terong....biasanya nyokap bikin sambel terong bakar yang pedes banget!!! hwaaa.......jadi pengen!!

Kang Sugeng said...

uwuuaaaah... kebetulan buanget ni Ko.. saya suka sama terong penyet sambel puedees... hmmm...

blog sederhana said...

kagak terlalu suka terong sob

iLLa said...

lebih enak kalo jadi lalapan, humm.. yummi... palagi kalo pedes, hehe..

attayaya said...

met pagi richo
met pagi semua

jasa security/jasa keamanan said...

I like this blog.. also visit jasa security/jasa keamanan

Anonymous said...

punya analisa ekonomi budidaya terong gak bro?

Ryan Nuar said...

wong komering galak galooooo

aplikasi retail said...

Terima kasih informasinya, jadi tambah pengetahuan lagi tentang terongnya, terima kasih

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......