Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

6 Apr 2010

Pare Si Pahit yang Menyehatkan

Pare sangat terkenal dengan rasanya yang pahit, walaupun pahit tak sedikit pula yang suka sayuran ini. Bisa di pakai buat lalapan, maupun bisa juga di masak.Namun di balik rasanya yang pahit, pare ternyata menyehatkan loh buat tubuh kita. Pare bisa kita manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi beberapa keluhan. Bahkan bukan cuma buahnya saja, daun dan akarnya pun bermanfaat.

Langsung saja kita lanjut ke manfaat dari pare ini :

# Buahnya
  • Mengobati Kencing manis
Caranya : Cuci bersih 2 buah pare dan lumatkan, lalu tambahkan 2 gelas air bersih kemudian aduk dan peras airnya. Air perasan tadi di minum sampai habis dalam sehari, sebaiknya di lakukan secara rutin dalam 2 minggu.
  • Mengobati Disentri
Caranya : Cuci bersih 2 buah pare dan potong - potong, lalu tambahkan seperempat air bersih dan di blender. Peras hasil blenderan tadi dan minum 2 kali sehari.
  • Mengobati Bisul
Caranya : Cuci bersih 1 buah pare dan lumatkan, lalu pare yang sudah di lumatkan di oleskan ke bagian yang terkena bisul dan biarkan sampai mengering.
  • Menambah Asi
Caranya : Cuci bersih 1 buah pare dan rebus beberapa menit, kemudian pare tersebut di gunakan sebagai lalapan saat makan.
  • Mengobati Bronkhitis
Caranya : Cuci bersih 2-3 buah pare dan di parut, kemudian di peras di ambil airnya. Tambahkan 1 sendok makan madu, Minum 1 kali sehari selama 3 bulan.
  • Melangsingkan tubuh 
Caranya : Cuci bersih 2-3 buah pare dan di parut, kemudian di peras di ambil airnya.tambahkan 1 sendok makan madu, Minum 1 kali sehari selama 3 bulan.

# Daunnya
  • Mengobati Demam
Caranya : Cuci bersih 3 lembar daun pare segar dan lumatkan, tambahkan segelas air dan sedikit garam. Peras dan minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.
  • Menyuburkan Rambut Pada Anak
Caranya : Cuci bersih beberapa lembar daun pare segar, lumatkan dan di oleskan ke kulit kepala. Lakukan secara teratur.
  • Mengobati Penyakit Kulit
Caranya : Cuci bersih 3 lembar daun pare segar dan rebus dengan 11/2 cangkir air, biarkan sampai mendidih. Peras daun tersebut dan campur dengan 1 sendok makan air jeruk. Minum 1 kali sehari.

# Akarnya
  • Mengobati Disentri Amoeba
Caranya : Cuci bersih segenggam akar pare dan rebus hingga mendidih dengan 1 gelas air bersih. Peras dan minum 1 kali sehari.
  • Mengobati Ambeien
Caranya : Cuci bersih akar pare secukupnya dan lumatkan, lalu oleskan lumatan tersebut pada ambeien.


** Silahkan di tambahin infonya yah
** Sumber gambar

51 comments:

Rock said...

Aku ga suka pare sob...

fai_cong said...

mantab ini sob.
apalagi kalau di eseng-eseng.
wuih... mantab jaya...
hahaha...
met siang ya sob.

fanny said...

saya suka pare ditumis dan pare dicampur bakso tahu. asal jgn yg tua. kalo tua terlalu pahit

Jazz Muhammad said...

kang, aku g terlalu suka ama pare

hehe pahit banget
aku selalu muntah kalau makan itu...

mampir2 kang ke tempatku

Sou Stalker said...

waduw,saya lum pernah nyobain sob. .thanks ya info nya.

daniel wahyu perbawa said...

keren ya banyak manfaatnya
tp ga suka nich...

Ratasoe said...

Satu lg sob, batangx bwt obt amandel ;-)..

Darin said...

Ini sih lalapan saya sob :D
Ternyata banyak khasiatnya juga ya waaah..

Aulawi Ahmad said...

aku suka pare kalau gak ada pilihan laen hehehe, yg lucu nek logate pare "peh ueedan tenan" wkwkwkw, tq dah berbagi

achen said...

hidup pare... hehehe

buwel said...

subhanalloh... pare yang bermanfaat...

tukang colong said...

aku suka dengan gambar parenya..hehe
tq dah mau mampir.

♥ria♥ said...

u aku ga suka pare
tapi sekarang doyan bgt hehe :p
pait2 tapi enak

kesehaRian Ra-Kun said...

wew!
saya sih gak suka pare.. ternyata banyak manfaatnya ya ^^

Abdul Malyk said...

wah..kalo aku ketemu sama si pare..
pasti langsung kupinggirin tuh si pare..hehe..
gak doyan..
tapi ternyata banyak manfaatnya juga euy..

inem said...

aku ga suka pare ( pahit ) lagian bentuk buah nya serem....hihihii

bella francisca said...

[reply from my blog]
model? hmm not really, LOL ;p
nice blog you have!

xoxo, bee ♥
http://missingbee.blogspot.com/

aviorclef said...

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-
*******Salam ‘Blog’!!*******
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tapi, bgmnpun juga,,,saya tetap tidak suka pare.....
KECUALI kalau dirujak...
Wkwkkwkw

-_-_-_-_-_-_- cosmorary.com -_-_-_-_-_-_-

Psychosocial said...

ngomong2 ada gk ya yg makan pare dilalap? hehehe...

fajar said...

sayang nih...kagak suka pare....BW nih...om...

ridwan said...

hadoh... pare...
tetangganya kediri ya ?

rush said...

gw suka sama pare., tapi yang pare di goreng. nyokap gw klo bikin gak terlalu pahit

Fitri said...

Kalau aku nggak suka pare.

bintang said...

pare bisa pait banget kalo masaknya gak bener.tapi kalo tau triknya rasa pait dalam pare bisa di kurangi.
kalo dalam bahasa melayu pare di panggilnya pria. nah lho... kek lelaki kan jadinya

Ratasoe said...

Brkunjung lg ane sob.;-)..met yo sob..

tomo said...

Aku suka dengan pare.enak

uswah said...

Pare pahit rasanya sob

tomo said...

Tapi jika pare dimasak pakai bumbu enak banget.tidak begitu pahit rasany.bikin ketagihan saja

tomo said...

berkunjung malam hari kawan.Resepnya pare mak nyuuusss..

Irawan said...

biarpun banyak manfaatnya tp aku kurang suka makanan pahit seperti pare dan daun pepaya... T_T

inge / cyber dreamer said...

suka bangeeeet ma pare
asal dimasak oseng2 kecap
tapi kalo pare yang di siomay...
hmmm.... kurang begitu dech ^^

nuances pen said...

Artikel yang bermanfaat!

aura keyboard said...

Pahit ya!

nuansa pena said...

Trims infonya!

Call me Batz said...

gua sering dengar khasiat pare ini..tapi aq ge tahan dengan pahitnya..he he

.:diah:. said...

nice info, makasih yyaaaahh..
rupanya pare bisa buat langsing *manggut2*
tapi keknya bakalan berperang ma diri sendiri utk minum ramuan pare ini :D

tetenw(blog sehat) said...

Salam kenal mas... e sama-sama blog sehat ya ... sukses deh

KucingTengil said...

huaaaaaaaaaaaaaah... banyak manfaatnyaaaaaaaaaaaaa.... izin save ya...

vamos angie said...

Huhuhu.... aku gak makan buah pare.... kalo untuk yg laen2nya...bolehlah dicoba...asal jgn pahit aja... hehehehe

Den Hanafi said...

ternyata dibalik rasanya yang pahit, pare itu nyimpen banyak manfaat y gan?? hehm. nais info.

exort said...

gw suka tuh pare apalagi dimakan bareng somay...eh kl gw kebayakan makan pare, gw ga akan menghasilkan asi kan? hehehe

gak mutu said...

buah pare pahit rasanya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh ... .

Willyo Alsyah P. Isman said...

datang berkunjung dgn formasi dan PR baru...semoga mav terucap oleh sebab lama aku ngga' berkunjung kesini....

Dimas said...

wah klo makan ini gw harus pake tambahan yang lain, klo cuma parenya doank nggak nahan deh....

Dimas Jr. said...

wah melangsingkan tubuh ya, tapi klo pare bener langsing dah ntar...

mas acrom said...

memang ini buah paling enak bro hehehe

Blogs4funny said...

mantabs deh kalo buat lauk pauk heheheh

Susan Noerina (Zulfadhli's Family) said...

Wah kalo gw mah ga suka pare Mas, pait euy.....

Sapril said...

Sesekali makan pare, kalo lagi bosan yang rasanya gurih... baru tau kalo lebih banyak manfaat dari sekedar obat malaria. Terimakasih infonya :)

kyaine said...

klo pesan gado2 di warung mas said, saya sll minta ditambah pare

Fen said...

yuk sharing all about pare disini:
https://www.facebook.com/AkuSukaPare

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......