Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

31 Jan 2010

Meredakan Perasaan Cemas

Rasa cemas mungkin sering kali menghinggapi kita, entah cemas karena pekerjaan atau apapun itu. Pastilah rasa ini sangat mengganggu tentunya, kita jadi ga bisa menikmati hari-hari kita. Tak mudah memang menghilangkan rasa cemas, karena perasaan cemas memang sangat manusiawi sekali dan setiap orang bisa merasakannya. Namun bukan berarti tak mungkin untuk meredakan rasa cemas ini.


Cara-cara berikut mungkin bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua yang sedang cemas :

  •         Latihan Pernafasan
Latihan pernafasan sangat efektif untuk membantu menenangkan diri kita, caranya : letakkan satu tangan di perut dan tangan satunya di dada, terus tarik nafas ke dalam perut secara perlahan sampai perut terisi semampunya, tahan selama 2 detik lalu hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali sampai kita merasa nyaman.
  •          Olah raga secara teratur
Olah raga secara teratur merupakan salah satu cara mencegah atau meredakan cemas, karena olahraga dapat mengalihkan focus pikiran yang menggangu dan dapat meningkatkan kadar endorphin yang membangkitkan rasa senang.
  •          Atur waktu Untuk Cemas
Aneh mungkin rasanya, karena rasa cemas kan susah di atur, namun coba usahakan gunakan waktu 15 sampai 30 menit sekali 2 kali sehari untuk focus pada pikiran-pikiran yang meresahkan. Setelah waktu habis, kesampingkan pikiran-pikiran tersebut. Hal ini melatih pikiran kita agar tidak terlalu larut dalam pikiran yang mencemaskan.
  •          Hindari Kopi
Kadar kafein dalam kopi dapat menyebabkan rasa gugup pada sebagian orang, untuk itu sebaiknya di kurangi agar kondisi kita bisa lebih tenang.

21 comments:

Wafi said...

Satu lagi sob, hindari rokok...,
hehee... aku cmn asal. tapi rokok itu perlu di hindari... :D

buwel said...

thanks tipsnya Mas

Syifa Ahira said...

aku coffe lovers nih..
so, gimana dunk? hehehe..

richo said...

@wafi : bentul tuh bro
@buwel : u r welcome
@ syifa : di ganti susu kan lebih enyak

exort said...

Wah paling susah tuh olahraga teratur...buat ngeblog aja susah nyari waktunya

e v v a said...

sama kaya syifa, aku juga penggemar kopi.. tapi kalo cemas lebih suka makan coklat hehe.. salam kenal mas..

rio2000 said...

susah menghindari rasa cemas... jadi di hadapi saja.... - siap ga siap here i come

moenas said...

thanks atas sharingnya brow

nuansa pena said...

tips yang menarik dan bermanfaat sekali! nice post!

.:diah:. said...

thanks for sharing, setujuuu.. hindari kopi *berlebihan* jantung berdetak kencaaaang *itu sih saya*

anyway, kadang cemas itu datangnya jg dari kita, so be positive thinking aja kali yaa ;)

salam knal balik, makasih dah mampir, waahh mw berbagi ilmu apa?? saya jg masih dikit koq ilmunya, sama2 belajar aja yaa :)

Aulawi Ahmad said...

wah aku kalau gak ngopi malah jadi cemas bro, ya apa kalau gitu? hihihi, btw mengatur waktu cemas tuh yg menarik, ribet dong wong tahu kapan kita cemas aj kan gak tau :)

Noor's blog (inside of me ) said...

Wah...saya jadi cemas tidak bisa menghindari rasa cemas, jadi gimana dunk...!?

KucingTengil said...

wah..praktekin ah...smoga aja berhasil hehehe

Ngeposting ni yee said...

thANks tIpsnYa sOb,,
sAlam kEnal,,

Abi Sabila said...

latihan pernafasan dan hindari kopi, sip tidak masalah. Olah raga secara teratur, agak bermasalah. hehehe atur waktu untuk cemas? mm.....perlu dicoba neh!

Sang Cerpenis bercerita said...

tks tipsnya. lagi latihan nih.

dv said...

atur waktu untuk cemas, susah tu kynya..tp perlu dicoba ni kynya, tq infonya..

salam kenal,
makasi udah mampir yaa ^^

oyen said...

Oyen cemas kalo tanggal tua tuh..he..apalagi kalo dah ditagih utang, beeuhhhh....

salam kenal dari mbak Oyen

-Gek- said...

Adoh*
Udah dua minggu ga minum kopi..
Malah pusing, dan gelisah.. :)

REYGHA's mum said...

kalo lagi resah aku malah harus minum kopi....jadi rada tenang gitu....

jelita said...

terimakasih ata tips nya

Post a Comment

Torehkan jejakmu di sini......