Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

14 Apr 2010

Jambu Mete Siapa Mau....

Jambu mete yang juga di sebut jambu monyet ini memang cukup banyak di konsumsi, khususnya bagian mete nya. Karena rasanya gurih dan nikmat, sedang bagian buah yang berdaging dan berair mungkin tidak banyak orang yang suka karena rasanya yang gimana gitu :) Jambu mete banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septic. Bagian metenya yang sering di buat camilan ternyata punya beberapa bonus yang ok punya kalo di makan.

Nah kalau dalam pengobatan tradisional, ternyata bagian dari jambu mete selain buahnya bisa di jadikan sebagai obat, yaitu
bagian kulit pohon dan daunnya. Mau tau bagaimana cara dalam pengobatan? mari di simak
  •  Mengobati Disentri
Caranya : Cuci bersih 1 genggam daun jambu mete dan 1 potong kulit batangnya, kemudian rebus dengan  1,5 liter air sampai mendidih. Saring dan minum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Mengobati Pegal Linu
Caranya : Cuci bersih 10 g daun jambu mete muda dan 7 g kencur. Kemudian tumbuk dan tambahkan 110 ml air hangat, saring dan minum airnya.
  • Mengobati Radang Mulut
Caranya : Cuci bersih 1 genggam daun jambu mete dan 1 potong kulit pohonnya, kemudian rebus dengan 1 liter air sampai mendidih. Selanjutnya setelah dingin di saring dan di munum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Mengobati susah buang air besar
Caranya : Cuci bersih 10 g kulit batang jambu mete, kemudian rebus dengan 2 gelas air selama 20  menit. Setelah dingin saring dan minum airnya 2 kali sehari.

** Silahkan di tambahin infonya yah...
** Sumber gambar

41 comments:

Rock said...

Kalau metenya aku suka sob, tapi kalau jambunya gak begitu suka...

Sang Cerpenis bercerita said...

mau dong....itu disebut jambu monyet juga ya?

inge / cyber dreamer said...

mete... wah suka bgt...
ternyata ada yg tersembunyi tp besar manfaatnya
thx 4 share...

met pagi...
have a nice day ^^

Sou Stalker said...

ternyata manfaatnya banyak juga ya. .
met pagi ya bro !

Abdul Malyk said...

waktu kecil suka nyari tuh jambu mete di hutan..
suka jambunya euy..rasanya unik..sepet2 seret gimana gitu..hhe..

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah..daun jambu mete banyak khasiat juga toh !? kalau bang Pendi suka tuh makannya, biasanya di buat lalapan...

Fajar said...

dirujaaak....enak betuul.....

daniel wahyu perbawa said...

brother aq jambunya mau kalee
tapi knp ya aq ga suka ma metenya @#@$%^%& heheh

♥ria♥ said...

oh kaya gtu yah jambu monyet teh ^__^
belum pernah makannya

restry said...

enakan metenya..hmm...klo buah nya gak terlalu enak..tapi baru tahu ternyata banyak manfaatnya

zujoe said...

gateeelll di mulut rasanya hehe...

Enutd said...

dulu ada dibelakang rmh tp sayang ditebang, jd kepengen mkn neh...

disatia febri said...

Jambunya gak pernah makan. Tapi kalo metenya... tidak perlu dipertanyakan! hehehe

Alrezamittariq said...

ooo bisa buat mengobati susah BAB ya..baru tau nih...

kesehaRian Ra-Kun said...

weh,
jambunya sendiri terasa aneh lho..
tapi manfaatnya boleh juga ^^

secangkir teh dan sekerat roti said...

saa suka jambu mete, apalagi yang diaksih garem.. wh wh..!

angger said...

saya lebih suka metenya sob,kalau jambunya bikin serak ditenggorokan

Abi Sabila said...

kalau daunnya bisa buat obat desentri, ternyata kulit batangnya justru bisa mengobati susah buang air besar. Asli yang kedua ini baru tahu. Alhamdulillah, terima kasih informasinya

Hanna Pertiwi said...

wis langsung tak cubo mas..

Seiri Hanako said...

pertama kali makan jambunya

yaaaa ampun!!!!!
nggak tahan ...

tapi kao medenya suka banget

attayaya said...

disentri diarhe aku pake daun jambu batu aja

mas acrom said...

seger tuh mas kalo lagi musim beginian

fahrizal said...

ay .. alo saya suka banget makan jambu mete ... saat saya punya pohon itu di pekarangan rumah, saya sering sekali memetik tuh buah saat musimnya ... sayang sekarang pohonnya ditebang karena banyak hamanya ...

Aulawi Ahmad said...

pait bro tapi manis alias sepet, yg paling enak metenya he222, tq dah berbagi :)

hellgalicious said...

dulu waktu kecil gue demen banget ama jambu mete.
malahan seneng banget manjat pohonnya.

tapi sekarang uda ngga lagi :(

tomo said...

Jambu mete memang enak di makan kawan.Apalagi keuntungan lainnya

uswah said...

Samapi kulit pohon dan daunnya saja berguna.Makasih nih.Bisa di praktekkan

Ratasoe said...

Katax getahx bsa bwt obt luka ya sob?

nuansa pena said...

Buahnya sudah langka!

nuances pen said...

Benar mentenya yang aku suka!

KucingTengil said...

nyaaaaaaaaaa... mia paling suka ma metenya daripada jambunya apalagi ma monyetnya hehehehe

Rahad 2 Six said...

kalo kacang mete sih seneng..
kalo jambu mete sih belom pernah nyoba....

exort said...

sayang ya jambunya kalah pamor ama metenya

achen said...

weih jambu mete malah bisa untuk diare,, ehmm, baru tahu neh mas... maaf neh baru bisa berkunjung...

buwel said...

subhanalloh....

ALRIS said...

Infonya bagus, bro. Salam

Syam Oby said...

jadi inget silper quenn
enyak enyak enyaaakk

yg terbaik mang dari alam yah kak
nice posting
ehehhehe
di tunggu kunjungan baliknyaa

catatan kecilku said...

Jambunya aku gak suka... tapi mentenya suka banget... ^_^

Call me Batz said...

gua suka tuh kue kacang mete..he he

iLLa said...

idem sm yg laen, taunya cuman biji metenya aja. ini banyak di Kendari, Sulawesi Tenggara. jadi kek ole2 khas sana deh. kakak saya yg kerja di sana, tiap pulang pasti bawa ole2 itu :D

Susan Noerina (Zulfadhli's Family) said...

Gw mah belum pernah tuh makan jambu mete, ga tau gimana rasanya. Sama kaya keluarga jambu2 yang laen ato ga. Kalo kacang mete nya idola.

Tapi disini mahal euy, 1 kg nya 30 RM. Kalo di Indonesia kan cuma 75 rebu (Lebaran taun lalu beli di Singkawang)

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......